Comscore Tracker

Tidak Sama, Inilah 4 Perbedaan City Car dan Hatchback

Ternyata berbeda ya

Mengendarai mobil bagi warga kota nampaknya sudah menjadi hal yang lumrah karena merupakan salah satu opsi dalam melakukan aktivitas sehari-hari, beragam jenis mobil pun banyak berkeliaran di kota-kota besar seperti jenis MPV (Multi Purpose Vehicle), SUV (Sport Utility Vehicle), Sedan hingga Hatchback dan City Car.

Menarik adalah pada segmen mobil Hatchback dan City Car yang sering dianggap sama padahal sejatinya berbeda, kedua segmen tersebut dianggap sama lantaran memiliki bodi yang mungil sesuai dengan kebutuhan mobil kota.

Namun apa yang sebenarnya membuat kedua segmen mobil tersebut berbeda?

1. Segi dapur pacu yang jelas berbeda

Tidak Sama, Inilah 4 Perbedaan City Car dan Hatchbackunsplash.com/Hosea Georgeson

Mobil kota atau city car memiliki dapur pacu yang mungil pula selaras dengan bodinya sendiri, di Indonesia sendiri mobil yang termasuk ke dalam city car adalah Toyota Agya yang hanya memiliki kapasitas mesin 1.3 L walaupun untuk yang varian terbaru terdapat pilihan mesin 1.2 L.

Bila dibandingkan dengan segmen mobil hatchback, dari segi mesin pun sudah berbeda misalnya saja Honda Jazz, Toyota Yaris ataupun Mazda 2 yang masing-masing mengusung mesin berkapasitas 1.5 L.

Baca Juga: Sudah Siap Mudik? Perhatikan 5 Hal Ini Dulu Sebelum Beli Mobil Bekas

2. Hatchback biasanya kaya akan fitur terkini

Tidak Sama, Inilah 4 Perbedaan City Car dan Hatchbackunsplash.com/why ke

Mobil segmen hatchback biasanya memiliki fitur-fitur terkini layaknya mobil segmen menengah, sebut saja Mazda 2 yang memiliki empat buah sensor parkir lengkap dengan kamera mundur serta  blind spot monitoring system yang biasanya hanya terdapat pada mobil-mobil menengah ke atas.

Sedangkan jika berbicara mengenai fitur pada mobil city car dapat dikatakan cukup terbatas mengingat harganya pun tidak semahal hatchback, namun setidaknya fitur dasar seperti radio dan standar hiburan lainnya tetap tersedia.

3. Selisih harga yang cukup jauh

Tidak Sama, Inilah 4 Perbedaan City Car dan Hatchbackunsplash.com/Alexander Mils

Sebelumnya pada poin kedua kita telah menyinggung masalah harga, memang selisih harga antara city car dan hatchback bisa dibilang cukup jauh. Mari kita ambil contoh seperti Toyota Agya yang berada di kisaran 130 jutaan rupiah dan dibandingkan dengan Toyota Yaris di angka 260 jutaan rupiah, artinya dua unit Toyota Agya sama saja dengan satu unit Toyota Yaris.

4. Basis rangka bodi yang sangat berbeda

Tidak Sama, Inilah 4 Perbedaan City Car dan Hatchbackunsplash.com/Motah

Salah satu hal mendasar yang membedakan city car dengan hatchback adalah dimensinya, sebenarnya jika dilihat lebih detail bahwa hatchback memiliki kabin yang lebih luang dibandingkan dengan city car yang benar-benar kecil.

Selain itu, hatchback sejatinya memiliki basis bodi seperti sedan namun hanya tidak memiliki buntut, seperti Toyota Yaris yang berbasis dari Toyota Vios.

Nah, itulah perbedaan city car dan hatchback. Jangan keliru lagi, ya!

Baca Juga: Lagi Cari Mobil Bekas? Ini 5 SUV di Bawah Rp 100 Juta yang Top Banget

Agung Destian Putra Photo Community Writer Agung Destian Putra

Merangkai sebuah kata menjadi tulisan yang informatif merupakan definisi menulis bagi saya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You