Comscore Tracker

4 Protokol Euro NCAP, Pengujian Tabrak Mobil yang Wajib Kamu Tahu! 

Euro NCAP untuk mobil yang lebih aman

Untuk pencinta otomotif khususnya kendaraan roda empat, pasti sudah familier dengan Euro NCAP (European New Car Assestment Program). Lembaga pengujian keselamatan dan keamanan setiap mobil baru diluncurkan. Euro NCAP dibentuk pada tahun 1996 di Belgia dan melakukan pengujian pertama pada 1997. 

Melalui pengujian ini, Euro NCAP akan memberikan nilai berupa bintang untuk setiap mobil yang lulus pengujian. Semakin besar jumlah bintang tentunya mobil tersebut memiliki tingkat keselamatan dan keamanan lebih baik. Lalu apa saja pengujian yang diberikan pada setiap mobil baru? Berikut ini selengkapnya, empat protokol Euro NCAP yang wajib kamu tahu!

1. Adult Occupant Protection

4 Protokol Euro NCAP, Pengujian Tabrak Mobil yang Wajib Kamu Tahu! wired.com

Adult Occupant Protection merupakan pengujian yang fokus pada dampak akibat kecelakaan pada orang dewasa. Pengujian ini meliputi uji benturan frontal, dampak lateral, dan whisplash atau cedera leher. Nilai yang diberikan setelah pengujian, mengidentifikasikan kemampuan mobil dalam melindungi pengemudi dan penumpang dewasa.

Beberapa bagian penting mobil yang berperan dalam pengujian ini ialah cangkang atau konstruksi utama pada kabin mobil, jok dan seat belt, serta keaktifan airbags.

2. Child Occupant Protection 

4 Protokol Euro NCAP, Pengujian Tabrak Mobil yang Wajib Kamu Tahu! euroncap.com

Sedikit berbeda dengan protokol sebelumnya, Child Occupant Protection memiliki tiga aspek penting yang harus dipenuhi. Yang pertama adalah perlindungan keselamatan dari jok penumpang standar untuk uji benturan frontal dan lateral. Kedua adalah kemampuan mobil untuk mengakomodasi jok khusus anak atau car seat, tentunya dengan berbagai macam ukuran dan desain.

Aspek penting terakhir adalah ketentuan dalam pengangkutan anak-anak di dalam mobil. Standar ini di Eropa dikenal dengan sebutan i-Size, salah satu syaratnya setiap mobil harus memfasilitasi jangkar ISOFIX pada jok yang aktif dalam posisi apapun.

Baca Juga: 10 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Belajar Mengemudi Mobil, Lancar!

3. Vulnerable Road Users 

4 Protokol Euro NCAP, Pengujian Tabrak Mobil yang Wajib Kamu Tahu! messring.de

Euro NCAP tidak hanya menilai keselamatan penumpang mobil saja, tetapi juga orang lain yang ada di sekitar mobil yang memiliki tendensi menjadi korban kecelakaan. Seperti pejalan kaki, pengendara sepeda, dan sebagainya.

Pengujian ini menilai risiko cedera pada kepala, panggul, dan kaki pejalan kaki atau orang yang berisiko menjadi korban.

Mobil dengan sistem AEB (Autonomous Emergency Braking) yang baik dan mampu mengenali manusia di luar penumpang, akan memiliki nilai lebih baik dalam pengujian ini.

4. Safety Assist 

4 Protokol Euro NCAP, Pengujian Tabrak Mobil yang Wajib Kamu Tahu! autoevolution.com

Semakin maju dunia teknologi, semakin banyak pula fitur-fitur bantuan keselamatan canggih yang disematkan pada sebuah mobil.

Melalui pengujian Safety Assist, Euro NCAP menilai keaktifan fitur-fitur tersebut dalam membantu pengemudi dan penumpang untuk menghindari atau mengurangi dampak dari kecelakaan. Pengujian ini dilakukan dengan skenario berkendara normal dan kecelakaan nyata.

5. Protokol Euro NCAP diperbarui setiap 2 tahun sekali

4 Protokol Euro NCAP, Pengujian Tabrak Mobil yang Wajib Kamu Tahu! driving.co.uk

Pada 2020 lalu, Euro NCAP melakukan pembaruan pengujian dengan menambahkan beberapa tes baru yang lebih ketat. Seperti simulasi tabrakan langsung dengan pengemudi mobil lain, tes ini bertujuan untuk menilai perlindungan yang diberikan mobil terhadap kedua pengemudi.

Selain itu peningkatan Adult Occupant Protection dan Child Occupant Protection juga dilakukan melalui pengujian kemungkinan benturan di antara penumpang dan pengemudi yang berisiko menyebabkan cedera.

Euro NCAP akan melakukan pembaruan protokol pengujian di setiap dua tahun sekali. Sehingga beberapa protokol ini masih berlaku hingga 2022, sebelum digantikan dengan pembaruan lainnya pada tahun 2023 nanti.

Itulah empat protokol pengujian Euro NCAP yang diberikan pada setiap mobil baru. Setiap mobil yang lulus pengujian dengan nilai terbaik akan mendapatkan label lima bintang dari Euro NCAP. Oleh karena itu, adanya pengujian ini akan memudahkan kamu untuk mengidentifikasi risiko dari setiap mobil yang mungkin akan kamu kendarai.

Ingat keselamatan tetap yang nomor satu!

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Belajar Mengemudi Secara Otodidak

Aryo Phramudhito Photo Verified Writer Aryo Phramudhito

Yohoo, let's be friends @_yophrm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya