Comscore Tracker

10 Mobil Klasik dan Ikonik yang Masih Diproduksi Hingga Kini

Ada mobil yang sudah diproduksi sejak dekade 1930-an!

Apa sebenarnya kualifikasi yang dibutuhkan sebuah model mobil agar produksinya bertahan lama? Pertama dan satu-satunya, pasti adalah mobil penumpang, tidak ada yang lain. Bahkan ada pabrikan otomotif yang tetap memproduksi mobil klasiknya tanpa melakukan perubahan sama sekali dari versi aslinya, semua dibuat apa adanya.

Benarkah? Seperti dikutip dari laman Motor1, berikut adalah beberapa mobil klasik dan ikonik yang masih diproduksi hingga kini.

1. Chevrolet Suburban (1935-sekarang)

10 Mobil Klasik dan Ikonik yang Masih Diproduksi Hingga Kinistreetsideclassics.com

Generasi pertama Suburban yang dirilis pada 1935, yang artinya hanya dalam waktu 16 tahun lagi dari sekarang usia produksi mobil ini akan menginjak 100 tahun. Sekarang model ini telah masuk generasi sebelas, jadi mobil SUV besar yang bentuknya hampir sama seperti Cadillac Escalade, Chevrolet Tahoe dan GMC Yukon.

2. Ford F-Series (1947-sekarang)

10 Mobil Klasik dan Ikonik yang Masih Diproduksi Hingga Kiniautotrader.ca

Dirilis pada 1947, Ford F-Series telah menjadi mobil kabin ganda terlaris di AS sejak 1977 dan menjadi kendaraan paling laris di AS sejak 1986. Tidak perlu diragukan lagi F-Series menjadi model paling penting dalam sejarah Ford. Model ini sendirian berhasil mengumpulkan $41 milyar pendapatan tahunan untuk Ford pada 2018.

3. Volkswagen Transporter (1950-sekarang)

10 Mobil Klasik dan Ikonik yang Masih Diproduksi Hingga Kinimotorauthority.com

Pertama kali muncul pada 1950 sebagai sebuah bus yang terinspirasi dari bentuk VW Beetle, model VW Transporter telah ada di jalanan selama hampir 70 tahun. Sekarang mobil ini telah masuk generasi enam, menjadi salah satu mobil komersial paling laris di Eropa.

4. Toyota Land Cruiser (1951-sekarang)

10 Mobil Klasik dan Ikonik yang Masih Diproduksi Hingga Kinibringatrailer.com

Mobil SUV 4x4 asal pabrikan Jepang ini adalah salah satu model lama yang masih diproduksi sampai sekarang. Mobil ini telah mengaspal selama hampir 70 tahun dan menjadi cikal bakal mobil off-road dari Toyota. Angkat topi untuk sang legenda hidup!

5. Chevrolet Corvette (1953-sekarang)

10 Mobil Klasik dan Ikonik yang Masih Diproduksi Hingga Kinibringatrailer.com

Penuh tenaga, sangat berkarakter, dan harganya lebih murah dibanding pesaingnya. Mobil ini adalah tokoh utama yang menjadikan Corvette sebagai legenda sejati. Ketika generasi selanjutnya mobil ini diproduksi, ada perubahan drastis dengan dibekalinya mesin berkapasitas lebih besar.

Baca Juga: 5 Mobil Klasik yang Berharga Mahal Karena Muncul di Film

6. Mercedes-Benz SL (1954-sekarang)

10 Mobil Klasik dan Ikonik yang Masih Diproduksi Hingga Kinicoys.co.uk

Penjualan mobil konvertibel asal Jerman ini memang menurun seiring tahun-tahun berlalu, tapi Mercedes-Benz tidak pernah mampu menghentikan produksinya. Sebuah mobil dengan tampilan elegan, berkelas dan berwibawa. Telah masuk generasi tujuh, model SL tetap akan ada di jalanan.

7. Toyota Crown (1955-sekarang)

10 Mobil Klasik dan Ikonik yang Masih Diproduksi Hingga Kiniroadsmile.com

Crown adalah salah satu jenis sedan terbesar dari Toyota untuk pasar Jepang yang bersanding dengan Century. Mobil ini secara konsisten diproduksi sejak 1955 dan sekarang telah masuk generasi lima belas. Toyota Crown masih bisa ditemukan berseliweran di jalan.

8. Nissan Skyline (1957-sekarang)

10 Mobil Klasik dan Ikonik yang Masih Diproduksi Hingga Kininissan-global.com

Mungkin tidak banyak di antara kamu sekarang yang tahu bahwa Nissan Skyline telah ada sejak 1957. Pada awalnya, mobil ini adalah sedan ramping dengan mesin 1,9 liter 4-stroke berkapasitas besar, tapi seiring waktu telah berubah menjadi sedan elegan seperti hari ini. Mobil ini dikemas ulang dengan nama Infiniti Q50 di Jepang.

9. Porsche 911 (1963-sekarang)

10 Mobil Klasik dan Ikonik yang Masih Diproduksi Hingga Kinibringatrailer.com

Bisakah kamu menyebutkan mobil sport yang lebih ikonik dari Porsche 911? Tidak bisa, Porsche 911 telah menjadi simbol kesempurnaan mesin Jerman selama lebih dari 50 tahun. Apakah hal tersebut akan berubah di masa depan? Sangat kecil kemungkinannya.

10. Ford Mustang (1964-sekarang)

10 Mobil Klasik dan Ikonik yang Masih Diproduksi Hingga Kinismclassiccars.com

Lebih dari sekadar mobil, Mustang adalah gaya hidup. Mobil ini membuatmu rela melepaskan segalanya dan mendedikasikan hidupmu untuk bisa mengendarainya secara eksklusif. Ford akhirnya secara resmi mulai menjual Mustang di Eropa pada 2014 dan menuai kesuksesan besar.

Nah, itu tadi beberapa mobil klasik yang masih diproduksi sampai sekarang. Ada mobil dari pabrikan Jepang, Eropa, dan AS yang masih bisa kita beli baru di pasaran. Apakah kamu penggemar salah satunya?

Baca Juga: Keren Banget! 5 Mobil Klasik Ini Jadi Pilihan Para Artis Indonesia

Bayu Widhayasa Photo Community Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You