Comscore Tracker

Sering Dianggap Sama, Ternyata Ini Bedanya AWD dan 4WD

#AutakAtik Serupa tapi tak sama

Sistem penggerak roda mobil di dunia secara keseluruhan terbagi menjadi dua, yakni All Wheel Drive (AWD) dan Four Wheel Drive (4WD). Sering terjadi kesalahpahaman antara kedua sistem penggerak roda tersebut, banyak juga yang menyamakan cara kerja sistem tersebut, padahal sistem tersebut jelas-jelas memiliki perbedaan yang sangat mendasar.

Untuk mengetahui lebih lanjut, yuk simak 5 perbedaan AWD dan 4WD berikut.

1. Dari definisi saja berbeda

Sering Dianggap Sama, Ternyata Ini Bedanya AWD dan 4WDwww.laurenwantstoknow.com

Dari pengertiannya saja kita sudah dapat mengetahui perbedaannya. AWD atau All Wheel Drive memungkinkan semua roda mobil bergerak saat mobil berjalan, sedangkan 4WD apat diatur roda mana yang ingin bergerak apakah hanya dua ataupun empat sekali pun.

2. AWD cenderung lebih boros

Sering Dianggap Sama, Ternyata Ini Bedanya AWD dan 4WDblogmedia.dealerfire.com

Mengapa AWD lebih boros dalam konsumsi bahan bakar? Karena semua roda pada sistem penggerak AWD terus bergerak dalam semua kondisi jalan, baik jalanan mulus hingga rusak.

Hal ini menyebabkan konsumsi bahan bakar akan meningkat karena perputaran keempat roda terus berputar tanpa bisa dikurangi jumlah roda yang berputar.

3. 4WD cenderung lebih hemat

Sering Dianggap Sama, Ternyata Ini Bedanya AWD dan 4WDwww.popularmechanics.com

Berbalik dengan AWD, sistem penggerak 4WD justru berpotensi lebih hemat lho. Mengapa? Karena biasanya sistem penggerak 4WD memiliki pilihan penggerak roda yaitu 4x4 atau 4x2 artinya dapat memilih antara dua roda saja yang bergerak atau keempat roda bergerak.

4. 4WD lebih sering dipakai untuk offroad

Sering Dianggap Sama, Ternyata Ini Bedanya AWD dan 4WDwww.yokohama.com.au

Karena konfigurasinya yang dapat disesuaikan, maka sistem 4WD banyak diadopsi oleh mobil-mobil offroad. Karena perbedaan medan yang dihadapi mobil offroad memungkinkan pengemudi menyesuaiakan ingin 4x2 atau 4x4 untuk memaksimalkan traksi pada roda.

5. AWD lebih sering digunakan untuk mobil premium

Sering Dianggap Sama, Ternyata Ini Bedanya AWD dan 4WDwww.kiplinger.com

Sementara sistem AWD kebanyakan digunakan oleh mobil-mobil berjenis sportcar atau premium SUV, hal ini dikarenakan pemilik mobil biasanya menginginkan kecepatan dibanding kehematan bahan bakar. Sebut saja sportcar Lamborghini yang menggunakan sistem penggerak AWD pada keempat rodanya.

So, sudah tidak salah paham lagi dong antara AWD dan 4WD?

Agung Destian Putra Photo Community Writer Agung Destian Putra

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You