Comscore Tracker

3 Tanda Kamu Harus Segera Mengganti Ban 

Pahami tanda-tanda ini, biar selalu selamat di jalan

Jakarta, IDN Times - Banyak kecelakaan terjadi bukan karena situasi lalu lintas atau kondisi jalan, melainkan karena kelalaian pengemudi memelihara ban kendaraannya. Sebab ban yang tidak dirawat bisa mendadak meletus di tengah jalan, loh.

Karena itu rawatlah ban demi keselamatan kamu sendiri dan pengendara lain. Jika memang sudah waktunya diganti, segera beli baru. Nah, berikut ciri-ciri ban yang sudah tidak layak pakai dan karenanya harus segera diganti.

1. Ban sering kempes

3 Tanda Kamu Harus Segera Mengganti Ban otosia.com/CorneliusCandra

Kalau ban mobil kamu sering kempes itu bisa jadi pertanda kamu harus segera menggantinya. Sebab sangat mungkin ban tersebut sudah mengalami kebocoran halus, sehingga akan sulit untuk menambalnya. Oya, ban yang kering kempes juga akan berkurang kemampuannya menahan beban mobil.

Baca Juga: Jalan Tol Beton Bisa Membuat Ban Meletus, Mitos atau Fakta?

2. Permukaan ban pecah-pecah

3 Tanda Kamu Harus Segera Mengganti Ban Autoexpose.org/Amrie Muchta

Sayangnya, banyak yang tidak sadar akan hal ini hingga akhirnya ban rusak, apalagi di saat mobil jarang dipakai dan suasana suhu yang tinggi akibat musim kemarau.

Sebenarnya, kondisi ini dapat dihindari apabila ban kerap diberi cairan khusus dan dicuci. Nah kalau hal ini terjadi, solusinya adalah dengan ganti ban mobil segera mungkin.

3. Permukaan ban menipis

3 Tanda Kamu Harus Segera Mengganti Ban instagram.com/aceitdriving

Nah, yang terakhir adalah mengganti ban mobil wajib dilakukan bila permukaannya semakin menipis. Kondisi seperti ini bisa diketahui dengan mudah tanpa harus melakukan pengecekan ke tukang tambal ban atau bengkel.

Caranya, cukup mengecek indikator tread wear indicator (TWI), yang tersedia pada setiap unit ban. Nah, bila permukaan ban sudah menyamai posisi indikator TWI, berarti itu tandanya sudah untuk melakukan penggantian ban mobil kamu.

Baca Juga: Jangan Panik, Ini 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Ban Mobil Pecah

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You