Comscore Tracker

Pilihan 5 Mobil Compact SUV Ini Asyik untuk Keliling Kota

Saatnya beeralih dari hatchback biasa ke crossover!

Saat ini di Indonesia, sebuah kendaraan bukanlah hal yang mewah lagi, melainkan suatu kebutuhan pokok yang wajib dimiliki semua orang untuk menunjang produktivitas mereka.

Seperti halnya millennials yang sangat aktif dan tidak mau membuang waktunya secara percuma di jalanan perkotaan. Nah, untuk mengakomodir hal tersebut maka banyak produsen kendaraan khususnya mobil yang merancang sebuah city car atau dalam kata lain hatchback.

Namun sayangnya, jalanan di Indonesia ini tidak semuanya mulus. Bahkan di area perkotaan pun masih kerap ditemui jalan yang tidak rata, berlubang, bahkan banjir. Memang dengan bodi rampingnya sebuah hatchback mampu melibas jalan-jalan kecil serta kemacetan perkotaan. Namun, tidak dengan jalan yang berlubang.

Maka hadirlah satu model baru yaitu, compact SUV (Sport Utility Vehicle) yang menjawab semua masalah tadi. Compact SUV atau seringkali disebut crossover merupakan SUV yang hadir dengan bodi ramping khas sebuah hatchback. Hal ini memungkinkan kamu untuk tetap mampu melibas kemacetan kota. Namun, dengan ground clearance tinggi sehingga aman ketika melewati jalan berlubang dan banjir. Serta kapabilitas ruang yang sedikit lebih luas daripada sebuah hatchback.

Berikut ini 5 compact SUV yang asik untuk kamu ajak keliling kota.

1. Honda HR-V

Pilihan 5 Mobil Compact SUV Ini Asyik untuk Keliling Kotaotosia.com

Siapa yang tidak mengenal Honda HR-V, compact SUV pilihan millennials. Banyak anak muda yang menaruh pada mobil buatan Jepang ini. Bukan hanya karena desainnya yang tampak modern. Tetapi juga karena performa mesin yang layak diacungi jempol.

Honda HR-V hadir dengan 2 varian mesin 1,5 liter 4 silinder dengan torsi 145 Nm pada 4.600 rpm, sedangkan varian mesin 1,6 liter 4 silinder dengan torsi 169 Nm pada 4.300 rpm dengan transmisi CVT mampu membuat mobil ini melibas kemacetan di jalan perkotaan.

Mesin kencang takut boros? Tenang Honda HR-V hanya mengkonsumsi 14 km/liter untuk rute dalam kota dan 17 km/liter dalam tol. Memang bukan yang terhemat, tapi ini cukup untuk sebuah compact SUV.

2. Suzuki SX 4

Pilihan 5 Mobil Compact SUV Ini Asyik untuk Keliling Kotaglobalsuzuki.com

Tidak akan lupa kami memasukan Suzuki SX 4 ke dalam daftar ini. Mungkin banyak dari kamu yang mengabaikan mobil ini, namun sebenarnya ada banyak kelebihan dari compact SUV yang satu ini jika dibandingkan dengan rival lainnya.

Suzuki SX 4 hadir dengan desain yang lebih gagah daripada versi sebelumnya. Dengan tampilan depan yang mirip sebuah BMW. Mobil ini dilengkapi dengan banyak teknologi modern khas millennials. Mulai dari lampu LED, smart keyless entry, auto rain sensor, start stop engine, dual airbag, tidak berhenti di situ terdapat ABS serta EBD untuk menambah fitur keamanan, juga head unit yang terintegrasi.

Kurang apa?

Baca Juga: Pilih MPV atau SUV? Ini 4 Hal yang Perlu Kamu Pertimbangkan

3. Mazda CX-3

Pilihan 5 Mobil Compact SUV Ini Asyik untuk Keliling Kotaautotrader.ca

Setiap produk Mazda memang terlihat begitu modern dan dinamis, begitu juga dengan produk compact SUVnya yaitu Mazda CX-3. Mazda CX-3 mengusung desain KODO konsep desain terbaru Mazda yang menginterpretasikan suatu kesan premium dan gagah dari sebuah mobil.

Mazda merancang CX-3 dengan mesin Skyactive-G khas Mazda 2.000 cc 4 silinder yang mampu menjalankan mobil ini hingga 148,2 Ps pada 6.000 rpm.

Dilengkapi dengan teknologi-teknologi canggih khas Mazda seperti HUD, Bluetooth, auto cruise control, head unit 7 inci dan masih banyak lagi. Ditambah ground clearance setinggi 160 mm, pantas membuat Mazda menjadi compact SUV yang seksi.

4. Chevrolet Trax

Pilihan 5 Mobil Compact SUV Ini Asyik untuk Keliling Kotaautomobilemag.com

Chevrolet menghadirkan konsep compact SUVnya melalui Trax. Chevrolet Trax merupakan compact SUV yang mencerminkan millennials saat ini. Dengan proporsi bidang yang terkesan tebal, ground clearance tinggi, serta tampilan depan yang terlihat lebih modern ketimbang generasi sebelumnya.

Sama seperti produk Chevrolet lainnya, Trax hadir dengan 2 varian, yaitu LT dan LTZ yang merupakan tipe tertingginya. Mobil ini bermesin 1,4 liter dengan turbocharge otomatis 6 percepatan yang mampu menjadikan Chevrolet cukup gesit di jalan perkotaan.

Tidak berhenti di situ,fitur pendukung seperti sunroof dan panoramic roof, roof rail, MID, serta head unit yang terintegrasi dengan Apple Carplay dan Android Auto mampu membuat Chevrolet Trax menjadi pilihan yang wajib dipertimbangkan millennials.

5. Wuling Almaz

Pilihan 5 Mobil Compact SUV Ini Asyik untuk Keliling Kotaotomotif.kompas.com

Wuling, produsen mobil Cina yang membuat para produsen mobil lainnya terancam. Bagaimana tidak, Wuling selalu berhasil merancang mobil deng spesifikasi dan fitur kelas atas namun dengan harga yang justru terlampau murah. Begitu halnya dengan Wuling Almaz, sebenarnya mobil ini masuk dalam kategori medium SUV, namun karena harga yang diberikan untuk mobil setara dengan sebuah compact SUV maka kami masukan kedalam daftar ini.

Fitur-fitur canggih seperti head unit 10 inci, steering control, 360 camera, stability control, traction control, dan masih ada banyak lagi fitur yang seharusnya ada di mobil yang tarafnya lebih tinggi daripada Wuling Almaz. Mobil ini layak untuk kamu pertimbangkan karena ukuran bodi yang lebih besar namun dengan harga yang sama dengan sebuah compact SUV.

Kelima mobil tersebut merupakan pilihan lain untuk kamu millennials. Dengan sebuah compact SUV atau crossover memungkinkan kamu untuk melewati segala rintangan dengan aman namun dengan bodi yang ramping seperti hatchback. Mulai dari jalan berlubang hingga banjir, sehingga aktivitas kamu tidak akan terganggu hanya karena rintangan-rintangan yang ada di jalan perkotaan.

Baca Juga: 6 Mobil dengan Sunroof Murah di Indonesia, Serasa Mobil Mewah!

Aryo Phramudhito Photo Community Writer Aryo Phramudhito

Yepp... it's me I'm deeply superficial person

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You