Comscore Tracker

Demi Keamanan, 5 Hal Ini Perlu Kamu Lakukan Saat Berkendara Jarak Jauh

Ingat, keselamatan selalu nomor satu!

Punya rencana untuk melakukan perjalanan jarak jauh dengan berkendara? Banyak orang yang memilih berkendara sendiri daripada menaiki angkutan umum, apalagi dengan jarak tempuh yang sangat jauh.

Tentu mereka punya alasan tersendiri, beberapa orang menganggap bahwa itu lebih hemat dan jauh lebih bebas daripada menaiki transportasi umum. Meskipun begitu, keselamatan harus menjadi prioritas utama.

Berikut ini ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan saat berkendara jarak jauh, tentu saja demi keamanan bersama.

1. Istirahat sejenak ketika merasa lelah dan ngantuk

Demi Keamanan, 5 Hal Ini Perlu Kamu Lakukan Saat Berkendara Jarak JauhPexels.com/Roberto Nickson

Kita semua tahu bahwa berkendara sendiri membuat kita lebih cepat lelah dan juga mengantuk, tentu saja karena kita harus mengendarai kendaraan dengan jarak tempuh yang sangat jauh.

Makanya jika sudah merasa lelah ataupun ngantuk, jangan dipaksakan untuk melanjutkan perjalanan. Istirahat sebentar di tempat yang aman seperti area peristirahatan untuk menopang istirahat kamu seperti tersedianya makanan, toilet, hingga fasilitas lainnya.

2. Berhenti sejenak untuk mendinginkan mesin kendaraan dan hal penting lainnya

Demi Keamanan, 5 Hal Ini Perlu Kamu Lakukan Saat Berkendara Jarak JauhPexels.com/Nishant Aneja

Berkendara jauh memang memiliki resiko yang cukup besar, salah satunya adalah terjadinya masalah pada kendaraan yang kita bawa. Namun hal ini bisa kita minimalisir dengan berhenti sejenak untuk mendinginkan mesin dan hal penting lainnya.

Terlalu lama mengendarai kendaraan bisa membuat mesin over heat atau panas yang berlebih, tentu itu akan sangat berbahaya dan bisa membuat kendaraan kamu mogok atau tidak mau hidup.

Baca Juga: 5 Tips Aman Berkendara Sepeda Motor Ketika Musim Penghujan

3. Memperhatikan baik-baik rambu lalu lintas yang ada

Demi Keamanan, 5 Hal Ini Perlu Kamu Lakukan Saat Berkendara Jarak JauhPexels.com/Skitterphoto

Ketika berkendara jarak jauh, ada kemungkinan kamu tidak mengetahui medan yang sedang dilalui. Makanya perhatikan baik-baik rambu lalu lintas yang ada di jalanan, itu akan sangat membantu kamu dalam memahami medan jalan.

Dalam hal ini, fokus kamu akan benar-benar di uji, apalagi jika kondisi cuaca yang tidak mendukung seperti turunnya kabut tebal. Untuk mengurangi risiko hal yang tidak diinginkan, sebaiknya melaju dengan sangat pelan untuk memastikan kondisi jalan benar-benar bisa kamu lewati.

4. Bisa atau tidaknya kamu berkendara di malam hari

Demi Keamanan, 5 Hal Ini Perlu Kamu Lakukan Saat Berkendara Jarak JauhPexels.com/Sourav Mishra

Bagi sebagian orang, berkendara di malam hari bisa-bisa saja karena kendaraan kita sudah dilengkapi dengan lampu penerangan. Namun bagi sebagian lagi, berkendara di malam hari memiliki risiko yang sangat besar karena pencahayaannya yang terbatas.

Tentu ini sesuai dengan selera masing-masing, yang terpenting kamu mampu atau tidaknya melakukan perjalanan di malam hari. Jika merasa tidak bisa, lanjutkan perjalanan besok pagi demi keselamatan bersama.

5. Setidaknya membawa peralatan darurat untuk kendaraan kamu

Demi Keamanan, 5 Hal Ini Perlu Kamu Lakukan Saat Berkendara Jarak JauhPexels.com/Pixabay

Ketika kita berkendara dengan jarak tempuh yang sangat jauh, tentu risiko kendaraan terkena masalah jauh lebih besar. Makanya kamu harus membawa setidaknya peralatan darurat untuk mengantisipasi masalah ini.

Tentu kita tidak akan tahu kapan dan di mana kendaraan kita akan terkena masalah, peralatan darurat akan sangat membantu jika kendaraan kamu terkena masalah di area hutan atau tempat terpencil.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu lakukan saat berkendara jarak jauh. Ingat, keselamatan selalu menjadi yang utama!

Baca Juga: 6 Tips Persiapan untuk Berkendara Jarak Jauh dengan Motor

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Blogger Brebes Selatan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya