Comscore Tracker

Studi Membuktikan, Ini Mobil yang Paling Jarang Bermasalah 

Referensi sebelum beli mobil anyar

Mobil yang jarang rewel tentu menjadi idaman banyak konsumen. Pasalnya, biaya untuk merawat kendaraan roda empat memang gak sedikit.

Nah, pada awal tahun 2019, JD Power melakukan sebuah survei untuk menilai mobil apa saja yang jarang bermasalah. Indonesia Initial Quality Study (IQS) 2018 tersebut berdasarkan respon 2.576 pemilik mobil anyar yang dibeli antara Oktober 2017 hingga September 2018.

Dilakukan mulai Mei hingga Desember 2018, studi ini melibatkan 52 mobil penumpang, pick up, dan model kendaraan utilitas dari 10 macam merk. Tujuannya sebagai tolok ukur industri bagi kualitas kendaraan baru, terutama masalah yang menderanya.

Dari riset itu, secara keseluruhan, jumlah masalah per 100 kendaraan (PP100) sepanjang tahun 2018 adalah 63 kasus. Delapan kategori masalah diteliti, termasuk eksterior, pengalaman berkendara, fitur, audio/hiburan, kursi, AC/ventilasi, interior, dan mesin.

Lalu, mobil-mobil apa saja yang dikatakan jarang bermasalah? Inilah daftarnya berdasarkan segmen kendaraan, dilansir langsung dari situs JD Power.

1. Daihatsu Sigra (Entry Compact)

Studi Membuktikan, Ini Mobil yang Paling Jarang Bermasalah mexinsta.com

Kendaraan asal Jepang ini nangkring di peringkat pertama mobil yang paling jarang bermasalah untuk segmen entry compact atau biasa disebut LCGC. Daihatsu Sigra mengalahkan saudaranya, Daihatsu Ayla, dan juga Toyota Cayla.

Berdasarkan studi tersebut, Daihatsu Sigra memiliki 42 kasus per 100 kendaraan. Sementara, Daihatsu Ayla mengalami 52 kasus, sedangkan 66 kasus dialami Toyota Cayla.

2. Honda HR-V (Entry SUV)

Studi Membuktikan, Ini Mobil yang Paling Jarang Bermasalah garyyeomanshonda.com

Di segmen entry SUV, JD Power menempatkan Honda HR-V di peringkat pertama mobil paling minim masalah. Mobil Jepang ini mengalahkan kompatriot, Toyota Rush, dan saudaranya, Honda BR-V, yang harus puas duduk di posisi kedua dan ketiga.

Honda HR-V dikatakan memiliki 49 kasus per 100 kendaraan. Sementara, Toyota Rush mengalami 73 kasus dan Honda BR-V memiliki 83 kasus.

Baca Juga: Usai Diservis, Sebuah Mobil di Surabaya Ini Malah Terbakar

3. Mitsubishi Pajero Sport (SUV)

Studi Membuktikan, Ini Mobil yang Paling Jarang Bermasalah mitsubishi-motors.com

Sementara, di segmen SUV, Mitsubishi Pajero Sport diklaim sebagai mobil dengan masalah paling sedikit. Model ini unggul dari Honda CR-V di peringkat kedua serta Toyota Fortuner di peringkat ketiga.

Pajero Sport diklaim hanya memiliki 50 kasus per 100 kendaraan. Angka ini berselisih cukup jauh dari Honda CR-V dengan 81 kasus per 100 kendaraan.

4. Suzuki Ertiga (MPV)

Studi Membuktikan, Ini Mobil yang Paling Jarang Bermasalah autocarindia.com

Terakhir, di segmen MPV, Ertiga buatan Suzuki dipilih sebagai kendaraan yang paling minim masalah. Mobil tersebut dibuntuti oleh Mitsubishi Xpander di urutan kedua serta Daihatsu Xenia di urutan ketiga.

Suzuki Ertiga disebutkan hanya memiliki 30 kasus per 100 kendaraan. Jauh mengungguli Mitsubishi Xpander dengan 51 kasus per 100 kendaraan, atau hampir setengahnya.

Memang, kondisi atau keawetan suatu mobil tergantung pada pemakaian dan rutinitas perawatan si pemilik kendaraan. Tetapi, survei di atas juga dapat kamu jadikan referensi sebelum membeli mobil anyar.

Baca Juga: Optimis di 2019, Ini 6 Mobil Asal Korea Selatan yang Cocok Buat Kamu

Binar Photo Community Writer Binar

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You