Comscore Tracker

Pikup Futuristik Milik Tesla, Ini Spesifikasi Lengkapnya

Pikap anti peluru!

Jakarta, IDN Times - Akhirnya Tesla merilis pikap pertamanya yang dinamakan, Cybertruck. Nama ini sesuai wujudnya yang amat sangat futuristik, tak seperti kendaraan konvensional yang beredar pada umumnya.

Menariknya banyak hal yang baru bisa kamu temukan pada pikap futuristik dari Tesla ini, salah satunya adalah pikap pertama yang menggunakan full elektrik dan pastinya yang mempunyai kelebihan pikap anti peluru. Lantas apa saja kelebihan lainnya dari Tesla Cybertruck ini? Simak terus artikel di bawah ini.

1. Terbuat dari baja khusus yang sangat kuat

Pikup Futuristik Milik Tesla, Ini Spesifikasi LengkapnyaTwitter/ReedSAlbers

Satu kata buat mobil ini adalah, Futuristik! Yes, tak ada satu pun detail desain tradisional diaplikasikan pada bodinya. Kebanyakan tarikan garis lurus, yang sepintas mirip pesawat luar angkasa, dengan sudut yang tajam di berbagai area.

Menariknya, Cybertruck ini seluruh bodinya dibuat dari baja khusus yang diklaim sangat kuat. Saking kuatnya, Cybertruck kebal terhadap pukulan palu besar dan tembakan pistol 9 mm.

Elon pun membuktikannya saat peluncuran di California, Amerika Serikat beberapa hari lalu. Seluruh kaca juga dibentuk secara khusus, sehingga diklaim bisa anti peluru. Walaupun memang saat demonstrasi kaca pikap tersebut retak, tapi objek yang dilempar tak masuk ke dalam kabin, sehingga membuktikan mobil ini tetap bisa dikatakan mobil anti peluru.

Baca Juga: Tesla Death Ray: Sejarah di Balik Penemuan Berbahaya Milik Tesla

2. Sasis juga berperan menjadi bodi dari pikapnya

Pikup Futuristik Milik Tesla, Ini Spesifikasi Lengkapnyatesla.com

Ellon Musk, CEO Tesla mengungkapkan, Tesla tak memanfaatkan model sasis pada umumnya atau layaknya mobil lainnya. Biasanya sasis mobil dibungkus dengan bodi mobil untuk menutupi peran sasis, tapi Cybertruck sangat berbeda dari yang lain, karena mobil ini malah menggunakan sasisnya juga yang bertindak sebagai bodi dari pikap futuristik ini.

Disebut sebagai mobil pikap yang datang dari masa depan, pastinya ia juga tetap mempunyai peran sebagai mobil pikap pada umumnya yakni terdapat bak besar pada bagian belakangnya. Bak di belakang Cybertruck cukup besar, panjang 1,9 meter dan berdaya angkut 1.587 kg. Tak hanya itu mobil listrik ini juga punya kemampuan towing hingga 6.350 kg.

3. Mampu berlari dari 0-100 kpj hanya dalam 2,9 detik

Pikup Futuristik Milik Tesla, Ini Spesifikasi LengkapnyaTwitter.com/elonmusk

Hebatnya, layaknya mobil Tesla yang lainnya, Cybertruck ini juga merupakan kendaraan bertenaga listrik murni. Terdapat tiga varian yang ditawarkan, masing-masing dibedakan jumlah motor listrik.

Paling tinggi dilengkapi tiga motor berpenggerak all wheel drive (AWD), yang membuatnnya diklaim mampu berakselerasi dari kecepatan nol ke 100 kpj hanya dalam 2,9 detik. Waktu yang sangat cepat bagi sebuah pikap besar dan ini menandakan bahwa pikap futuristik ini memiliki tenaga yang sangat besar.

4. Dibanderol mulai dari Rp500 jutaan

Pikup Futuristik Milik Tesla, Ini Spesifikasi LengkapnyaTwitter.com/layereddelay

Untuk harganya? Varian terbawah yang disematkan satu motor listrik dengan sistem penggerak roda belakang, dan mampu berjalan sejauh 400 km dibanderol $39.900 atau Rp 562 juta. Pilihan tengah yang dibekali dual motor listrik dan berpenggerak all wheel drive (AWD) dijual seharga $ 49.900 atau sekitar Rp 703 jutaan, dan untuk pilihan ini dapat melaju hingga 482 km.

Terakhir yaitu varian tertingginya bisa berjalan sejauh 804 km dengan adanya tiga motor listrik berpenggerak AWD dihargai $ 69.900 atau Rp 985 juta.

Kabar baiknya adalah Cybertruck ini sudah bisa dipesan saat ini juga, tetapi waktu pengiriman unit baru dimulai pada akhir 2021 mendatang.

Baca Juga: Dites Ketahanan Saat Peluncuran, Kaca Tesla CyberTruk Retak!

Topic:

  • Aditya Perdana Putra
  • Umi Kalsum
  • Dwi Agustiar

Just For You