Comscore Tracker

Jangan Tinggalkan 5 Jenis Barang Ini di Mobil, Bisa Berbahaya!

Salah satunya bisa menyebabkan mobil terbakar

Jakarta, IDN Times - Pernah mendengar mobil yang sedang diparkir tiba-tiba terbakar? Yup, kejadian ini kerap terjadi. Salah satu penyebabnya adalah powerbank. Namun powerbank bukan satu-satunya penyebab utama mobil terbakar. Ada beberapa faktor lain.

Nah, untuk menghindari mobil terbakar atau kejadian tidak menyenangkan lainnya, jangan pernah meninggalkan powerbank di dalam mobil. Selain itu ada beberapa barang yang sebaiknya juga tidak kamu simpan di dalam mobil. Berikut beberapa di antaranya.

1. Segala jenis gadget atau barang elektronik

Jangan Tinggalkan 5 Jenis Barang Ini di Mobil, Bisa Berbahaya!pinterest.com

Pertama, biasanya ini barang yang paling sering kita tinggalkan padahal barang elektronik atau gadget ini mempunyai harga yang lumayan mahal. Misalnya, kamera digital, smartphone, MP3 Player, GPS dan lainnya.

Pasalnya selain mengundang kejahatan dengan memecahkan kaca mobil, yang parahnya bisa membuat rusak benda tersebut. Sebab benda-benda elektronik rata-rata tidak tahan terhadap panas di kabin yang berlebihan, terutama baterainya. Baterai yang digunakan sebagai sumber energi pada gadget dapat mengalami kebocoran karena panas. 

Baca Juga: [BREAKING] Mobil Terbakar di SPBU Abdullah Daeng Sirua

2. Botol minuman dari plastik

Jangan Tinggalkan 5 Jenis Barang Ini di Mobil, Bisa Berbahaya!pinterest.com

Memang dalam mobil disediakan tempat untuk menyimpan botol minuman, tetapi bukan berarti kita malah meninggalkan botol tersebut di dalam mobil. Apalagi, botol minuman plastik dapat dengan mudah meleleh di dalam mobil yang diparkir di bawah terik matahari.

Bahkan kalau botol minuman itu terisi air, sebaiknya jangan diminum lagi. Karena reaksi kimia dari botol plastik yang terkena panas akibat tertinggal di dalam mobil ikut larut ke dalam air minum dan bisa membahayakan tubuh. 

3. Pemantik

Jangan Tinggalkan 5 Jenis Barang Ini di Mobil, Bisa Berbahaya!Unsplash/juliusdrost

Pemantik berbahan bakar gas ini jangan sampai ditinggal di dalam mobil ketika parkir di bawah terik matahari. Bahan bakar gas dengan wadah berbahan plastik jika terkena panas akan meningkatkan tekanan gas dan melelehkan plastiknya. Bahkan jika panas dalam mobil mencapai 100 derajat, bisa meledak dan terlempar keluar hingga memecahkan kaca. Serem ya guys, jadi hati-hati dan jangan tinggalkan barang yang satu ini yah!

4. Minuman kaleng

Jangan Tinggalkan 5 Jenis Barang Ini di Mobil, Bisa Berbahaya!unsplash.com/Gyula Zsambok

Ini salah satu benda paling populer yang bahaya diletakkan di dalam mobil dengan suhu kabin panas. Panas dalam mobil kamu bisa menyebabkan penumpukan tekanan dan bisa mengakibatkan kaleng minuman soda meledak. Karena memang sebaiknya, minuman berkarbonasi sebaiknya dijaga dalam suhu kamar atau dingin. 

5. Vape

Jangan Tinggalkan 5 Jenis Barang Ini di Mobil, Bisa Berbahaya!www.vapenvapor.com

Barang terakhir ini adalah barang yang akhir-akhir ini digemari oleh beberapa kaum millennials, yaitu vape. Yes, vape juga termasuk barang yang sangat dilarang keras untuk ditinggal di dalam mobil kamu. 

Karena barang ini bisa sangat mudah terpicu sama suhu yang panas dan bisa menyebabkan kerusakan pada barang tersebut, tetapi lebih parahnya lagi jika kamu meninggalkan barang ini cukup lama di dalam mobil kamu, dan suhu di dalam mobil terbilang panas bisa menimbulkan ledakan dan mungkin bisa membuat mobil kamu terbakar.

So, lima barang ini jangan pernah ditinggal lagi di dalam mobil kamu yah!

Baca Juga: [FOTO] Diduga karena Power Bank, Sepeda Motor Terbakar di Kemenlu

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You