Comscore Tracker

Autobahn, Jalan Paling Bebas Hambatan di Jerman

Unlimited speed!

Jerman merupakan salah satu negara maju di dunia bahkan nomor satu dalam hal kekuatan ekonomi di Eropa, Jerman ternyata juga sukses membuat industri otomotif kelas dunia, sebut saja merek premium Mercedes Benz, BMW hingga Audi yang berasal dari Jerman.

Di balik kesuksesan Jerman dalam menduniakan indsutri otomotifnya, terdapat beberapa faktor pendukung yang salah satunya adalah kondisi jalan di Jerman sangatlah baik.

Autobahn atau dalam bahasa Indonesia merupakan jalan bebas hambatan termasuk salah satu hasil infrastruktur pendukung industri otomotif di Jerman, Autobahn juga memiliki beberapa hal menarik untuk dibahas. Berikut lima hal menarik tentang Autobahn, Jerman.

1. Memiliki kualitas jalan yang sangat baik

Autobahn, Jalan Paling Bebas Hambatan di Jermanunsplash.com/Lou Levit

Kualitas jalanan di Jerman tidak perlu diragukan lagi mengingat Jerman merupakan negara dengan peringkat ekonomi terbaik di Eropa.

Selain itu Jerman juga merupakan produsen mobil kelas dunia yang memiliki kecepatan di atas rata-rata, maka Pemerintah Federal Jerman tidak segan menggelontorkan sejumlah dana demi terciptanya jalanan yang mulus.

2. Tidak memiliki speed limit sama sekali

Autobahn, Jalan Paling Bebas Hambatan di Jermanunsplash.com/Davide Cantelli

Salah satu yang kemungkinan besar setiap orang tahu mengenai Autobahn adalah tidak memiliki speed limit atau batas kecepatan untuk dipacu. Peraturan semacam itu ada karena faktor keselamatan yang sangat dijaga oleh Pemerintah Jerman, misalnya izin memperoleh surat izin mengemudi yang ketat.

Dengan aturan yang sedemikian ketat diharapkan seseorang yang telah mendapatkan izin berkendara benar-benar siap memacu kendaraannya di Autobahn dengan benar.

3. Di balik mulusnya jalan, terdapat biaya perawatan yang tinggi

Autobahn, Jalan Paling Bebas Hambatan di Jermanunsplash.com/Pepi Stojanovski

Pada poin pertama telah disinggung mengenai biaya yang harus dikeluarkan oleh Pemerintah Federal Jerman demi terciptanya Autobahn yang mulus. Sebuah sumber mengatakan bahwa untuk 1 mil jarak Autobahn atau sekitar 1,6 kilometer membutuhkan biaya 825 ribu Euro atau setara dengan Rp13 miliar per tahunnya.

Angka yang fantastis bukan? Maka tidak heran bila kualitas yang ditawarkan juga kelas wahid.

Baca Juga: 5 Pesan Sultan HB X Terkait Rencana Pembangunan Jalan Tol 

4. Autobahn ternyata memiliki rekomendasi kecepatan

Autobahn, Jalan Paling Bebas Hambatan di Jermanunsplash.com/twinsfisch

Perlu diakui bahwa tidak semua warga negara Jerman senang dengan adanya aturan no speed limit, melainkan tetap menginginkan batasan berkendara yang wajar dan aman. Pemerintah Jerman mengakomodir dengan mengeluarkan rekomendasi kecepatan yaitu 120km/jam, perlu diingat bahwa angka tersebut merupakan rekomendasi sehingga tidak mesti untuk dipatuhi.

5. Hingga menjadi destinasi wisata unik di Jerman

Autobahn, Jalan Paling Bebas Hambatan di Jermanunsplash.com/takahiro taguchi

Autobahn nyatanya sukses menjadi daya tarik wisatawan, banyak orang yang ingin merasakan sensasi berkendara di jalan bebas hambatan yang tidak memiliki batasan kecepatan. Namun perlu diingat bahwa Jerman memiliki aturan yang sangat ketat mengenai penggunaan Autobahn, jadi bagi para wisatawan yang ingin mencobanya perlu melihat kembali peraturan yang berlaku.

Bagaimana menurut kamu? Berminat untuk test drive mobil idaman di Autobahn?

Baca Juga: 8 Jalan Tol Paling Indah di Indonesia, Mudik Jadi Lebih Menyenangkan 

Agung Destian Putra Photo Verified Writer Agung Destian Putra

Merangkai sebuah kata menjadi tulisan yang informatif merupakan definisi menulis bagi saya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You