Comscore Tracker

Kandang Supercar, 5 Merek Mobil Asal Italia yang Mendunia

Dari supercar sampai city car!

Selain Jerman, Prancis, dan Inggris, Italia juga menjadi kiblat kemajuan industri otomotif dunia. Jarang diketahui jika ternyata industri otomotif Italia ini, menyumbang hampir 10% PDB untuk negaranya.

Menjadi produsen terkemuka di dunia, mungkin mobil Italia tidak seterjangkau mobil buatan Prancis dan kecanggihan rekayasa teknologi Jerman atau mungkin nuansa historical dari Inggris. Namun mobil Italia berhasil menjadi bukti dari sebuah keindahan dan ketangguhan sebuah mobil.

Mobil Italia membuktikan dengan mendapatkan gelar European Car of the Year dan World Car of the Year terbanyak dibandingkan mobil dari Eropa lainnya. Jadi kandangnya supercar, berikut ini merupakan lima merek mobil asal Italia yang mendunia!

1. Ferrari S.p.A. 

Kandang Supercar, 5 Merek Mobil Asal Italia yang MenduniaFerrari (topgear.com)

Didirikan oleh Enzo Ferrari pada tahun 1939, Ferrari menjadi salah satu ikon dari jajaran produsen supercar dunia. Berawal dari divisi khusus balap di bawah merek Alfa Romeo. Hingga pada tahun 1947 lahirlah Ferrari 125 S yang merupakan mobil pertama yang diproduksi atas nama Ferrari.

Berpusat di Maranello, Italia, Ferrari terkenal karena eksistensinya di ajang balap mobil Formula Satu. Ferrari menjadi tim tertua dan tersukses sepanjang sejarah ajang balap ini.

Tidak hanya di lintasan balap, Ferarri juga menghadirkan kecepatan mobil buatannya melalui beberapa model mobil terbaru seperti Ferrari 812, SF90, F8, Portofino, hingga Roma terbaru yang dipasarkan ke seluruh dunia.

Pada 2021, Ferrari masuk ke dalam sepuluh perusahaan otomotif terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar, dengan 52,21 miliar dolar AS.

2. Automobili Lamborghini S.p.A. 

Kandang Supercar, 5 Merek Mobil Asal Italia yang MenduniaLamborghini (motortrend.com)

Meski dimiliki oleh Volkswagen Group yang notabene berpusat di Jerman, Lamborghini murni berasal dari Italia, tepatnya di Sant'Agata Bolognese. Berdiri pada tahun 1963, sang pendiri Ferruccio Lamborghini berharap mobil buatannya akan bersaing dengan pabrikan supercar lain seperti Ferrari.

Hanya dalam waktu sepuluh tahun, Lamborghini berhasil bersaing dengan pabrikan mobil Eropa lainnya. Berbeda dengan kebanyakan pabrikan yang meletakkan mesin pada bagian depan, konfigurasi mesin Lamborghini ada di bagian tengah ke belakang dengan penggerak roda belakang.

Sempat dimiliki V'Power Corporation, perusahaan asal Indonesia pada 1987. Saat ini Lamborghini ada di bawah manajemen Audi yang dimiliki oleh Volkswagen Group.

Model terbaru yang diproduksi dan dipasarkan oleh Lamborghini saat ini di antaranya, Aventador, Huracan, dan Urus yang masuk daftar SUV terkencang di dunia.

Baca Juga: Pertama di Asia, Pria Ini Beli Lamborghini Pakai Bitcoin

3. Maserati S.p.A. 

Kandang Supercar, 5 Merek Mobil Asal Italia yang MenduniaMaserati (forbes.com)

Maserati mungkin menjadi salah satu mobil Italia yang paling sering dijumpai di Indonesia. Mulai dari sedan mewahnya seperti, Quattroporte, Ghibli, hingga SUV baru mereka yaitu, Levante.

Masuk daftar mobil Italia tertua, Maserati berdiri pada tahun 1914 di Bologna, italia. Berawal dari lima bersaudara Alfieri, Bindo, Carlo, Ettore, dan Ernesto yang membuat mobil untuk Diatto pada ajang Grand Prix. Ketika Diatto menghentikan kerja sama, disitulah asal mula Maserati.

Menjual lebih dari 3.000 unit dalam satu bulan merupakan pencapaian yang luar biasa untuk sebuah pabrikan Eropa, khususnya Italia. Namun menariknya untuk semua modelnya Maserati hanya membatasi 75.000 unit mobil saja yang diproduksi dan dipasarkan ke seluruh dunia, sebelum akhirnya digantikan oleh generasi terbaru.

4. FIAT Automobiles S.p.A. 

Kandang Supercar, 5 Merek Mobil Asal Italia yang Menduniaheycar.co.uk

Menjadi pabrikan tertua di Italia yang masih berdiri hingga saat ini, FIAT menjadi merek yang mendominasi industri otomotif di Italia. Berdiri pada akhir abad ke-19, FIAT membuat mobil pertamanya Fiat 4 HP pada 1899.

Meski jarang ditemui di jalanan Indonesia, Fiat memiliki beragam model mobil yang dipasarkan di seluruh dunia. Mulai dari FIAT 500, Panda, Tipo, 124 Spider, Qubo, Doblo, dan mobil konsep Centoventi. Nama-nama yang unik bukan?

FIAT juga menjadi merek Italia yang sangat dibanggakan, hal ini dikarenakan FIAT mendapatkan banyak penghargaan seperti "European Car of the Year" sebanyak sembilan kali dan diakui sebagai mobil dengan level karbon monoksida terendah di Eropa.

5. Alfa Romeo Automobiles S.p.A. 

Kandang Supercar, 5 Merek Mobil Asal Italia yang Menduniaalfaromeo.com

Berada di satu perusahaan induk dengan Maserati dan Fiat, Stellantis N.V. membuat Alfa Romeo juga menjadi salah satu mobil Italia yang mendunia.

Berdiri pada tahun 1910 dan aktif dalam ajang lomba balap Grand Prix setahun setelahnya, membawa Alfa Romeo menjadi salah satu mobil paling eksis di ajang perlombaan dunia seperti, Formula Satu, Sports Car Racing, Touring, hingga Rally. Dan masih ingat bukan, jika Ferrari berawal dari divisi balap Alfa Romeo? Jadi jelas jika merek ini tidak perlu diragukan lagi.

Memiliki beragam model mobil seperti, Giulia, Stelvio, 4C Spider dan masih banyak lagi membuktikan bagaimana Alfa Romeo mampu bertahan dan melahirkan banyak mobil baru yang berkualitas.

Italia bukan hanya negara yang indah karena sejarah dan arsitekturnya. Namun kemajuan perkembangan industri otomotif dunia ternyata juga menjadikan Italia sebagai kiblat di industri ini. Jadi sudah tahu 'kan, ternyata banyak mobil dari Italia yang mendunia!

Baca Juga: Alfa Romeo Giulia, Mobil "Cinta" Bertenaga Kuda

Aryo Phramudhito Photo Verified Writer Aryo Phramudhito

Yohoo, let's be friends @_yophrm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya