Comscore Tracker

Ini Lho 5 Perbedaan Lampu Reflektor dan Projektor pada Mobil

#AutakAtik Semua tergantung kebutuhan

Salah satu komponen penting pada mobil adalah lampu, untuk sekarang ini banyak sekali jenis lampu yang tersedia mulai dari yang biasa saja hingga hemat energi. Hingga saat ini terdapat berbagai jenis lampu seperti jenis reflektor dan projektor yang digunakan pada mobil.

Apa sebenarnya perbedaan dari kedua lampu tersebut? Yuk simak 5 perbedaannya di bawah ini.

1. Sisi bentuk keduanya

Ini Lho 5 Perbedaan Lampu Reflektor dan Projektor pada MobilPaul Gaudriault

Cara paling mudah membedakan mana reflektor dan projektor adalah dengan melihat bentuknya, reflektor biasanya lampu jenis bohlam dan terdapat kristal reflektor yang berfungsi memantulkan cahaya. Untuk projektor sendiri berbentuk seperti tabung bulat atau bentuk lainnya.

2. Konsumsi daya

Ini Lho 5 Perbedaan Lampu Reflektor dan Projektor pada MobilJonny Caspari

Reflektor sendiri biasanya dipasangkan dengan bohlam biasa yang pastinya akan memakan daya lebih banyak dan lebih panas sehingga dapat membuat cover lampu menjadi kuning dalam jangka waktu panjang.

Sedangkan bila projektor menggunakan LED tentu akan lebih hemat dan umur lampu lebih lama tetapi jika projektor bohlam akan tetap sama dengan reflektor bohlam.

3. Kegunaan pada mobil

Ini Lho 5 Perbedaan Lampu Reflektor dan Projektor pada MobilFloris Jan-roelof

Lampu bohlam reflektor biasanya digunakan untuk fog lamp atau lampu kabut karena intensitas cahayanya yang dapat menembus kabut walaupun tidak memungkinkan lampu LED terkini juga dapat menembus kabut.

Sedangkan untuk penggunaan LED sendiri lebih cocok untuk headlamp atau DRL (day -time running light) untuk keamanan dan estetika sebuah mobil.

4. Ketahanan pakai

Ini Lho 5 Perbedaan Lampu Reflektor dan Projektor pada MobilPatrick Tomasso

Asumsikan lampu reflektor menggunakan bohlam/halogen dan projektor menggunakan LED, pada intinya bohlam memiliki ketahanan pakai yang lebih sedikit daripada LED kurang lebih hanya berkisar antara 500-1000 jam pakai. Hal ini bisa saja disebabkan karena bohlam menggunakan teknologi yang sudah lama tidak seperti LED.

Sedangkan untuk LED sendiri sesuai pada poin ketiga yaitu bersifat efisien, sehingga ketahanan pakainya juga sangat optimal berkisar pada angka 15000 jam pakai. Tentu waktu yang sangat lama bukan? Hal itulah yang mendasari bahwa LED lebih efisien daripada bohlam/halogen.

5. Harga yang berbeda

Ini Lho 5 Perbedaan Lampu Reflektor dan Projektor pada MobilUnsplash/Sara Kurfeß

Untuk harga sendiri, tentu saja dilihat dari poin-poin sebelumnya bahwa bohlam memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan LED karena perbedaan dari segi teknologi maupun tingkat seberapa efisien masing-masing lampu.

Sebagai perbandingan saja untuk bohlam/halogen memiliki harga pasaran mulai dari 50 ribu sampai 300 ribu Rupiah, sedangkan LED yang berkualitas baik memiliki rentang harga antara 1,5 juta hingga 2 juta Rupiah.

Memang sangat jauh perbedaan harganya, tetapi menurut kamu apakah worth it bila dibandingkan dari segi kehematan hingga teknologi?

Baca Juga: Ternyata Begini 3 Cara Membaca Kode pada Ban Mobil

Agung Destian Putra Photo Community Writer Agung Destian Putra

Merangkai sebuah kata menjadi tulisan yang informatif merupakan definisi menulis bagi saya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You