Comscore Tracker

5 Sedan Kualitas Premium Harga di Bawah LCGC, Gak Pelit Fitur

Dapat mobil sekeren ini, seriusan!

Membeli mobil erat kaitannya dengan kata budget. Bicara soal harga, tiap-tiap mobil punya harga yang variatif. Ada yang mahal ada yang murah tergantung kualitas mobil itu sendiri.

Tak perlu bersedih jika budget tidak berlebih, kami mengerti itu semua. Makanya, kami menghadirkan referensi mobil sedan dengan kualitas premium yang cocok buat budget biar kamu punya mobil yang keren-keren. Simak 5 mobil premium dengan budget minimum!

1. Subaru Legacy 2.0 2010  

5 Sedan Kualitas Premium Harga di Bawah LCGC, Gak Pelit FiturSubaru Legacy (youtube.com/Rayshanto2701)

Dari mereknya saja tercium bau-bau sport. Sudah pasti karena mobil ini ikut ajang rally. Tak jarang, Subaru menang di ajang rally tersebut. Mobil ini masuk Indonesia pada tahun 2010, tapi penjualannya kurang berhasil. Padahal secara keseluruhan mobil ini keren, sob.

Mobil ini pernah memenangkan safety award menunjukan fitur keselamatan yang sudah mumpuni. Awalnya, Subaru ingin menyaingi Civic tapi Civic terlalu dominan di Indonesia. Mobil ini sudah dilengkapi rem ABS dan EBD, tilt dan telescopic steering, electric mirror, cruise control, head unit double din, jok elektrik di kursi driver, sensor parkir, seven airbag. Soal fitur memang berlebih sekali dengan harga setara LCGC. Murah tapi gak murahan gitu, deh.

Kelebihan Subaru ada pada fiturnya yang lengkap, irit BBM, peredaman kabin yang bagus, akselerasi baik, bentuk sporty dan kekinian, handling nyaman, sistem keselamatan tak perlu diragukan.  

Kekurangannya, sparepart mahal, bengkel minim, mobilnya langka kayak kesetiaan. Tapi mobil ini cukup awet, kamu akan jarang ke bengkel jika pemakaian terawat. Harga satu unitnya sekitar Rp100 jutaan dan pajaknya yang cukup mahal Rp6 jutaan. Mobil ini cukup langka, ya, jadi agak susah buat cari komunitas mobilnya.

2. Hyundai Sonata 2012 

5 Sedan Kualitas Premium Harga di Bawah LCGC, Gak Pelit FiturHyundai Sonata (youtube.com/Carmudi Indonesia)

Mobi ini sering dipakai taksi, tapi bukan sembarang taksi. Mobil premium ini gak pelit fitur dan desaiannya yang niat. Ini adalah generasi keenam dan masuk ke Indonesia tahun 2012.

Kelebihan terletak pada desain yang sporty dan kenyamanan yang ditawarkan. Dilengkapi fitur rem ABS, smart key, electric mirror dengan electric retract, audio steering control, telescopic steering, start-stop engine, AC dualzone dan double blower.

Mesin mobil berkode THETA II G4KE 2359cc 4 silinder DOHC MPI. Tenaga maksimal 176HP dengan torsi maksimal  223Nm. Transmisi triptonic 6-speed, FWD.

Naik mobil ini serasa sultan sekali, fitur lengkap, handling stabil ditambah tenaga yang responsif makin mantap, kabin dan bagasi luas. Sayangnya, sparepart mobil langka dan dasbornya mudah pecah, tidak tersedia varian manual, sistem elektik sering bermasalah.

BBM 1 liternya bisa untuk 7-9 km dalam kota dan untuk luar kota 1 liter bisa mencapai 10-11 km. Harga sekitar Rp100 jutaan dengan pajak Rp4,5 juta hingga 5,5 jutaan.

Baca Juga: Mengapa Mobil Listrik Punya Torsi Lebih Besar dari Mobil Bensin?

3. Cruze LT 2011 

5 Sedan Kualitas Premium Harga di Bawah LCGC, Gak Pelit FiturChevrolet Cruze (youtube.com/B Channel)

Kali ini hadir dari mobil Amerika yaitu Chevrolet. Di luar negeri, mobil ini menjadi best seller. Di Indonesia penjualannya kurang laris. Dari sisi desain gak kalah macho sama yang lain. Chevrolet terkenal dengan mesin yang bandel dan kenyamanan berkendara.

Pabrik Chevrolet yang sudah pamit dari Indonesia membuat mobil-mobil produk Chevrolet kurang diminati. Bakal susah kalau butuh perbaikan, kecuali ada kenalan yang bekas teknisi Chevrolet.

Fitur lengkap dan gak pelit, ada telescopic steering, cruise control, dual SRS airbag, head unit double din, rem cakram depan belakang. Bermesin ECOTEC 1796cc  4 silinder 16 katup DOHC DCVCP. Tenaga maksimal 139HP dan Torsi 176Nm, transmisi matic triptonic 6-speed, FWD.

Kelebihan Chevrolet ini desainnya modern, handling stabil, nyaman dan fitur lengkap pastinya, kabin luas dan kedap. Kelemahannya brand image kurang bagus, bengkel terbatas, biaya perawatan mahal.

BBM 1 liternya mencapai 10-11 km dalam kota dan 14-16 km luar kota. Harga sekarang ini berkisar Rp85 jutaan dan pajak per tahun Rp3,5 jutaan.

4. Toyota Camry V 2.4 2006 

5 Sedan Kualitas Premium Harga di Bawah LCGC, Gak Pelit FiturToyota Camry (youtube.com/Atmajaya Motor)

Camry ini varian tertinggi untuk mesin 2.4 liter sama dengan versi yang pakai di Amerika. Mobil ini lebih laris di Amerika dibanding Chevrolet. Penjualannya cukup sukses di Indonesia. Berkat kepercayaan masyarakat terhadap brand Toyota, Camry ini laku keras di pasaran dan masih banyak diminati hingga sekarang. Desain yang erat dengan luxury dan tidak termakan zaman.

Sudah menggunakan projector headlamp untuk kedua lampu depan. Rem ABS+EBD+BA, electric mirror, telescopic steering, audio steering control, pengaturan audio di stir, dua SRS airbag, start-stop engine button, kursi depan elektrik.

Mobil mewah ini membawa mesin 2AZFE 2400cc 4 silinder DOHC VVTI. Tenaga maksimal yang dihasilkan 167HP. Torsi maksimal 220Nm. Transmisi triptonic 5-speed, FWD.

Kelebihan yang ditawarkan mulai dari interior yang berkelas, posisi duduk ergonomis, dengan bodi lumayan gede. Konsumsi BBM 1 liter bisa untuk 9-10 km dalam kota sedangkan 12-13 km pemakaian luar kota. Harga cukup terjangkau sekita Rp95 jutaan dan pajak Rp2,5 jutaan. Pajak yang murah jadi kelebihan.

 

Lima mobil di atas mampu meningkatkan gengsi bagi pemiliknya, mengingat brand mobil yang bukan asal-asalan. Brand yang sudah sangat terkenal, bro. Mobil mewah dengan harga murah masih mungkin untuk didapatkan tapi bekas ya, sob.

Baca Juga: Dibanderol Rp20 Jutaan, 5 Rekomendasi Mobil Bekas untuk Penyuka Retro 

Albert Hermawan Photo Verified Writer Albert Hermawan

"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dari masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian." -Pramoedya Ananta Toer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya