Comscore Tracker

Sering Salah, Ini 5 Model Mobil MINI di Indonesia

Dari yang termini sampai terbesar!

Diproduksi dari tahun 1959, siapa yang tidak mengenal MINI, mobil kuning kecil yang kerap muncul di setiap adegan lucu Rowan Atkinson Mr. Bean. MINI awalnya diproduksi oleh Austin & Morris sebelum berdiri sebagai merek tersendiri dan diakusisi oleh BMW Group.

Sejak model pertama diluncurkan, MINI memiliki berbagai produk dipasaran otomotif mulai dari hatchback, estate, hingga SUV. Pada setiap modelnya, MINI memghadirkan 3 varian pilihan yaitu Cooper, Cooper S, dan John Cooper Works.

Namun karena tampang ikoniknya, kerap kali tiap model MINI dianggap tidak ada bedanya ketika sedang mengaspal di jalanan perkotaan. Agar tak lagi salah, berikut ini lima model mobil MINI yang dipasarkan di Indonesia!

1. MINI 3 Door 

Sering Salah, Ini 5 Model Mobil MINI di Indonesiamini.co.id

MINI 3 Door, model MINI paling legendaris yang dicintai penggemar otomotif dunia. MINI hatchback ini hadir dengan atap keras 2 pintu yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2001, ketika model MINI hatchback hanya tersedia di MINI 3 Door.

Dengan dimensi yang compact, MINI 3 Door mampu mengakomodasi 4 penumpang dewasa dengan kapasitas bagasi hingga 731 liter jika bangku belakang ditidurkan.

Dipasarkan mulai dari Rp 765 juta, MINI 3 Door menjadi pilihan konsumen berjiwa muda yang ingin tampil anti-mainstream dan eksentrik.

2. MINI 5 Door 

Sering Salah, Ini 5 Model Mobil MINI di Indonesiamini.co.uk

MINI 5 Door menjadi jawaban atas keterbatasan ruang akomodasi pada sebuah MINI. Hadir dengan konfigurasi 5 penumpang dewasa dan kapasitas bagasi hingga 941 liter, memungkinkan pemilik untuk membawa lebih banyak penumpang dan barang dari apa yang ditawarkan MINI 3 Door standar.

Dipasarkan dengan harga mulai dari Rp795 juta, MINI 5 Door menawarkan akomodasi besar dalam sebuah MINI yang compact, tanpa merusak desain mobil ini yang ikonik.

Baca Juga: Mobil MINI Pemikat Hati, Tetap Eksis Meski Telah Berusia 60 Tahun!

3. MINI 'Convertible' Cabrio 

Sering Salah, Ini 5 Model Mobil MINI di Indonesiamini.co.id

Pertama kali diperkenalkan pada tahun 2005, MINI Cabrio merupakan model hatchback 3 Door dengan atap terbuka. Fitur atap konvertibel pada sebuah mobil dengan ukuran yang compact belum umum pada masa itu. Sehingga MINI Cabrio menjadi pilihan terbaik untuk kendaraan harian dengan atap terbuka, jika dibandingkan dengan banyak pilihan mobil sport roadster yang memiliki ukuran lebih besar dan harga yang lebih mahal.

Di Indonesia MINI Cabrio terbari dipasarkan dengan harga mulai dari Rp1,06 milyar, harga yang cukup tinggi untuk sebuah MINI.

4. MINI Clubman 

Sering Salah, Ini 5 Model Mobil MINI di Indonesiamini.co.uk

MINI yang ikonik masih memiliki model yang lebih eksentrik, diperkenalkan pada 2008, MINI Clubman merupakan mobil estate compact dari MINI. Meski secara garis desain, profil depan, dan samping Clubman hampir serupa dengan model 5 Door, Clubman memiliki ukuran lebih panjang 240 mm dan kapasitas bagasi hingga 1250 liter.

Tidak hanya bentuk estate yang eksotis, MINI Clubman memiliki bentuk pintu belakang unik dengan 2 bukaan yang berbeda dari kebanyakan model mobil yang ada di pasaran. MINI Clubman dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 869 juta.

5. MINI Countryman 

Sering Salah, Ini 5 Model Mobil MINI di Indonesiacarsguide.com

MINI Countryman merupakan SUV atau dalam definisi BMW adalah SAV atau Sport Activity Vehicle. Diperkenalkan pertama kali pada 2010, MINI Countryman menghadapi penolakan pada awal peluncurannya karena dianggap menyalahi banyak tradisi MINI.

Hadir dengan dimensi lebih besar yang menawarkan akomodasi lebih baik dan juga sistem pengerak 4 roda untuk menerjang bermacam rupa jalanan, Countryman menjadi model MINI termahal yang dipasarkan.

Namun di Indonesia, Countryman menjadi MINI termurah dengan harga mulai dari Rp 735 juta karena pengurangan pajak berkat dirakit secara CKD di pabrik BMW di Indonesia.

Selain lima model ini yang dipasarkan di Indonesia, MINI memiliki beberapa model lain yang tidak lagi masuk pasar otomotif Indonesia, seperti MINI 'Coupe' Roadster dan MINI Paceman. Dengan kesan anti-mainstream dan tampang ikoniknya, MINI selalu bisa menjadi pusat perhatian di jalanan kota.

Baca Juga: Jadi Buruan Kolektor, Mobil MINI Ini Hanya Dijual 60 Unit

Aryo Phramudhito Photo Verified Writer Aryo Phramudhito

Yohoo, let's be friends @_yophrm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya