5 Tips Mencegah Distraksi saat Mengemudi Mobil, Harus Fokus!

Distraksi saat mengemudi mobil sebetulnya mungkin terjadi

Intinya Sih...

  • Penggunaan HP saat mengemudi menjadi sumber distraksi utama, termasuk menerima telepon dan melihat maps dengan tidak benar-benar merusak fokus.
  • Activitas multitasking seperti makan, minum, dan memindahkan lagu di radio dapat menyebabkan risiko distraksi yang serius.
  • Benda-benda di dashboard mobil dan kondisi fisik pengemudi juga bisa menjadi sumber distraksi yang berbahaya selama berkendara.

Aktivitas mengemudi mobil di jalan raya membutuhkan fokus yang sangat ekstra sebagai prioritas utama yang harus diperhatikan. Fokus tersebut tentu saja berguna untuk memastikan bahwa proses berkendara tetap lancar dan aman tanpa membahayakan keselamatan jiwa. Meski terdengar mudah, pada kenyataannya menjaga fokus selama mengemudi ternyata tidak semudah itu.

Ada beberapa situasi di mana fokus rentan terganggu dan tentu saja akan sangat membahayakan proses berkendara. Sulit fokus itu bisa diakibatkan salah satunya karena distraksi, seperti rasa kantuk, kebiasaan bermain HP, dan lain sebagainya. Cegah risiko distraksi saat mengemudi mobil setelah menyimak beberapa tips penting berikut, ya!

1. Jangan memainkan HP di jalan

5 Tips Mencegah Distraksi saat Mengemudi Mobil, Harus Fokus!ilustrasi mengemudikan mobil (pexels.com/Hassan OUAJBIR)

Memainkan HP selama proses mengemudi menjadi salah satu penyebab utama dari sumber distraksi. Sudah semestinya pengendara perlu menghindari penggunaan HP selama menyetir agar bisa menjaga fokus. Bukan hanya tidak boleh memainkan HP secara langsung saja, pengemudi juga tidak diperkenankan menerima telepon saat masih mengemudi.

Tentu saja pada saat situasi normal memang HP tidak boleh digunakan selama berkendara, terkecuali memang jika ingin digunakan untuk melihat rute melalui maps. Itu pun tidak bisa dilakukan sembarangan karena untuk hal ini HP umumnya akan disimpan pada dashboard atau area lain yang punya visibilitas tinggi sehingga tidak benar-benar merusak fokus. Jika memang kamu benar-benar tidak tahu arah, usahakan untuk mengecek maps sebelum mulai mengemudi agar tak perlu berulang kali membuka HP untuk mengecek rutenya lagi dan lagi.

Baca Juga: 5 Cara Kreatif Agar Tak Mengantuk Saat Menyetir di Malam Hari

2. Menghindari kebiasaan multitasking saat mengemudi

5 Tips Mencegah Distraksi saat Mengemudi Mobil, Harus Fokus!ilustrasi mengemudikan mobil (pexels.com/Peter Fazekas)

Pengemudi mungkin banyak yang tidak menyadari bahwa sebetulnya aktivitas multitasking sering dilakukan selama proses berkendara. Aktivitas multitasking tersebut memang cukup beragam, seperti misalnya menerima telepon, memindahkan lagu yang ada di radio dashboard, hingga bermain HP saat mengemudi. Semua kebiasaan multitasking tersebut memang akan secara otomatis menjadi sumber distraksi yang buruk. Sangat dianjurkan untuk tidak melakukan aktivitas multitasking apa pun selama menyetir. Jika memang kamu benar-benar harus mengoperasikan HP atau pun melakukan sesuatu, lakukan sebelum aktivitas mengemudi dilakukan.

3. Hindari makan dan minum selama mengemudi

5 Tips Mencegah Distraksi saat Mengemudi Mobil, Harus Fokus!ilustrasi makan di dalam mobil (unsplash.com/@gbarkz)

Cukup banyak pengendara mobil yang berusaha mencuri-curi kesempatan untuk makan atau pun minum saat mengemudi. Kebiasaan makan dan minum ini menjadi salah satu sumber distraksi yang cukup serius dalam mengemudikan mobil, apalagi untuk jalanan yang cukup berisiko dan dengan kecepatan kendaraan di atas normal. Makan atau minum saat menyetir menyebabkan distraksi akibat risiko tumpah, risiko menguyah, atau pun saat mencari makanan yang membuatmu jadi tak bisa berfokus pada jalanan.

Semestinya memang jika sudah mulai merasa lapar, sebaiknya kamu hentikan laju kendaraan di rest area atau pun di tempat makan. Setidaknya cari ini pasti jauh lebih aman daripada memaksakan diri untuk makan dan minum selama mengemudi. Selain tidak menyebabkan bahaya, cara ini juga dilakukan untuk tetap menjaga fokus dalam kondisi yang baik.

4. Pastikan tak ada yang menghalangi di bagian dashboard

5 Tips Mencegah Distraksi saat Mengemudi Mobil, Harus Fokus!ilustrasi mengemudi (unsplash.com/Jaromír Kavan)

Dashboard menjadi fitur penting dalam mobil yang bakal sering kamu lihat pada saat mengemudikan mobil. Nah, tidak sedikit pengendara mobil yang gemar meletakkan berbagai macam benda-benda yang sebetulnya tidak perlu, seperti misalnya karpet dashboard, sticker, hingga mainan. Sayangnya, keberadaan benda-benda yang ada di atas dashboard ternyata bisa menyebabkan distraksi.

Terlalu banyak benda di dashboard mobil bikin pengendara tak fokus mengemudi. Apalagi jika benda-benda di atas dashboard tersebut cukup besar yang bahkan sampai mengganggu visibilitas. Sebaiknya kosongkan saja dashboard mobilmu agar aman dari berbagai risiko distraksi saat berkendara.

5. Jaga kondisi tubuh tetap bugar

5 Tips Mencegah Distraksi saat Mengemudi Mobil, Harus Fokus!ilustrasi mengemudikan mobil (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Distraksi yang dialami oleh tiap orang ternyata bisa pula diakibatkan karena kondisi fisik. Aspek ini akan sangat rentan terjadi apabila pengemudi melajukan mobilnya untuk jarak yang cukup jauh, seperti misalnya di jalan tol. Tentu saja berkendara dalam durasi waktu yang lama bisa menimbulkan rasa lelah tersendiri.

Sebetulnya, disarankan untukmu agar bisa lebih cukup dalam waktu istirahat, termasuk berhenti sesekali di rest area jika memang lelah. Jika berkendara dengan kondisi tubuh yang lelah, risiko distraksinya semakin besar. Oleh sebab itu, coba sisihkan waktu setidaknya minimal 15 menit untuk tiap aktivitas berkendara lebih dari 2 jam atau 160 kilometer.

Risiko distraksi saat mengemudi memang menjadi hal yang sebetulnya bisa terjadi pada siapa pun. Tidak heran jika sebaiknya kamu lebih berhati-hati untuk menghindari sumber distraksi agar mengemudi tetap aman dan terhindar dari risiko bahaya. Pastikan selalu ekstra hati-hati dan jaga fokus dengan baik!

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Mobil Manual Lebih Efektif untuk Belajar Mengemudi 

Brilian Damani Photo Verified Writer Brilian Damani

Sudah membaca hari ini?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya