Comscore Tracker

Demam Crossover: Dari Mitsubishi Xpander Cross hingga Honda Freed

Karena SUV terlalu besar

Jakarta, IDN Times - Mobil-mobil bergaya crossover kini semakin diminati. Ini bisa dilihat dari banyaknya pabrikan yang mengubah mobil yang semula bergenre multi purpose vehicle menjadi ala-ala crossover.

Pabrikan teranyar yang mengeluarkan mobil crossover adalah Mitsubishi. Pemain dari Jepang ini menyulap Xpander yang semula diperuntukkan sebagai mobil keluarga menjadi crossover. Varian terbaru xpander ini mendapat embel-embel Cross.

Nah, berikut deretan mobil yang disulap bentuknya menjadi gaya crossover!

1. Mitsubishi Xpander Cross

Demam Crossover: Dari Mitsubishi Xpander Cross hingga Honda FreedIDN Times/Dwi Agustiar

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia resmi meluncurkan Xpander Cross pada Selasa (12/11). Xpander Cross ini menjadi varian termahal di keluarga Xpander. Harga termurah varian ini Rp 267,7 juta.

Meski mengambil basis dari Xpander, namun varian Cross ini memiliki sejumlah perbedaan. Seperti ground clearance yang kini mencapai 225 mm. Selain itu berbagai aksesoris di bagian eksterior yang membuat mobil ini lebih terlihat sebagai sebuah crossover dibandingkan MPV.

2. Datsun Cross

Demam Crossover: Dari Mitsubishi Xpander Cross hingga Honda Freedinstagram.com/@primestarmotors

Mobil lainnya yang bermain di dunia crossover adalah adalah Datsun Cross. Mobil ini memang dirancang agar dapat melaju di kondisi jalan yang cukup beragam. Menariknya, mobil ini punya ground clearance tertinggi di kelasnya, yakni 200 mm.

Fiturnya juga lumayan, seperti lampu depan yang sudah berteknologi auto Light On/Off System dan juga penerangannya bisa secara otomatis menyala ketika mobil mendeteksi adanya kebutuhan pencahayaan.

Namun sayangnya, produk Datsun yang terdapat nama Cross di belakangnya mendapat respons kurang baik di konsumen Indonesia. Penjualannya hingga kini kurang memuaskan, bahkan pada September 2019 Datsun Cross tidak lagi melakukan aktivitas penjualan.

3. Honda Freed 2020

Demam Crossover: Dari Mitsubishi Xpander Cross hingga Honda Freedcarscoops.com

Demam crossover pun menjangkiti pabrikan Honda. Mereka kabarnya akan menyulap Freed menjadi crossover pada 2020 mendatang. Aroma crossover pada Freed terbaru ini bisa dilihat pada skid plates dan roof rails.

Menariknya Honda Freed facelift dibekali dengan dua pilihan mesin, yang pertama mesin bensin berkapasitas 1.500 cc 4-silinder bertenaga 127 HP, dan pilihan kedua yaitu mesin hybrid yang menggabungkan mesin konvensional 1.500 cc 4-silinder dan dikawinkan dengan mesin hybrid Atkinson Cycle Hybrid Powertrain.

Sementara transimisinya Freed teranyar ini menggunakan transmisi DCT 7-percepatan, menariknya pada Freed 2020 ini konsumen juga bisa memilih opsi penggerak roda FWD ataupun AWD.

4. Honda Jazz Crosstar

Demam Crossover: Dari Mitsubishi Xpander Cross hingga Honda Freedtokyo-motorshow.com

Masih datang dari pabrikan Jepang, ya, belum lama ini Honda meluncurkan Jazz teranyar mereka pada pagelaran Tokyo Motor Show 2019 lalu. Kini Jazz terbaru ada varian crossovernya.

Fit atau yang sering kita kenal di Indonesia dengan sebutan Jazz memang selain ada trim crossnya ada varian lainnya ada tersedia dalam empat pilihan trim berbeda yang sesuai dengan keinginan gaya hidup konsumennya. Pilihan trim Honda Jazz anyar ada mulai dari Jazz Basic, Home, Ness, dan Lux trim.

5. Suzuki SX4 S-cross

Demam Crossover: Dari Mitsubishi Xpander Cross hingga Honda Freedzigwheels.com

Terakhir yaitu Suzuki SX4 S-Cross adalah kelanjutan dari SX-4 terdahulu yang banyak diminati. Suzuki SX4 S-Cross merupakan produk andalan dari Suzuki di kelas Compact SUV. Mobil ini hadir di Indonesia sejak 2016 lalu, dan lumayan sukses di pasar tanah air.

Untuk fitur pada mobil ini juga sudah mencukupi dengan adanya fitur cruise control, tombol start stop engine, paddle shift hingga lampu LED yang sudah disematkan sebagai standarnya. Namun sayangnya mobil ini belum adanya sistem keselamatan yaitu stability control.

Untuk jantung pacunya juga tidak berubah dari SX4 sebelumnya, yaitu M15A 1,5-liter VVT yang dipadukan transmisi manual 5-speed atau otomatis konvensional 6-speed.

Baca Juga: Mitsubishi Xpander Crossover Diluncurkan Hari Ini, Ancaman Honda HR-V

Topic:

  • Aditya Perdana Putra
  • Dwi Agustiar

Just For You