Comscore Tracker

Ini 5 Mobil LCGC Terlaris Sepanjang 2019!

Sangat diminati masyarakat Indonesia!

Jakarta, IDN Times - Mobil murah atau Low Cost Green Car (LCGC) masih jadi segmen yang paling diminati masyarakat Indonesia sepanjang 2019. Bahkan saking larisnya mobil-mobil ini selalu menduduki peringkat lima besar dalam daftar mobil dengan penjualan terbanyak menurut Gaikindo.

Selain harganya yang sangat ramah kantong, desain mobil-mobil LCGC juga sangat kekinian sehingga gak malu-maluin. Selain itu fitur-fiturnya juga lumayan untuk dipakai harian di dalam kota.

Nah, berikut lima mobil LCGC terlaris sepanjang 2019.

1. Honda Brio Satya

Ini 5 Mobil LCGC Terlaris Sepanjang 2019!honda-indonesia.com

Honda Brio Satya menjadi LCGC terlaris sepanjang 2019. Mobil ini sempat disegarkan pada 2018 sehingga desainnya lebih kekinian dan dimensinya juga lebih luas. Data menyebutkan dari awal Januari sampai Oktober 2019, sebanyak 44.188 unit Brio dikirim dari pabrik ke diler. 

Oya, Honda Brio mengusung mesin yang mampu menyemburkan tenaga hingga 88 HP dan torsi 110 Nm dari mesin empat silinder 1,2 liter. Pilihan transmisi otomatis CVT juga jadi kelebihan tersendiri dari Brio Satya, yang terpenting mobil ini sangat irit dan praktis untuk digunakan sehari-hari. Soal keselamatan, ada dual SRS airbag, rem ABS+EBD, seat belt reminder, alarm, auto door lock by speed dan immobilizer.

2. Toyota Calya

Ini 5 Mobil LCGC Terlaris Sepanjang 2019!IDN Times/Dwi Agustiar

Sejak kemunculannya pada 2016 lalu, LCGC 7-seater ini langsung mendobrak pasar. Tahun ini, Calya berhasil diminati pasar Indonesia dengan terjualnya 42.626 unit di tahun 2019 ini.

Ia berbagi platform dengan Sigra, seperti halnya Avanza-Xenia dan Agya-Ayla. Tetapi tetap, Toyota Calya ini akan jauh lebih unggul dari kelengkapan fiturnya. Calya jadi salah satu mobil murah yang cukup mumpuni bekal fiturnya.

Seperti adanya lampu depan LED, dilengkapi head unit layar sentuh, kontrol audio dari stir kemudi, spion lipat otomatis dan sensor parkir, hingga fitur safety yang sudah lengkap seperti adanya ABS+EBD, airbag dual SRS, 3 point seatbelt, ISOFIX, immobilizer dan sistem antimaling.

3. Daihatsu Sigra

Ini 5 Mobil LCGC Terlaris Sepanjang 2019!IDN Times/Maulana

Selanjutnya datang dari saudara kembarnya Calya, yakni Sigra. Khususnya Sigra facelift yang sangat diminati oleh pencinta LCGC. Bagaimana tidak? Pada varian tertinggi Sigra tipe R sudah dilengkapi head unit layar sentuh yang bisa menampilkan kamera parkir mundur. Hebatnya lagi, ada garis parkir pada kamera itu, sesuatu fitur mahal yang ada di kelas mobil murah. Makanya kenapa banyak sekali yang meminang mobil ini.

Kelebihan lain Sigra, dibanding Calya, banyak pilihan tipe varian. Total ada enam pilihan, termasuk pilihan transmisi. Untuk mesin masih sama, Sigra masih punya opsi mesin 3-silinder 1.000 cc yang sangat irit bahan bakar. Sehingga membuat masyarakat banyak opsi pilihan untuk meminangnya.

Per Oktober 2019, Sigra mencatatkan 43.474 unit yang sudah laris manis dibeli oleh masyarakat Indonesia.

4. Toyota Agya

Ini 5 Mobil LCGC Terlaris Sepanjang 2019!toyota-global.com

Berikutnya yakni datang dari pabrikan Toyota. Toyota Agya pada 2019, mencatatkan 20.002 unit yang dikirim dari pabrik ke diler sampai Oktober kemarin.

Kini Agya yang menggunakan mesin 4-silinder 1,2 liter dual VVT-i yang dapat menyemburkan tenaga 85 HP dan torsi 108 Nm. Mesin Agya ini memang sama dengan Calya, namun terasa berbeda lantaran dimensi dan bobot yang lebih ringan serta lebih mungil dibandingkan dengan Calya. Fitur safety juga sudah terbilang cukup, mulai dari adanya dual SRS airbag, rem ABS hingga sabuk keselamatan tiga titik dengan reminder.

5. Daihatsu Ayla

Ini 5 Mobil LCGC Terlaris Sepanjang 2019!Instagram.com/daihatsuind

Terakhir adalah Ayla. Daihatsu Ayla ini menjadi salah satu yang punya banyak pilihan tipe. Lebih banyak ketimbang Sigra. Penjualan Ayla sepanjang Januari - Oktober 2019 tercatat sudah 19.966 unit yang dikirim dari pabrik ke dilernya.

Semakin diminati oleh masyarakat Indonesia lantaran banyaknya tipe varian yang diberikan, sehingga bikin konsumen fleksibel menyesuaikan budget dengan fitur yang ada.

Baca Juga: Agya dan Ayla Punya Kembaran di Malaysia, Ini Sederet Fitur Terbarunya

Topic:

  • Aditya Perdana Putra
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya