Comscore Tracker

Pilih Aki Basah atau Kering? Ini Perbedaannya

Bagus dan awetan yang mana ya kira-kira?

Jakarta, IDN Times - Bentuknya kecil dan letaknya pun tersembunyi. Karena itu banyak yang kemudian melupakan keberadaan aki. Padahal aki termasuk komponen motor yang harus dirawat, loh.

Di pasaran ada dua jenis aki yang beredar, yakni aki basah dan aki kering. Kedua jenis aki tersebut sama-sama menggunakan cairan elektroda atau biasa disebut air aki. Lalu, apa bedanya aki kering dengan aki basah?

1. Aki basah perlu perawatan, kalau aki kering bebas perawatan

Pilih Aki Basah atau Kering? Ini Perbedaannyagroupon.ae

Walaupun mempunyai kesamaan yaitu tetap menggunakan cairan elektroda, namun pada jenis aki kering, cairannya lebih padat dan berbentuk gel, sementara itu untuk aki basah biasanya lebih cair.

Lalu yang sangat membedakan adalah kalau aki basah biasanya membutuhkan perawatan rutin, seperti memeriksa kadar air di dalam aki. Selain itu, aki basah biasanya juga memerlukan sedikit perawatan berupa pembersihan kutub positif (+) dan negatif (-).

Sementara itu, berbeda dengan aki kering yang sifatnya bebas perawatan atau free maintenance, jadi sama sekali tidak perlu perawatan hanya tinggal pakai saja.

Baca Juga: 5 Tips Saat Berkendara Motor di Malam Hari

2. Aki kering masa pakainya lebih lama dari pada aki basah

Pilih Aki Basah atau Kering? Ini Perbedaannyakabaroto.com

Sebenarnya untuk menjawab pertanyaan yang ini itu tidak ada jawaban secara pasti, karena memang semuanya balik lagi kepada pemiliknya dan cara penggunaan kendaraannya.

Aki basah biasanya hanya bertahan hingga maksimal satu tahun. Sedangkan untuk aki kering, biasanya umurnya bisa mencapai tiga sampai empat tahun. Tapi perlu diingat guys! Semua balik lagi tergantung pemakaian dari kendaraan kalian masing-masing yah.

3. Aki kering lebih mahal dibanding aki basah

Pilih Aki Basah atau Kering? Ini Perbedaannyafastnlow.net

Bicara soal harganya sendiri, kedua jenis aki ini memiliki perbedaan harga yang cukup jauh. Terbukti untuk harga aki kering bisa dua kali lipat dari aki basah. Contohnya, harga aki basah untuk mobil keluarga biasanya memiliki harga Rp700 hingga Rp1 juta rupiah. Sedangkan untuk model aki kering dengan tipe untuk mobil keluarga juga biasanya dijual dengan harga Rp1,5 sampai 3 jutaan.

Selisih harga aki basah dan kering yang cukup jauh ini tentu dipengaruhi oleh masa pakainya. Seperti yang sudah disinggung di atas aki basah memiliki usia pakai yang lebih sebentar dibanding aki kering. Makanya karena hal tersebut membuat harga aki kering terbilang jauh lebih mahal dari pada aki basah.

Baca Juga: 12 Motor Bebek 125cc yang Sempat Menghiasi Jalanan Indonesia

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You