TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mobil Lama Gak Dipakai? Perhatikan 5 Bagian Ini

Bisa jadi sarang tikus loh

Unsplash/Kaspars Eglitis

Jakarta, IDN Times - Wabah virus corona membuat banyak dari kita terpaksa harus beraktivitas di rumah saja. Walhasil mobil pun nganggur di garasi berminggu-minggu bahkan mungkin berbulan-bulan.

Padahal mobil diciptakan untuk bergerak. Karena itu, meski gak digunakan, mobil tetap harus dirawat. Apalagi jika mobil diparkir cukup lama. Nah, kalau mobilmu telah menganggur cukup lama, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan .

Baca Juga: Rotasi Ban Mobil Wajib Dilakukan, Ini Keuntungannya 

1. Aki bisa soak

youtube.com

Persoalan yang paling sering terjadi pada kendaraan yang tidak pernah digunakan dalam waktu yang lama adalah aki soak.

Kalau sudah begini, mobil atau motor gak akan bisa dihidupkan. Jika beruntung kamu bisa membawa aki tersebut ke tukang strum untuk direcharge.

Tapi kalau sudah soak, kamu harus membeli baru. Harganya gak murah, loh. Aki motor biasanya dibanderol mulai dari Rp200 ribu. Sementara aki mobil mulai dari Rp800 ribuan.

Karena itu kamu harus rajin-rajin memanaskan mobil saat bekerja dari rumah. Setidaknya panaskan mobil atau motor sekali sehari selama beberapa menit.

2. Serangga dan binatang pengerat

gearpatrol.com

Mobil yang lama gak dipakai, apalagi tidak dipanaskan, berpotensi menjadi sarang tikus atau binatang lain.

Karena itu selain memanaskan mobil, cek juga bagian mesin dan bagasi serta kabin mobilmu. Pastikan tidak ada binatang di sana.

3. Muncul karat

IDN Times/Dwi Agustiar

Masalah lain yang kerap muncul pada mobil yang tidak digunakan adalah karat. Karat bisa terjadi karena mobil tersiram air hujan selama beberapa waktu dan tidak segera dikeringkan.

Karat yang didiamkan bisa membuat bagian tersebut menjadi keropos. Ini tentu saja membahayakan. Karena itu ada baiknya mobil yang tidak digunakan tetap dicuci, apalagi kalau mobil tersebut diparkir di tempat terbuka.

4. Ban kempes

IDN Times/Dwi Agustiar

Persoalan umum lainnya pada kendaraan yang lama tidak digunakan adalah ban kempes. Untuk mengatasinya mudah dan murah: cukup tambahkan angin pada ban tersebut.

Baca Juga: Tips Memilih Kamera Mundur, Parkir Mobil Jadi Lebih Gampang   

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya