Comscore Tracker

Mobil Tiba-tiba Overheat, Ini 4 Langkah Mudah Mengatasinya

Jangan panik, bisa kamu lakukan dengan mudah!

Jakarta, IDN Times - Apa jadinya jika asap tiba-tiba keluar dari kap mesin ketika kamu lagi asyik menyetir? Panik, tentu saja. Berbagai pikiran pun mungkin akan berkecamuk di kepala. 

Dalam kondisi seperti itu, sangat penting untuk tidak panik. Sebab besar kemungkinan asap tersebut berasal dari kondisi mesin mobilmu yang mengalami overheat, 

Nah berikut cara mengatasi overheat pada mobil kamu.

1. Segera menepi ke bahu jalan atau ke rest area terdekat

Mobil Tiba-tiba Overheat, Ini 4 Langkah Mudah MengatasinyaANTARANEWS/Ali Khumaini

Cara pertama adalah kamu harus langsung cari rest area atau pom bensin terdekat dan kalau sudah tidak memungkinkan kamu bisa melakukan pemberhentian darurat dan menepi ke bahu jalan dan pastikan tempatnya aman untuk berhenti.

Lalu, setelah sudah bisa dipastikan aman ketika berhenti atau sudah menemukan rest area, segeralah melakukan pengecekan pada komponen yang diduga memicu terjadinya overheat pada mobil kamu.

Baca Juga: Mobil Jokowi Mogok Lagi di Kalimantan Barat, Kok Bisa?

2. Buka kap mesin dan biarkan mesin hingga suhunya turun

Mobil Tiba-tiba Overheat, Ini 4 Langkah Mudah MengatasinyaDok. IDN Times/Aditya Perdana Putra

Mungkin banyak dari kalian yang langsung coba membuka kap mesin dan coba membuka air radiator atau komponen lainnya. Nah, sementara cara ini kurang tepat guys!

Sebaiknya, kamu diamkan mesin mobil kamu hingga suhunya turun atau hingga mesinnya dingin dan jangan membuka bagian apa pun pada bagian dalam kap mesin mobil kamu. Jadi cukup didiamkan saja dulu yah!

3. Tambahkan air radiator, jika mesin sudah dingin

Mobil Tiba-tiba Overheat, Ini 4 Langkah Mudah Mengatasinyabillsqualityautocare.com

Dengan terjadinya overheat pada mobil kamu, pastinya air radiator mengalami pengurangan volumenya, akibat terpakai secara ekstra untuk mendinginkan mesin di saat mesin overheat.

Maka, setelah mesin mobilmu sudah dingin, sebaiknya kamu menambahkan air radiator kamu, yang berkurang tersebut. Itu sebabnya, sebaiknya berhenti di rest area agar bisa langsung mendapatkan air untuk ditambahkan ke dalam tabung radiatornya.

4. Lakukan pengecekan pada seluruh komponen radiator

Mobil Tiba-tiba Overheat, Ini 4 Langkah Mudah Mengatasinyabankrate.com

Terakhir adalah jika semua sudah dalam kondisi normal, suhu mobil yang sudah stabil, air radiator yang sudah kembali di isi, maka cara terakhir ini adalah waktunya kamu untuk mengecek secara teliti dan detail komponen radiator pada mobil kamu.

Dengan kondisi mobil yang harus dihidupkan, kamu lakukan pengecekan pada selang radiator, tutup radiator, hingga putaran kipas dan komponen pada mesin yang berhubungan dengan radiator lainnya agar mengetahui apakah ada kebocoran atau masalah lainnya yang menyebabkan mobil kamu overheat.

Lalu, jika sudah mengetahui masalahnya, sebaiknya langsung dikonsultasikan ke montir langganan kamu dan dibawa ke bengkel untuk diperbaiki.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Kamu Lakukan untuk Mencegah Mesin Mobil Overheat

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You