Comscore Tracker

4 Bagian Pada Mobil yang Berbahaya Bagi Anak, Berisiko Celaka!

Diperhatikan ya, apalagi yang punya anak kecil!

Membawa anak-anak bepergian menggunakan mobil sering dilakukan oleh banyak keluarga di Indonesia bahkan dunia, karena dengan mobil kita dapat membawa beragam keperluan yang mungkin diperlukan oleh anak.

Namun yang perlu diingat adalah tidak semua bagian dalam mobil aman untuk anak-anak, banyak bagian yang tentu saja bersifat mekanik dan teraliri listrik. Maka dari itu baik keluarga si anak ataupun pengasuh harus mengetahui bagian-bagian mana saja yang berpotensi menimbulkan celaka.

Berikut 4 bagian mobil yang perlu diperhatikan lebih jika ada anak kecil.

1. Door handle

4 Bagian Pada Mobil yang Berbahaya Bagi Anak, Berisiko Celaka!unsplash.com/Timothée Mägli

Pintu menjadi salah satu faktor pengaman paling penting pada mobil, karena pintu lah yang melindungi penumpang secara langsung dari segala bentuk gangguan dari luar. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah biasanya anak kecil duduk pada baris kedua mobil yang tentu saja bisa dekat dengan posisi pintu, para orangtua atau keluarga harus memastikan bahwa keadaan pintu sudah terkunci.

2. Konsol sunroof

4 Bagian Pada Mobil yang Berbahaya Bagi Anak, Berisiko Celaka!unsplash.com/Alex Jumper

Beberapa mobil keluaran terbaru saat ini sudah memiliki fitur interior seperti sunroof, tentu dengan keberadaan fitur tersebut dapat menambah kesan luas serta mewah pada sebuah mobil. Namun yang perlu diperhatikan jika membawa anak kecil untuk memastikan bahwa tombol pengaturan sunroof jauh dari jangkauan anak, karena akan sangat berisiko untuk terjepit pada bagian tubuh si anak.

Baca Juga: 7 Perlakuan Ini Bikin Mobil Putih Kesayanganmu Lekas Kusam

3. Power window

4 Bagian Pada Mobil yang Berbahaya Bagi Anak, Berisiko Celaka!pixabay.com/seyhoop6

Hampir mirip dengan poin sebelumnya mengenai risiko yang akan dihadapi si kecil jika bermain-main dengan power window, namun para orangtua atau keluarga harus ekstra waspada terhadap power window, mengapa?

Karena keberadaan power window terletak juga pada baris kedua yang kebetulan menjadi tempat duduk favorit anak kecil sehingga lebih mudah untuk menjangkaunya. Pengemudi harus sigap mengunci akses power window sehingga tidak dapat digunakan oleh si kecil.

4. Konsol pendingin udara

4 Bagian Pada Mobil yang Berbahaya Bagi Anak, Berisiko Celaka!pixabay.com/MikesPhotos

Jangan anggap remeh bahwa konsol pendingin ruangan tidak dapat menyebabkan hal yang buruk, bentuknya yang seperti kenop atau tombol tentu menarik perhatian anak kecil. Jika kenop tersebut dimainkan dan dalam kondisi hidup sedangkan mesin kendaraan mati atau contact on maka dalam hitungan menit mungkin mobil kamu akan mogok akibat aki yang aus.

Seperti itulah 4 hal yang perlu diperhatikan ketika mengemudi mobil terutama saat membawa anak kecil. Stay safe!

Baca Juga: Mau Pasang Stiker Mobil, Baca Dulu 3 Tips Ini

Agung Destian Putra Photo Verified Writer Agung Destian Putra

Merangkai sebuah kata menjadi tulisan yang informatif merupakan definisi menulis bagi saya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You