Comscore Tracker

7 Manfaat Tak Terduga dari Cuka yang Bikin Mobil Kamu Cling!

#AutakAtik Langsung ke dapur deh

Kebersihan mobil merupakan hal yang harus diperhatikan agar kamu merasa nyaman saat mengendarai mobil. Mencuci mobil bisa jadi langkah yang tepat agar mobil bersih. Namun mencuci mobil belum tentu membersihkan area mobil secara menyeluruh.

Kamu bisa menggunakan cuka. Ya, salah satu bahan dapur ini ternyata bisa membuat mobil kamu tampak bersih lho. Yuk, intip apa saja manfaat cuka untuk mobil kamu!

1. Mengangkat noda di dashboard

7 Manfaat Tak Terduga dari Cuka yang Bikin Mobil Kamu Cling!instafinish.com

Bagian dashbiard mobil merupakan area yang paling rentan terkena debu. Hal ini dikarenak dashboard berfungsi sebagai ruang penyimpanan dan seringkali dibuka-tutup. Membersihkan area dashboard ini tak cukup hanya dengan kain lap biasa. Kamu perlu mencampurkan cairan cuka agar debu tidak kembali lagi.

2. Mencegah pembekuan embun

7 Manfaat Tak Terduga dari Cuka yang Bikin Mobil Kamu Cling!Pexels/Mary Whitney

Hujan merupakan hal yang paling menyebalkan bagi setiap pengendara. Apalagi jika muncul embun setelah hujan reda. Kamu bisa membersihkan kaca mobil ini dengan kain lap yang sudah dilarutkan dengan cairan cuka.

3. Menghilangkan bau tak sedap di area kabin

7 Manfaat Tak Terduga dari Cuka yang Bikin Mobil Kamu Cling!Pexels/Matheus Bertelli

Tak dipungkiri area kabin merupakan area yang rentan dengan aroma. Bisa karena aroma makanan ataupun aroma tak sedap lainnya. Menggunakan pengharum mobil pun terkadang belum cukup. Untuk mengatasi aroma ini, letakkan satu gelas larutan cuka selama semalam di dalam mobil. Hasilnya, pagi harinya mobil akan seketika wangi.

4. Membersihkan komponen krom

7 Manfaat Tak Terduga dari Cuka yang Bikin Mobil Kamu Cling!howtocleanstuff.net

Buat kamu yang suka mencuci mobil di tempat cuci mobil umum, ada kalanya area krom mobil belum bersih secara sempurna. Gunakan kain lembut yang sduah dibasahi dengan air cuka agar area krom bersih dan mengilap.

5. Menghilangkan bekas tempelan stiker

7 Manfaat Tak Terduga dari Cuka yang Bikin Mobil Kamu Cling!chinaglobalmall.com/

Mungkin beberapa saat kamu ingin melepas semua atiker yang ada di mobil kamu karena terasa mengganggu. Bekas tempelan stiker tentu sangat sulit dibersihkan.

Cara agar bekasnya tak tertiggal adalah siram area stiker dengan air cuka sebelum dilepaskan. Tarik secara perlahan dan hasilnya, bekas stiker akan hilang seketika.

6. Membersihkan kotoran jok mobil

7 Manfaat Tak Terduga dari Cuka yang Bikin Mobil Kamu Cling!auto.ndtv.com

Jok mobil sering kotor? Pasti gak nyaman dong untuk dilihat. Larutkan dua sendok cuka dengan satu sendok cairan pencuci, lalu ambil kain dan gosok-gosok jok mobil sampai seluruh kotoran terangkat bersih.

7. Membersihkan karpet mobil

7 Manfaat Tak Terduga dari Cuka yang Bikin Mobil Kamu Cling!yourmechanic.com

Messki mobil sudah dicuci, terkadang jok mobil masih menyisakan noda. Kamu bisa menggunakan asam cuka yang sudah dicairkan dan hasilnya karpet mobil kamu seperti baru dibeli.

Wah, gak nyangka kan jika cuka punya pengaruh besar pada tampilan mobil kamu?

Akbar Photo Community Writer Akbar

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You