Comscore Tracker

Canggih, 5 Fitur pada Mobil Ini Bantu Kamu Kurangi Risiko Kecelakaan

#AutakAtik Tetap harus waspada ya.

Bila kita berbicara mengenai mobil terbaru, pasti salah satu hal yang dibahas adalah mengenai keselamatan. Seolah paham dengan tuntutan ini, para pabrikan mobil pun terus meningkatkan keamanan untuk mobil-mobil buatannya. Apalaagi angka kecelakaan di jalan tergolong tinggi.

Sebagai perbandingan, jumlah kasus kecelakaan di Ibukota meningkat dalam periode Januari-Mei 2018 dibandingkan pada tahun 2017, seperti dikutip dari Detik. Untuk tahun 2018 sendiri mencapai 2.387 kasus, sedangkan pada tahun 2017 berjumlah 2.230 kasus. Hal ini tentu harus menjadi perhatian semua pihak baik pemerintah serta stakeholder terkait.

Nah, selain meningkatkan kewaspadaan saat mengemudi, fitur mobil di bawah ini juga dapat membantumu mengurangi risiko kecelakaan di jalan. Apa saja?

1. Lane keep assist

Canggih, 5 Fitur pada Mobil Ini Bantu Kamu Kurangi Risiko KecelakaanUnsplash/Kim Daniel

Ketika sedang mengemudi mobil, terkadang kita sesekali kehilangan kontrol seperti terlalu miring ke kiri atau ke kanan, terutama ketika ngantuk atau melamun. Hal ini tentu akan membahayakan keselamatan si pengemudi sendiri dan pengemudi lainnya. Fitur ini bekerja dengan mengirimkan visualiasasi pada layar MID (multi information display) bahwa mobil telah melewati batas garis di jalan atau dengan cara menggetarkan gagang kemudi supaya pengemudi sadar dan dapat mengemudi di garis yang seharusnya.

2. Blind spot monitoring

Canggih, 5 Fitur pada Mobil Ini Bantu Kamu Kurangi Risiko KecelakaanUnsplash/Elijah Hail

Kondisi lalu lintas Ibukota atau kota-kota besar di Indonesia identik dengan tingkat kepadatan yang sangat tinggi, hal itu juga senada tingkat kecelakaan yang bisa dibilang tinggi. Pengendara mobil tentunya sangat khawatir akan menyenggol sepeda motor yang jumlahnya sangat banyak di jalan. Nah, sistem blind spot monitoring bisa membantu mengirimkan sinyal pada pengemudi jika ada kendaraan lain di kedua sisi mobil sehingga risiko benturan tentu akan berkurang.

Baca Juga: 3 Fitur Keselamatan Mobil Ini Sangat Penting untuk Anak

3. Smart brake

Canggih, 5 Fitur pada Mobil Ini Bantu Kamu Kurangi Risiko KecelakaanUnsplash/William Daigneault

Smart brake sangat membantu dalam mengurangi risiko benturan dengan kendaraan yang ada di depannya, fitur ini akan bekerja berawal dari sensor yang terletak di depan mobil akan mengirimkan sinyal apabila mobil di depannya menurunkan kecepatan atau bahkan melakukan rem mendadak, sinyal yang diterima akan dilanjutkan ke proses pengereman otomatis sehingga mobil lebih besar kemungkinan tidak mengalami benturan.

4. Tyre pressure monitoring

Canggih, 5 Fitur pada Mobil Ini Bantu Kamu Kurangi Risiko KecelakaanShoaib SR

Salah satu bagian terpenting pada mobil adalah ban. Kondisi ban sangat mempengaruhi kenyamanan kita mengemudi mobil. Misalnya saja tekanan ban, ketika tekanan pada salah satu ban tidak optimal maka laju mobil pun akan terganggu sehingga dapat menimbulkan bahaya.

Untuk saat ini, sudah banyak mobil-mobil keluaran terbaru yang sudah dilengkapi dengan tyre pressure monitoring yang dapat memberikan kita informasi tekanan angin pada ban secara real-time, sehingga kondisi ban dipastikan akan selalu optimal.

5. Vehicle stability control

Canggih, 5 Fitur pada Mobil Ini Bantu Kamu Kurangi Risiko KecelakaanDiana Aishe

Saat kita tengah mengendarai mobil pada kondisi cuaca yang buruk seperti hujan deras, otomatis kondisi jalan akan berubah menjadi sangat licin. Fitur vehicle stability control sangat membantu pengemudi, fitur ini membantu mengontrol seluruh traksi pada ban sehingga akan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing ban. Hasilnya adalah laju kendaraan akan lebih stabil dan mengurangi risiko tergelincir.

Itulah beberapa fitur keselamatan canggih yang dapat membantu mengurangi risiko kecelakaan saat mengendarai mobil. Apa mobilmu sudah dilengkapi fitur di atas?

Baca Juga: Nilai Rupiah Terus Melemah, Harga Mobil-Mobil Ini Naik

Agung Destian Putra Photo Community Writer Agung Destian Putra

Merangkai sebuah kata menjadi tulisan yang informatif merupakan definisi menulis bagi saya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You