Comscore Tracker

Sering Keliru, Begini Cara Bedakan Dual Clutch dan Triptonic

#AutakAtik Sudah jelas kan perbedaannya

Perkembangan dunia otomatif tidak dapat dipungkiri bahwa sangat dinamis, mulai dari jenis kendaraan, fitur-fitur hingga ke bagian transmisi. Saat ini terdapat setidaknya tiga sistem transmisi otomatis yang terkenal yaitu otomatis konvensional, CVT dan dual clutch.

Namun di balik banyaknya pilihan tipe transmisi, terkadang ada sedikit kesalahpahaman terutama sistem triptonic pada CVT triptonic dan dual clutch pada kemampuan kedua transmisi tersebut dalam melakukan mode transmisi manual. Nah, berikut 4 perbedaan transmisi manual pada triptonic CVT dan dual clutch.

1. Triptonic bukan pure transmisi manual

Sering Keliru, Begini Cara Bedakan Dual Clutch dan TriptonicAlok Sharma

Pada hakikatnya, triptonic bukanlah sebuah transmisi manual namun tetap sebagai transimsi otomatis, lalu apa yang membuatnya sering disebut manual? Hal itu dikarenakan dalam perpindahan gigi, pengemudi dapat mengendalikan gigi layaknya mobil manual melalui paddle shift ataupun melalui tuas transmisi itu sendiri.

Yang membedakannya adalah triptonic seolah-seolah merupakan manual padahal hanya kesan virtual saja yang didapat saat melakukan shifting gigi.

2. Sedangkan dual clutch biasa disebut semi-otomatis

Sering Keliru, Begini Cara Bedakan Dual Clutch dan Triptonicwww.bmwblog.com

Sementara dual clutch merupakan teknologi terbaru dalam dunia transmisi, sistem ini memungkinkan mobil memiliki status sebagai mobil semi-otomatis karena memiliki dua jenis kopling. Semi-otomatis sendiri bisa dikatakan mirip cara kerjanya dengan motor bebek manual.

3. Triptonic biasanya dipadukan dengan sistem CVT

Sering Keliru, Begini Cara Bedakan Dual Clutch dan Triptonicblog.belionderdil.co.id

Sistem triptonic sendiri banyak dijalankan bersama sistem CVT, karena CVT tidak memiliki gerigi pada perpindahan gigi sehingga tidak terbatas jumlahnya. Hal inilah yang membuat triptonic cocok bila bersama CVT dan tentunya dengan bantuan komputer sehingga menimbulkan kesan bahwa shifting gigi itu benar terjadi.

So, sekarang sudah gak salah paham lagi ya.

Agung Destian Putra Photo Verified Writer Agung Destian Putra

Merangkai sebuah kata menjadi tulisan yang informatif merupakan definisi menulis bagi saya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya