Comscore Tracker

Hasilkan Produk-Produk Keren, Ini 5 Departemen Penting di Pabrik BMW

Proses panjang dibalik sebuah kendaraan premium

Bukan hal baru jika pabrikan mobil asal Jerman selalu berhasil menciptakan mobil-mobil yang berkualitas dengan teknologi yang canggih. Sayangnya tidak semua dari mereka berani terang-terangan membagikan 'rahasia' yang ada di fasilitas produksi dan perakitannya.

Namun beruntung bagi para pecinta mobil BMW. Melalui laman resmi mereka, BMW secara terbuka menjelaskan beberapa departemen yang bekerja untuk menjaga kualitas mobil-mobil yang punya slogan 'Designed For Driving Pleasure' ini. Simak, berikut ini lima departemen penting di pabrik BMW.

1. Press Shop 

Hasilkan Produk-Produk Keren, Ini 5 Departemen Penting di Pabrik BMWTeknisi ahli sedang mencetak bodi-bodi untuk mobil BMW (press.bmwgroup.com)

Menempati urutan pertama, 'bengkel' pencetakan canggih milik BMW ini dapat memproduksi hingga 32.000 bodi mobil tiap harinya. Departemen ini dihuni oleh robot-robot canggih dan juga 400 teknisi spesialis yang bekerja dengan sangat efektif dan efisien. Tercatat sebanyak 99% bahan yang digunakan oleh BMW dapat didaur ulang dan tidak menjadi limbah.

BMW juga mengklaim, departemen ini dapat membuat kembali kerangka Menara Eiffel yang ada Perancis hanya dalam waktu satu minggu. Luar biasa bukan?

2. Body Shop 

Hasilkan Produk-Produk Keren, Ini 5 Departemen Penting di Pabrik BMWBodi mobil yang telah melewati tahan pengelasan siap dikirimkan ke departemen selanjutnya (press.bmwgroup.com)

Body Shop merupakan departemen yang bertugas untuk menghubungkan bagian-bagian bodi yang sudah dicetak dan siap untuk tahap pengecatan. Semua prosedur di dalam departemen ini diproduksi secara otomatis oleh 800 robot industri dengan tingkat presisi yang tinggi.

Maka bukan tidak mungkin jika departemen ini dapat menghubungkan bagian-bagian bodi untuk 900 mobil tiap harinya.

3. Paint Shop 

Hasilkan Produk-Produk Keren, Ini 5 Departemen Penting di Pabrik BMWTahap pengecatan dilakukan oleh robot-robot canggih (bimmerarchive.org)

Sebelum memasuki tahap perakitan, setiap bagian bodi mobil BMW masuk ke dalam Paint Shop. Ini merupakan departemen khusus pengecatan yang menciptakan warna-warna berkelas dan berkualitas di setiap mobil BMW.

Bukan departemen biasa, disini penerapan proses ramah lingkunan, keberlanjutan, dan efisiensi sumber daya sangat diperhatikan oleh BMW.

Baca Juga: Duel Sedan Premium Jepang, Pilih Toyota Camry atau Honda Accord?

4. Assembly 

Hasilkan Produk-Produk Keren, Ini 5 Departemen Penting di Pabrik BMWPerakitan beberapa modul menjadi satu bodi mobil yang utuh (bmwgroup-werke.com)

Setelah semua tahap di tiap departemen terlewati, sudah waktunya bodi-bodi ini dirakit menjadi satu bodi yang utuh. Salah satu dari 15 fasilitas perakitan BMW yang tersebar di seluruh dunia dapat merakit hingga 1.000 mobil tiap harinya. Untuk produksi yang lebih efisien, bagian-bagian mobil ini sudah dibuat dalam bentuk modul, seperti kokpit, bagian depan, kursi, pintu, dan drivetrain sesuai masing-masing model.

Menariknya, karena BMW menawarkan 20.000 pilihan fitur individual, maka mobil-mobil ini tidak hanya dikerjakan oleh robot yang canggih, tetapi juga tangan-tangan para ahli dengan kualifikasi tinggi.

5. Seat Production 

Hasilkan Produk-Produk Keren, Ini 5 Departemen Penting di Pabrik BMWKursi BMW hanya dikerjakan oleh para teknisi ahli di Munich, Jerman (press.bmwgroup.com)

Departemen berikutnya yang menjadi salah satu kunci 'driver oriented' BMW ialah Seat Production. BMW memutuskan untuk setiap kursi di mobilnya hanya diproduksi di pabrik pusat yang ada di Munich, Jerman

Terdapat ratusan jenis kursi dari yang memberi kenyamanan hingga kesan paling impresif. Khususnya untuk mobil-mobil ber-DNA sport, biasanya kursi akan didesain secara khusus dari sisi safety-nya.

6. Engine Production

Hasilkan Produk-Produk Keren, Ini 5 Departemen Penting di Pabrik BMWSetiap mesin mobil hanya dirakit oleh teknisi ahli di pabrik pusat BMW (bmwblog.com)

Untuk mempertahankan karakter mesin, BMW hanya memperbolehkan perakitan dilakukan di pabrik pusat yang berada di Jerman. Sebelum didistribusikan secara global, setiap mesin ini juga harus melalui tahap pengujian khusus sesuai standarisasi BMW. Bagi negara terpilih seperti Indonesia, perakitan akhir dapat dilakukan dalam negeri dengan sistem complete knock-down (CKD).

Meski prosedur pada departemen khusus mesin tidak dipublikasikan oleh BMW. Mengetahui bahwa setiap mobilnya dibuat oleh tangan-tangan ahli, robot-robot canggih, dan nilai-nilai lain yang dipegang BMW sudah cukup meyakinkan tingkat kualitasnya bukan?

Aryo Phramudhito Photo Verified Writer Aryo Phramudhito

Yohoo, let's be friends @_yophrm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya