Comscore Tracker

Jangan Salah Beli, Ini Cara Mudah Ketahui Mobil Bekas Terendam Banjir

Jangan tertipu bentuk luar yang tampak mulus

Membeli mobil bekas bisa menjadi pilihan untuk menghemat pengeluaran. Tentu dalam melakukan pembelian mobil bekas, kamu perlu mengetahui kondisi mobil pakah dalam kondisi prima atau justru sebaliknya.

Salah satu hal yang harus diperhatikan ialah apakah mobil tersebut pernah terendam banjir. Mobil di kota-kota besar yang rawan banjir memiliki kemungkinan pernah terendam banjir sehingga mengakibatkan mobil tidak stabil. Berikut tips yang bisa kamu lakukan jika ingin mengetahui apakah mobil tersebut pernah terendam banjir atau tidak.

1. Aroma mobil yang menyengat

Jangan Salah Beli, Ini Cara Mudah Ketahui Mobil Bekas Terendam Banjirsciencenews.org

Hal pertama yang bisa kamu identifikasi adalah mencium aroma yang tak lumrah pada kabin mobil. Aroma mobil yang telah terkena banjir mengandung aroma jamur, sehingga aroma lembab bisa tercium. Bagaimana caranya? Nyalakan kendaraan dalam kondisi jendela mobil semua tertutup rapat. Nyalakan selama lima menit. Maka aroma khas tersebut akan segera kamu ketahui.

Baca Juga: Murah Banget! 5 Pilihan Mobil Bekas Taksi yang Bisa Kamu Beli

2. Periksa lampu sinyal

Jangan Salah Beli, Ini Cara Mudah Ketahui Mobil Bekas Terendam Banjiritstillrun.com

Paling terlihat jelas saat mobil terendam banjir ialah adanya gangguan pada lampu sinyal mobi. Jika lampu sinyal ABS (anti-lock brake system) dan lampu sinyal sistem airbag-nya tidak menyala, dipastikan mobil tersebut pernah terendam banjir. Perhatikan juga jika lampu sinyal tak mau mati saat kunci mobil dicabut, maka hal tersebut juga bisa menjadi pertanda jika mobil bermasalah.

3. Perhatikan korosi di bagian komponen mobil

Jangan Salah Beli, Ini Cara Mudah Ketahui Mobil Bekas Terendam Banjirreddit.com

Interior mobil merupaan bagian yang sangat sensitif. Perhatikan apakah ada bagian mobil yang tak terlapisi oleh cat yang terkena korosi, seperti bagian bawah kursi mobil. Jika bagian tersebut sudah terdapat tanda korosi, sebainya urungkan niatmu untuk membeli karena bisa dipastikan mobil tersebut pernah terendam banjir.

4. Ujilah dengan tisu

Jangan Salah Beli, Ini Cara Mudah Ketahui Mobil Bekas Terendam Banjironegoodthingbyjilee.com

Langkah mudah selanjutnya ialah dengan menggunakan selembar tisu. Tisu berfungsi saat kamu menempelkannya pada bagian karpet mobil. Bekas air hujan dan bekas air cucian mobil akan tampak perbedaanya pada tisu tersebut. Air hujan biasanya tak terlalu diserap sempurna, sehingga menyebabkan tisu terasa basah.

5. Percayakan pada ahlinya

Jangan Salah Beli, Ini Cara Mudah Ketahui Mobil Bekas Terendam Banjirgolocall.com

JIka masih belum yakin sepenuhnya, cobalah untuk membawanya ke bengkel. Para teknisi yang sudah ahli akan dengan mudah mengetahui apakah mobil tersebut sudah pernah terendam banjir atau tidak. Bagian suspensi kendaraan hanya bisa diidentifikasi oleh teknisi sehingga keakuratannya bisa diketahui.

Itu dia lima tips yang bisa kamu lakukan jika ingin membeli mobil bekas dengan kondisi tak pernah terendam banjir. Jangan salah pilih ya!

Baca Juga: Tertarik Beli Mobil Bekas? 5 Pengecekan Ini Wajib Kamu Lakukan

AKbar Photo Verified Writer AKbar

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya