Comscore Tracker

5 Alasan Mobil Formula 1 Sangat Mahal, Setirnya Saja Seharga Alphard!

Semua serba berteknologi tinggi #IDNTimesAutomotive 

Balapan mobil, tak terkecuali Formula 1, menjadi tontonan yang disukai banyak orang. Selain disuguhkan aksi saling salip yang menegangkan, kita bisa melihat betapa canggih dan kencangnya mobil balap.

Formula 1 merupakan kelas tertinggi untuk balap mobil kursi tunggal. Pernahkah kamu membayangkan harga 1 unit mobil Formula 1? Ternyata harganya sangat mahal, bahkan mencapai triliunan rupiah. Ini 5 alasan kenapa mobil Formula 1 memiliki harga yang spektakuler.

1. Harga 1 mesin mobil Formula 1 bisa mencapai lebih dari Rp250 miliar

5 Alasan Mobil Formula 1 Sangat Mahal, Setirnya Saja Seharga Alphard!Mesin F1 (youtube.com/ARENA BALAP OTOMOTIF)

Tidak seperti mobil-mobil pada umumnya, mesin yang dipakai F1 tidak diproduksi secara masal. Pembuatan mesin memakan biaya 11-18 juta dolar Amerika atau sekitar Rp250 miliar lebih.

Tenaga yang dihasilkan bervariasi, mulai dari 875 hingga 1.000 horse power (hp). Putaran mesin bisa mencapai 15.000 rotasi per menit (rpm). Tidak seperti mesin mobil biasa yang bisa digunakan puluhan tahun, mesin mobil Formula 1 hanya bisa digunakan sampai 7 kali balapan.

2. Biaya riset yang tinggi

5 Alasan Mobil Formula 1 Sangat Mahal, Setirnya Saja Seharga Alphard!Ban formula 1 (youtube.com/Pole Position Motorsport)

Untuk menghasilkan performa mobil yang superkencang dalam dimensi yang ringkas, diperlukan riset yang besar. Sebagian tim besar seperti Ferrari, Mercedes, atau McLaren bisa mengeluarkan modal 14 juta dolar Amerika atau sekitar Rp203 miliar untuk keperluan riset mesin saja.

Langkah uji coba juga menjadi bagian dari riset. Setiap perkembangan baru yang ingin diterapkan pada mesin, seluruh tim perlu melakukan uji coba untuk memastikan mesin tersebut andal dan mengalami peningkatan performa.

Baca Juga: 7 Juara Dunia Formula 1 Ini Pilih Tak Membalap Pada Musim Berikutnya

3. Setir mobil Formula 1 berteknologi canggih

5 Alasan Mobil Formula 1 Sangat Mahal, Setirnya Saja Seharga Alphard!Stir mobil formula 1 (youtube.com/Hiburan Populer)

Selain sebagai pengendali arah kemudi, setir di mobil Formula 1 memiliki banyak sekali fungsi. Mulai dari pengaturan kontrol traksi, komunikasi radio, penggantian gigi transmisi, dan lain sebagainya.

Setiap tim memang punya desain dan tampilan layout setir yang berbeda-beda. Namun umumnya, rentang harga untuk 1 buah setir mobil Formula 1 berkisar Rp800 juta sampai Rp1,4 miliar.

4. Transmisi canggih berbahan carbon titanium

5 Alasan Mobil Formula 1 Sangat Mahal, Setirnya Saja Seharga Alphard!Mobil formula 1 (youtube.com/Pole Position Motorsport)

Mesin yang begitu powerful, perlu transmisi yang kuat pula untuk mengimbangi. Transmisi yang dipakai di mobil Formula 1 bukan sembarang transmisi. Bahannya terbuat dari carbon titanium.

Transmisi yang umumnya dipakai berkonfigurasi 8 percepatan semi otomatis. Biaya untuk pembuatan transmisi adalah sekitar 450 ribu dolar Amerika atau Rp6,5 miliar. Itu belum termasuk penambahan lain yang disesuaikan dengan kebutuhan balapan.

5. Pengembangan desain untuk menyempurnakan sisi aerodinamika

5 Alasan Mobil Formula 1 Sangat Mahal, Setirnya Saja Seharga Alphard!Mobil Formula 1 (youtube.com/Pole Position Motorsport)

Bentuk mobil Formula 1 didesain untuk kebutuhan balap, sehingga penting untuk memperhatikan aerodinamika. Sebagian besar riset pada bodi mobil diarahkan pada sayap. Baik sayap depan, maupun sayap belakang.

Penyesuaian sayap dan lekukan bodi dapat menurunkan koefisien hambatan. Perkiraan biaya produksi sayap depan dan belakang mencapai 300 ribu dolar Amerika atau senilai Rp4,3 miliar.

Sudah tahu, kan, alasan kenapa mobil Formula 1 sangat mahal? Mobil tersebut memang dikhususkan untuk mendapatkan performa terbaik di lintasan balap, bukan untuk kebut-kebutan di jalan raya. Ada dari kamu yang suka nonton balapan Formula 1?

 

Baca Juga: Sejarah Ajang Balap Formula 1, Ternyata Bergulir dari Paris

Albert Hermawan Photo Verified Writer Albert Hermawan

"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dari masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian." -Pramoedya Ananta Toer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya