Comscore Tracker

16 Tahun Mengaspal, 5 Alasan Avanza Jadi Mobil Terlaris di Indonesia

1,8 juta unit telah terjual!

Jakarta, IDN Times - Sejak pertama kali diperkenalkan pada 2003 atau 16 tahun lalu, kendaraan multiguna Toyota Avanza sudah terjual sebanyak 1,8 juta unit. Bisa dibilang Avanza menjadi mobil terlaris di Indonesia dan dijuluki sebagai mobil sejuta umat.

Semua bermula dari Toyota Kijang. Salah satu mobil keluarga, yang banyak digemari konsumen Indonesia pada era 1990 hingga 2000-an. Namun kemudian naik kelas menjadi Innova.

Toyota tak mau melihat ada celah kosong, maka muncullah Avanza sebagai Low MPV tepatnya pada 11 Desember 2003. Lantas apa saja alasan yang menjadikan Avanza menjadi mobil sejuta umat di pasar Indonesia?

1. Mempunyai mesin yang sangat tangguh dan juga terpercaya

16 Tahun Mengaspal, 5 Alasan Avanza Jadi Mobil Terlaris di Indonesiatopgear.com.ph

Dari generasi awal sampai yang sekarang, Toyota Avanza memang memiliki spesifikasi yang terbilang cukup baik di kelasnya, baik itu dari segi fitur ataupun mesinnya yang digunakan.

Avanza ini mengusung mesin 2NR-FE berkapasitas 1500 cc dual VVT-I, yang diklaim mampu menghasilkan tenaga hingga 102 HP, dan torsi maksimal 137 Nm pada 4200 rpm.

Mesin ini terbilang sangat pas dan cocok jika digunakan sebagai mobil harian, apalagi Avanza terkenal sebagai mobil low MPV yang sangat irit dalam hal konsumsi bahan bakarnya.

Baca Juga: Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander Pimpin Pasar LMPV Indonesia

2. Memiliki ground clearance yang cukup serta menggunakan sistem penggerak roda belakang

16 Tahun Mengaspal, 5 Alasan Avanza Jadi Mobil Terlaris di Indonesiatoyota.astra.co.id

Kelebihan lainnya pada Avanza yang menyebabkan dirinya sangat digemari oleh masyarakat Indonesia yakni, spesifikasi dan performa dasar Avanza. Seperti ground clearance yang ideal, mesin yang irit dan bertenaga, serta penggunaan sistem penggerak roda belakang (RWD), telah menjadi DNA Avanza yang berperan penting dalam mengakomodir beragam kebutuhan masyarakat di Indonesia.

Memang tujuan Toyota sejak awal melahirkan Avanza adalah dengan tujuan sebagai kendaraan serba guna (MPV) yang dapat memenuhi seluruh kebutuhan dan mendukung berbagai macam aktivitas masyarakat Indonesia.

3. Memiliki daya tampung penumpang yang sangat pas untuk dijadikan mobil keluarga

16 Tahun Mengaspal, 5 Alasan Avanza Jadi Mobil Terlaris di Indonesiacpsafrica.com

Untuk bagian kabin, Avanza memiliki ruang yang cukup lapang meski bodi tidak terlalu besar sehingga nyaman untuk digunakan bersama keluarga, tujuh bahkan jika dipaksakan akan muat hingga delapan orang.

Makanya kenapa mobil ini sangat laris di pasar Indonesia, akibat banyaknya Avanza yang dijadikan sebagai mobil keluarga ataupun taksi online berkat daya tampung penumpangnya yang cukup banyak.

Namun beberapa kekurangan yang diterima oleh mobil ini dari para penggunanya adalah bobot yang menurut mereka terlalu ringan, jadi cenderung goyang saat dipacu dengan kecepatan tinggi alias limbungnya sangat terasa.

4. Adanya banyak varian hingga fitur keselamatan yang cukup mumpuni

16 Tahun Mengaspal, 5 Alasan Avanza Jadi Mobil Terlaris di Indonesiatopgear.com.ph

Untuk soal harga, memang Avanza ini terbilang bukan menjadi low MPV yang paling murah di antara rivalnya. Tetapi keunggulan dari Avanza ini adalah ia memiliki banyaknya varian yang ditawarkan ke konsumen, sehingga bisa memberikan pilihan beragam bagi para calon konsumennya.

Sebagai contoh, mulai dari tipe E, G hingga tipe tertingginya yakni Veloz yang masing-masing terdapat dua pilihan yakni bermesin 1.300cc atau 1.500cc. Tidak sampai di situ, Toyota Avanza juga memberikan pilihan untuk model transmisi yakni ada pilihan manual atau otomatis.

Selain banyaknya pilihan tipe pada Avanza, hal lain yang menjadi nilai tambah pada mobil ini adalah fitur keselamatannya. Mulai dari dua buah airbag di bagian depan, jok berstandar ISOFIX, rem ABS hingga sabuk pengaman lengkap untuk ketujuh penumpang yang cukup membuat sebuah mobil kelas low MPV cukup aman dengan harga yang masih terbilang terjangkau.

5. Harga jual yang stabil atau tidak merosot serta mempunyai reputasi yang bagus

16 Tahun Mengaspal, 5 Alasan Avanza Jadi Mobil Terlaris di Indonesiaolx.co.id

Terakhir dan menjadi alasan terpenting yang membuat dirinya laris di Indonesia adalah berkat nama Toyota Avanza terbukti memiliki reputasi bagus dalam predikat mobil bandel. Avanza dinilai mampu untuk melewati berbagai medan jalanan di Indonesia didukung dengan sistem penggerak roda belakangnya (RWD).

Sehingga berkat reputasinya yang bagus membuat Avanza memiliki nilai jual yang cukup baik serta stabil atau tidak pernah mengalami harga jual yang turun jauh dengan harga belinya.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Riset OLX: Toyota Avanza Jadi Mobil Bekas Paling Dicari

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya