Comscore Tracker

Supaya Gak Mabuk, Simak 4 Tips Mengemudi dengan Nyaman

#AutakAtik Biar nyetir aman dan nyaman

Bagi sebagian orang berkendara dengan mobil merupakan hal yang nyaman dan aman. Namun bagi sebagian orang juga berkendara dengan mobil justru bisa menimbulkan masalah lho.

Orang-orang tersebut biasanya mudah sekali mabuk perjalanan ketika berkendara dengan mobil. Mengonsumsi obat anti mabuk pun menjadi salah satu solusinya.

Nah, bagi pengemudi sendiri sebenarnya bisa melakukan langkah antisipasi supaya penumpang tidak mabuk perjalanan dengan mengemudi secara benar. Berikut 4 tips mengemudi yang baik supaya penumpang gak mabuk perjalanan.

1. Perhatikan kebersihan kabin

Supaya Gak Mabuk, Simak 4 Tips Mengemudi dengan NyamanUnsplash/Daniel von Appen

Sebelum melakukan perjalanan, alangkah baiknya periksa kebersihan kabin. Biasanya banyak debu-debu kecil yang hinggap di kabin mobil atau dashboard. Hal ini tentu dapat memicu penumpang merasakan mual karena debu tersebut.

2. Pemilihan parfum juga berpengaruh

Supaya Gak Mabuk, Simak 4 Tips Mengemudi dengan Nyamanbrenthonshop.com

Pemilihan parfum untuk mobil juga merupakan hal yang krusial, pasalnya tidak semua parfum cocok bagi semua penumpang terutama yang biasa terkena mabuk perjalanan. Bijaklah dalam memilih parfum, misalnya parfum yang memiliki aroma segar seperti jeruk lebih mudah diterima ketimbang wangi parfum lainnya.

3. Shifting di saat yang tepat

Supaya Gak Mabuk, Simak 4 Tips Mengemudi dengan NyamanUnsplash/Alok Sharma

Hal yang perlu diperhatikan bagi pengemudi adalah momen yang tepat saat melakukan perpindahan gigi atau shifting (bila menggunakan transmisi manual). Supaya mobil berjalan dengan mulus, disarankan melakukan shifting pada RPM 2000-2500 agar mobil berjalan dengan mulus.

4. Frekuensi pengereman juga penting

Supaya Gak Mabuk, Simak 4 Tips Mengemudi dengan NyamanUnsplash/Obi Onyeador

Selain shifting, ada satu hal lagi yang perlu diperhatikan oleh pengemudi saat mengemudi yaitu frekuensi pengereman. Hindari melakukan pengereman dengan hanya satu hentakan kaki karena akan membuat penumpang semakin mual.

Namun lakukan secara bertahap supaya mobil berhenti dengan perlahan dan penumpang tetap dalam kondisi nyaman. Nah, kalau sudah tahu begini gak ada lagi ya yang mabuk perjalanan.

Agung Destian Putra Photo Community Writer Agung Destian Putra

Merangkai sebuah kata menjadi tulisan yang informatif merupakan definisi menulis bagi saya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You