Comscore Tracker

Seputar M5 CS 2022, Mobil Terbuas Sepanjang Sejarah BMW M! 

Versi terbuas dari yang sudah buas!

Kuartal keempat 2020, BMW resmi meluncurkan M5, model performa tinggi dari lini sedan premium BMW 5 Series. Beberapa bulan kemudian, BMW kembali menghadirkan M5 Competition dengan berbagai peningkatan performa serta fitur yang menambah keasyikan berkendara.

Seakan masih belum puas, Januari lalu BMW meluncurkan model terbaru dari seri M5 yaitu, M5 CS atau Competition Sport. BMW sendiri mengatakan bahwa mobil ini adalah mobil terbuas yang pernah mereka buat untuk model M. Lalu peningkatan apa saja yang dibawa oleh mobil terbuas sepanjang sejarah BMW M ini? Lihat selengkapnya di bawah ini!

1. BMW M5 Competition Sport ditenagai oleh mesin V8 4,4 liter twin-turbo 

Seputar M5 CS 2022, Mobil Terbuas Sepanjang Sejarah BMW M! press.bmwgroup.com

M5 CS menggunakan mesin yang sama dengan model M5 lainnya yaitu, V8 4,4 liter twin-turbo dengan penggerak empat roda yang dapat dikustomisasi. Meski begitu BMW tetap melakukan peningkatan dan penyesuaian agar mesin lebih efektif.

Konfigurasi ini menghasilkan mesin bertenaga 627 Hp dan torsi 553 Nm. BMW M5 CS mampu berakselerasi dari nol hingga 100 km/h hanya dalam 2,9 detik. Angka ini lebih cepat dari M5 Competition yang ada di angka 3,1 detik dan lebih cepat dari rival senegaranya, Mercedes Benz E63 AMG yang mencatat 3,0 detik dari nol sampai 100 km/h.

Untuk konsumsi bahan bakarnya, M5 CS cukup hemat untuk mobil berperforma kencang. Berdasarkan klaim BMW dengan pengetesan di jalanan Amerika Serikat, mobil ini mampu mencapai angka 9 km/l.

Pada sektor pengereman, BMW masih menggunakan kaliper enam piston pada bagian depan dan piston tunggal pada bagian belakang dengan cakram rem keramik dan karbon. Sistem pengereman ini mampu menjaga stabilitas termal lebih baik dari model M5 Competition.

2. Knalpot sport elektrik yang menggugah adrenalin

Seputar M5 CS 2022, Mobil Terbuas Sepanjang Sejarah BMW M! bmwgroup.com

Sistem pembuangan pada BMW M5 CS menggunakan sistem knalpot elektrik yang memiliki dua cabang dan dikendalikan dengan flap.

Knalpot M5 CS menggunakan quad stainless steel yang memiliki kekuatan dua kali lebih baik dari baja tahan karat biasa. Penggunaan bahan ini juga membantu penyempurnaan suara yang dihasilkan mesin V8 di M5 CS. Karakter suara knalpot tentunya menyesuaikan dengan mode berkendara yang dipilih seperti, EFFICIENT, SPORT, atau SPORT+.

Tersedia juga tombol M Sound yang dapat mengatur seberapa keras atau lembut suara knalpot, sehingga suara mobil dapat disesuaikan dengan kondisi tertentu.

3. Material carbon fiber reinforced plastic untuk beban yang lebih ringan 

Seputar M5 CS 2022, Mobil Terbuas Sepanjang Sejarah BMW M! bmwblog.com

Berat keseluruhan M5 CS lebih ringan 100 kg dari M5 Competition. Meski lebih ringan, mobil ini masih memiliki bobot yang berat dengan bobot keseluruhan mencapai 1,8 ton.

Berkurangnya bobot mobil ini dikarenakan penggunaan carbon fiber reinforced plastic pada bodi serta desain baru pada atap serta kap mesin. Kemudian terdapat splitter depan, diffuser belakang, spoiler, cover spion, dan penutup mesin yang semuanya terbuat dari serat karbon.

Untuk menangani terjadinya power bump dan berkurangnya bobot yang signifikan pada mobil, BMW melakukan penyetelan ulang pada suspensi dan peredaman. Sehingga M5 CS lebih fun to drive dibanding seri regulernya yang juga sudah menyenangkan.

Baca Juga: Beli BMW 320 Sport Shadow Bisa Dapat All New BMW 320i!

4. Eksterior unik dengan aksen emas yang menarik 

Seputar M5 CS 2022, Mobil Terbuas Sepanjang Sejarah BMW M! carbuzz.com

BMW M5 CS tersedia dengan warna standar Brands Hatch Grey Metallic dan juga tersedia dua warna opsional Individual BMW yaitu, Frozen Brands Hatch Grey Metallic dan Frozen Deep Green Metallic yang menjadi hero color untuk model M5 CS.

Terdapat lapisan Gold Bronze khusus yang memberikan kesan mewah namun tidak berlebihan. Finishing dengan warna emas kecokelatan ini ditemui di sekeliling kidney grill BMW, logo BMW, hingga velg berdiameter 20 inci yang sudah menjadi standar M5 CS

5. Desain lampu baru dengan sorot tajam yang berbeda dari model BMW M5 sebelumnya 

Seputar M5 CS 2022, Mobil Terbuas Sepanjang Sejarah BMW M! bmw-m.com

Mobel BMW kekinian menggunakan lampu adaptif LED yang dapat bergerak sesuai arah setir dengan bentuk heksagonal yang terinspirasi dari desain lampu pada BMW generasi awal.

Berbeda dengan model lainnya, BMW menghadirkan M5 CS dengan lampu berwarna kuning yang menyala membentuk tarikan garis menyerupai huruf 'L'. Tak hanya unik dan menarik, lampu ini terlihat keren dengan menampilkan kesan retro di mobil yang hadir di 2021.

6. Interior impresif murni mobil balap dengan konfigurasi 4 penumpang 

Seputar M5 CS 2022, Mobil Terbuas Sepanjang Sejarah BMW M! press.bmwgroup.com

Jika disandingkan, perbedaan paling kentara antara M5 CS dengan model pada BMW 5 Series lainnya terletak pada desain interiornya. Pada seri M5 standar menggunakan konfigurasi jok untuk lima penumpang, mirip dengan BMW 5 Series standar. Namun pada M5 CS, BMW menggunakan konfigurasi empat penumpang saja.

Setiap joknya berbentuk bucket  seat yang memeluk pengemudi atau penumpang. Dibuat dengan material karbon dan dibalut dengan kulit Black Marino dan tambahan aksen Red Mugello serta stiching merah yang kontras membuat interior M5 CS sangat menggugah. Jok ini dapat diatur secara elektrik hingga bagian support samping. Pada bagian sandaran kepala terdapat peta Nurburgring's Nordschleife, yang merupakan sirkuit penting dalam pengembangan BMW M5 CS.

Pada bagian kemudi, BMW menggunakan bahan kulit Alcantara dengan paddle shift dari serat karbon yang sangat berciri BMW M.

Pada bagian interior lain seperti pada dashboard, konsol tengah, hingga bagian dalam pintu. BMW menggunakan bahan dengan tingkat durabilitas tinggi, yang tidak perlu dipertanyakan lagi kualitasnya. Simbol BMW M5 CS dan aksen line strip BMW M ditemukan di banyak sudut yang bisa membuat bangga siapa pun yang mengendarainya.

BMW tidak henti-hentinya mengejutkan para pecinta kecepatan dengan model BMW M-nya. Terlebih BMW M5 CS yang merupakan model terbuas yang pernah dibuat BMW untuk model M.

Mobil ini resmi dijual di pasar mobil Amerika Serikat pada kuartal kedua 2021 dengan harga 143.000 dolar AS. Jika dikonversikan dengan skema pajak Indonesia, BMW M5 CS diperkirakan akan dijual dengan harga Rp5,7 miliar.

Semakin tidak sabar menunggu mobil terbuas dari BMW ini masuk ke pasar otomotif Indonesia.

Baca Juga: BMW Motorrad Luncurkan R 18 Classic, Motor Turing Sarat Nostalgia

Aryo Phramudhito Photo Verified Writer Aryo Phramudhito

Yohoo, let's be friends @_yophrm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya