Comscore Tracker

5 Mobil dengan Desain Keren tapi Kurang Diminati

Tidak laku bukan berarti jelek 

Tidak selamanya mobil dengan desain keren akan laku. Beberapa mobil malah penjualannya ambruk hingga berhenti produksi. Memang apa yang salah dari mobil sehingga kurang diminati?

Banyak faktor yang membuat penjualan mobil kurang, bisa dari segi promosi, bentuk yang terlalu culun dan tidak sesuai selera masyarakat Indonesia, ataupun karena kalah dengan kompetitor yang lebih unggul.

Lalu apa saja mobil yang dimaksud, simak lima daftar mobil gak laku yang pantas dimiliki!

1. Mazda VX-1 

5 Mobil dengan Desain Keren tapi Kurang DiminatiMazda VX-1 (youtube.com/B Channel)

Mobil yang mirip dengan Ertiga ini kurang diminati dan jarang dijumpai. Mesin yang dibawa 1300cc DOHC VVT-i sehingga tergolong irit. Tenaga yang dihasilkan 95HP. Cukup tangguh melaju di jalanan.

Pada tahun 2014 penjualan mobil ini kurang dari 1.000 unit saja sehingga Mazda harus menghentikan penjualannya. Harga Mazda VX-1 di tahun 2013 aekitar Rp100 juta.

2. Nissan Murano 

5 Mobil dengan Desain Keren tapi Kurang DiminatiNissan Murano (youtube.com/OLX Indonesia)

Murano hadir untuk meramaikan mobil di kelas SUV berbarengan dengan turunnya harga dari Toyota Harrier. Nissan menghadirkan dua pilihan mesin, ada yang 2500cc dan 3500cc.

Penjualan Murano tidak sesuai harapan dan harus berhenti di tahun 2013. Harga mobil ini sekitar Rp200 jutaan ke bawah.

Baca Juga: Mobil-mobil Hatchback Seharga SUV Premium, Gesitnya Keterlaluan  

3. Nissan Evalia 

5 Mobil dengan Desain Keren tapi Kurang DiminatiNissan Evalia (youtube.com/Mas Wahid)

Nisan kembali menghadirkan mobil bernama Evalia. Harapan besar Nissan tampaknya gugur karena sepi peminat. Alih-alih sebagai mobil keluarga, mobil ini malah sering dipakai angkut barang. Interior yang luas mendukung fungsi mobil untuk keperluan niaga. Harga Evalia sekarang berkisar Rp100 jutaan.

4. Peugeot 107 

5 Mobil dengan Desain Keren tapi Kurang DiminatiPEUGEOT 107 (youtube.com/Kamil Motor)

Peougeot masuk ke industri Indonesia dengan menghadirkan Peugeot 106 yang dilanjutkan 107. Dari awal kemunculannya, mobil ini kurang dilirik oleh pembeli.

Mobil Eropa ini padahal dibandrol dengan harga yang cukup murah. Memang patut diakui keunggulan mobil Jepang lebih cepat mendapat respons positif.

Bentuk luar dari Peugeot tidak menampilkan keistimewaan. Bodinya minimalis ala citycar, tapi tetap saja mobil ini kurang laku.

5. Infiniti car

5 Mobil dengan Desain Keren tapi Kurang DiminatiInfiniti FX37S (youtube.com/LugNutz Auto Junkie)

Penjualan dari mobil ini tidak mencapai 100 unit. Mungkin banyak yang tidak tahu tentang mobil ini karena memang sangat sedikit bukan karena limited edition tapi karena gak laku. Di tahun 2015, Infiniti hanya terjual 8 unit saja kalah sama Lexus yang terjual 600 unit lebih setiap tahun.

Meski penjualannya kurang berhasil tapi mobil di atas masih bisa dibeli dan banyak tersedia di situs jual beli. Kebanyakan harga mobil sudah anjlok sehingga bisa mendapat harga lebih murah.

Kelemahan mobil yang dianggap gak laku ini karena harga jual kembali tidak stabil dan perawatannya akan lebih susah. Cari sparepart-nya juga perlu usaha lebih. Untuk kelebihan ada pada harga dan desain serta fitur yang ditawarkan. Menurut kalian, kenapa mobil di atas kurang laku?

Baca Juga: Daihatsu Rocky 1.0L Turbo Ternyata Lebih Laku! Ini Alasannya

Albert Hermawan Photo Verified Writer Albert Hermawan

"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dari masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian." -Pramoedya Ananta Toer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya