Comscore Tracker

Antimainstream, Ini 5 Pilihan SUV Coupé dari Jerman

Desainnya yanggak biasa siap jadi pusat perhatian!

SUV tangguh yang siap diajak ke segala medan memang menjadi pilihan tepat bagi sebagian orang. Kapasitas ruang yang lega, membuat SUV mampu mengakomodasi orang maupun barang lebih baik.

Namun bentuk SUV konvensional ternyata masih belum cukup menggugah, banyak pabrikan mobil khususnya Jerman yang akhirnya mengeksplorasi kembali lini produknya untuk membuat model baru dari sebuah SUV.

Salah satunya ialah SUV Coupé, tetap dengan bodi lebar dan kekar, namun dibuat dengan atap melandai sehingga terkesan lebih sporty dan dinamis. Tak jarang model Coupé dari SUV hadir dengan performa yang lebih buas dari versi standarnya.

Lalu apa saja mobil yang bertarung di segmen ini? Berikut lima pilihan SUV Coupé anti-mainstream dari Jerman. Lihat daftarnya di bawah ini!

1. BMW X6 M 2021

Antimainstream, Ini 5 Pilihan SUV Coupé  dari JermanBMW X6 M, pelopor SUV Coupé di industri otomotif dunia (caranddriver.com)

Di urutan pertama terdapat BMW X6 M, pelopor SUV Coupé di industri otomotif dunia. Pertama kali meluncur pada tahun 2008d dengan kode bodi E71, generasi terbaru versi peeforma kencang BMW X6 M ini menawarkan pengalaman yang tidak terbayangkan. Menggunakan basis dari BMW X5, nyatanya BMW X6 hadir dengan desain akhir yang jauh berbeda.

SUV Coupé terbesar BMW ini hadir dengan mesin V8 Twin-turbo yang bisa menghasilkan tenaga hingga lebih dari 600 hp. Tenaga yang luar biasa untuk sebuah SUV. BMW X6 M memiliki handling setara dengan sebuah sport cars, serta desain mencolok yang cukup menarik perhatian.

BMW X6 versi standar dibanderol mulai dari Rp 2,2 miliar, maka BMW X6 M dengan bodi lebih dinamis dan mesin lebih kencang tentunya akan dipatok dengan harga yang lebih tinggi lagi.

2. Mercedes-AMG GLE 53 4MATIC+ Coupé

Antimainstream, Ini 5 Pilihan SUV Coupé  dari JermanGLE 53 menggunakan mesin enam silinder 3,0 liter Twin-turbocharged hybrid(motor1.com)

Pada awal kehadiran SUV Coupe, banyak datang kritikan karena desainnya yang terlalu nyeleneh dan terlihat aneh. Namun Mercedes-Benz melalui GLE Coupé berhasil mengubah stigma tersebut menjadi sebuah model baru yang justru menarik untuk dilihat.

Dibalik kap Mercedes-AMG GLE 53 4MATIC+ Coupé terdapat mesin enam silinder 3,0 liter Twin-turbocharged hybrid yang mampu menghasilkan hingga 430 hp dan torsi hingga 520 Nm. Mampu menempuh jarak dari 0-100 km/h hanya dalam 5,3 detik, angka yang luar biasa untuk sebuah SUV dengan bobot lebih dari dua ton.

Di Indonesia Mercedes-AMG GLE 53 4MATIC+ Coupé dibanderol dengan harga Rp 2,4 miliar. Cukup tinggi memang, namun untuk model GLE Coupé standar dan dengan konfigurasi mesin di bawah varian AMG, mobil ini bisa dimiliki dengan Rp 1,7 miliar.

Baca Juga: Mobil-mobil Diesel Semakin Menggiurkan, Pilih MPV atau SUV? 

3. Audi e-tron Sportback 2021

Antimainstream, Ini 5 Pilihan SUV Coupé  dari JermanAudi e-tron Sportback mampu melaju sejauh 357 km dalam satu kali pengisian (slashgear.com)

Banyak yang berspekulasi bahwa Audi e-tron Sportback merupakan compact SUV atau sebuah Crossover. Namun jika melihat dimensinya, mobil ini cukup besar dengan ground clearance yang cukup tinggi.

Menjadi pemain satu-satunya di kelas SUV Coupé yang menggunakan tenaga listrik yang menghasilkan tenaga hinga 355 hp dan disalurkan ke semua roda atau AWD. Audi e-tron Sportback dalam satu kali pengisian mampu melaju sejauh 357 km.

Tampil dengan desain khas Audi yang modern namun berkelas, di Amerika Serikat Audi e-tron Sportback 2021 dibanderol dengan harga USD 69 ribu atau setara dengan Rp 1 Miliar. Terbilang lebih rendah dari rival Jerman lainnya mengingat tenaga yang dihasilkan mobil ini juga lebih kecil.

4. BMW X4 M Competition 2021

Antimainstream, Ini 5 Pilihan SUV Coupé  dari JermanBMW X4 jadi varian terkecil dari model SUV Coupé BMW (bmwblog.com)

Baru saja memasuki generasi baru BMW X4 yang merupakan varian terkecil dari model SUV Coupé BMW. Mengambil basis dari BMW X3 tidak membuat mobil ini terkesan kecil dan membosankan. Tarikan garis melandai di bagian belakang membuat BMW X4 terlihat lebih dramatis.

Dengan mesin enam silinder segaris Turbocharged, membuat SUV Coupé dari BMW ini menghasilkan tenaga hingga 503 hp dan berhasil membuat mobil ini melaju dari 0-100 km/h hanya dalam 3,3 detik. Angka yang impresif dan setara dengan kecepatan sebuah sport cars.

Meski varian Competition belum masuk pasar Indonesia, BMW X4 M yang memiliki performa hampir setara dibanderol dengan harga Rp 2,6 miliar. Sehingga angka ini bisa menjadi patokan untuk varian di atasnya.

5. Mercedes-AMG GLC 43 4MATIC Coupé

Antimainstream, Ini 5 Pilihan SUV Coupé  dari JermanAMG menghadirkan GLC 43 4MATIC Coupé dengan tampilan yang lebih agresif (mercedes-benz.com)

Mercedes-Benz GLC mungkin menjadi pilihan klasik dengan value for money terbaik di kelasnya. Namun ternyata AMG tidak ingin GLC hanya dikenal dengan itu, Mercedes-AMG menghadirkan GLC 43 4MATIC Coupé dengan tampilan yang lebih agresif, dinamis, namun tetap menjaga nilai sebuah Mercedes-Benz.

Menggunakan mesin V6 Twin-turbocharged menghasilkan tenaga hingga 385 hp yang mampu membuat SUV Coupé Mercedes-Benz ini melaju dari 0-100 km/h hanya dalam 4.3 detik saja.

Mercedes-AMG GLC 43 4MATIC Coupé merupakan model yang ada di tengah-tengah yang dibanderol dengan harga Rp 1,7 miliar. Untuk varian bukan AMG, GLC Coupé dibanderol dengan harga Rp 1,4 miliar sedangkan varian diatasnya GLC 53 4MATIC Coupé tidak dipasarkan di Indonesia.

Desain menarik dan performa impresif untuk sebuah SUV, model SUV Coupé memang menarik menjadi pilihan untuk mereka yang bosan dengan tampilan standar. Namun selain desain dan mesin yang menjadi nilai jual mobil ini terdapat beberapa hal yang harus dikorbankan. Di antaranya ruang belakang yang menjadi lebih sempit karena atap melandai dan fleksibilitas luas khas SUV juga harus dikorbankan.

Jika kamu konsumen di kelas SUV, mana yang akan kamu pilih?

Baca Juga: 3 Alasan Mobil SUV Jadi Primadona, Padahal Harganya Gak Murah 

Aryo Phramudhito Photo Verified Writer Aryo Phramudhito

Yohoo, let's be friends @_yophrm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya