Comscore Tracker

3 Trik Mengatasi Blindspot, Jangan Mengandalkan Spion

Biar terhindar dari kecelakaan!

Jakarta, IDN Times - Blind spot atau titik buta adalah kondisi ketika pengendara tidak bisa melihat area tertentu. Pada pengendara mobil, biasanya blindspot terletak di sisi kanan atau kiri yang tidak tercover oleh spion.

Kondisi tersebut cukup membahayakan karena bisa menjadi penyebab kecelakaan. Nah, berikut cara meminimalisir blindspot.

1. Mengatur kembali kaca spion

3 Trik Mengatasi Blindspot, Jangan Mengandalkan Spionauto2000.co.id

Cara pertama biasakan mengatur ulang kaca spion kanan, kiri, dan kaca spion tengah dalam mobil sebelum berkendara. Hal ini agar ruang pandangmu menjadi lebih luasSehingga kamu gak perlu mengatur ulang spion lagi setelah mobil berjalan.

Baca Juga: Setir Mobil Berbunyi Saat Belok, 4 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

2. Jangan hanya mengandalkan kaca spion

3 Trik Mengatasi Blindspot, Jangan Mengandalkan SpionUnplash/Michael Skok

Karena spion tidak dapat menghilangkan seluruh area blindspot, maka pengemudi tidak boleh hanya bergantung pada kaca spion saat ingin belok kanan atau kiri. Sebaiknya lakukan shoulder check atau head check. Karena dengan melakukan ini kamu pasti langsung dapat melihat area yang tidak terlihat pada kaca spion mobil kamu.

Kamu hanya cukup menoleh ke arah kanan atau kiri dan hanya sebatas bahu. Hal ini dilakukan jika kamu kurang yakin atau bahkan tidak melihat area yang tidak terjangkau oleh kaca spion dan juga dilakukan saat hendak menyalip, berbelok, atau berpindah jalur. 

3. Gunakan blind spot mirror

3 Trik Mengatasi Blindspot, Jangan Mengandalkan Spionkickstarter.com

Cara terakhir agar terhindar dari blindspot adalah dengan cara menambahkan aksesoris blind spot mirror. Aksesoris ini berupa cermin kecil yang bisa ditempelkan di spion. Melalui cermin berbentuk cembung ini kamu bisa memiliki pandangan yang luas.

Baca Juga: Menyenggol Spion Mobil, Remaja ini Harus Membayar 77 Juta Rupiah

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya