Comscore Tracker

Akan Muncul Generasi Baru, Intip Perjalanan Toyota Avanza Selama Ini

Mobil sejuta umat!

Di kelas LMPV, Toyota Avanza selalu menjadi juaranya dari tahun ke tahun. Toyota Avanza ini berhasil menduduki mobil dengan penjualan tertinggi di Indonesia dari tahun 2006 yang pada akhirnya pupus pada 2020 karena penjualannya dikalahkan oleh Honda Brio.

Mobil yang satu ini menawarkan spesifikasi RWD alias penggerak roda belakang satu-satunya di kelasnya yang masih sangat diminati karena dianggap lebih bandel dan mampu melewati jalanan terjal. Kapasitas 7 orang dan dimensinya yang paling kompak di kelasnya juga menjadi kelebihan dari Toyota Avanza ini.

Nah, sejak kelahirannya di tahun 2003, Toyota Avanza mengalami perubahan yang cukup banyak. Apalagi, ditambah dengan adanya kabar bahwa Toyota Avanza akan mengalami perubahan terbesarnya pada akhir tahun 2021 ini. Sambil menunggu kepastian kabar tersebut, ada baiknya kita melihat perjalanan generasi ke generasi Toyota Avanza sampai detik ini. Simak, yuk!

1. Pertama kali diluncurkan pada tahun 2003 

Akan Muncul Generasi Baru, Intip Perjalanan Toyota Avanza Selama IniToyota Avanza 2003 tipe G (youtube.com/Syamil 001)

Toyota Avanza melakukan debutnya di ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show pada tahun 2003. Pada saat itu, Toyota Avanza hadir dalam 2 varian saja, yakni 1.3 E dan 1.3 G yang hanya bertransmisi manual. Mesin 1.300cc tanpa VVT-i yang berkode K3-DE tersebut mampu menghasilkan tenaga 87HP dengan torsi maksimum 116Nm.

Walaupun fitur yang diberikan pada saat itu sangatlah terbatas, tetapi desain membulat dan kapasitas 7 penumpang dengan harga yang tergolong murah membuat mobil yang satu ini sangat diminati. Mengingat kala itu harga dari Toyota Kijang “kapsul” sudah melambung tinggi.

2. Hadirnya varian baru di tahun 2004 

Akan Muncul Generasi Baru, Intip Perjalanan Toyota Avanza Selama IniToyota Avanza tipe 1.3 S (youtube.com/B Channel)

Toyota nampaknya mengetahui potensial dari mobil yang satu ini. Maka dari itu, hadirlah varian 1.3 S sebagai varian tertinggi yang diperkenalkan 1 tahun setelah perilisan perdana Toyota Avanza. Oiya, varian 1.3 S ini sudah memiliki transmisi otomatis 4 percepatan, lho.

Walaupun besaran mesin masih sama, tetapi Toyota menambahkan teknologi VVT-i pada varian 1.3 S ini yang mampu meningkatkan tenaga dan efisiensi bahan bakar. Mesin ini lah yang diberi kode K3-VE.

Perbedaan antara tipe 1.3 S ini dengan yang lainnya ada pada desain interior baru dan penambahan sistem pengereman ABS yang terbilang mewah pada zamannya.

3. Facelift dan penambahan varian pada tahun 2006 

Akan Muncul Generasi Baru, Intip Perjalanan Toyota Avanza Selama IniToyota Avanza 2006 tipe G (mobil.dijual.co.id)

Di tahun 2006, Avanza melakukan perubahan mesin untuk tipe 1.3 E dan 1.3 G yang sebelumnya berkode K3-DE menjadi K3-VE yang telah mengusung teknologi VVT-i. Pada kedua tipe tersebut juga terjadi perubahan eksterior, terutama pada bagian depan dan lampu belakang.

Sedangkan varian baru juga hadir pada tahun 2006 dengan diluncurkannya Toyota Avanza 1.5 S. Varian tertinggi ini memiliki mesin baru 3SZ-VE berkapasitas 1.500cc dengan teknologi VVT-i yang disalurkan melalui 2 pilihan transmisi, yakni manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan. Tak hanya itu, perubahan eksterior di varian 1.5 S terlihat pada desain bumper, penambahan sensor parkir, dan ukuran velg yang berbeda dengan varian di bawahnya.

4. Facelift ringan pada tahun 2008, 2009, dan 2010

Akan Muncul Generasi Baru, Intip Perjalanan Toyota Avanza Selama IniToyota Avanza 2010 tipe G (mobil123.com)

Sebenarnya, perubahan pada tahun 2008 hanyalah sektor estetikanya saja, seperti perubahan foglamp, atap yang bergelombang, dan aksen krom pada kaca pintu bagasi. Sedangkan untuk varian S terdapat tambahan spesial berupa sein pada spion, side body moulding, dan varian warna baru wine red dan dark grey.

Untuk perubahan pada tahun 2009, Toyota hanya menambahkan pilihan transmisi otomatis di varian 1.3 G. Lalu pada tahun 2010, Toyota baru menambahkan transmisi otomatis di varian 1.3 E karena semakin banyaknya peminat transmisi tersebut.

Baca Juga: Bersiap, Toyota Avanza Terbaru Bakal Rilis Akhir Tahun Ini!

5. Lahirnya generasi baru di tahun 2011 

Akan Muncul Generasi Baru, Intip Perjalanan Toyota Avanza Selama IniToyota All New Avanza tipe G (youtube.com/Rudy Heriyanto)

Setelah 8 tahun lamanya, akhirnya generasi ke-2 Toyota Avanza dilahirkan pada tahun 2011 akhir. Mengingat ini merupakan perubahan generasi alias “all new”, maka tak heran jika perubahannya sangatlah banyak. Desain eksterior sudah mengadopsi lekukan-lekukan modern beserta desain headlamp dan stoplamp yang tajam.

Terdapat 3 varian pada saat itu, yakni 1.3 E, 1.3 G, dan 1.5 Veloz. Untuk varian 1.300cc, menggunakan mesin berkode K3-VE yang sebenarnya serupa dengan Toyota Avanza di generasi pertama. Mesin 1.300cc tersebut mampu menghasilkan tenaga 95HP dan torsi maksimal 125Nm.

Sedangkan untuk varian 1.500cc, menggunakan mesin berkode 3SZ-VE yang juga serupa dengan generasi pertama. Mesin 1.500cc tersebut mampu menghasilkan tenaga 104HP dan torsi maksimal 136Nm.

6. Penyempurnaan fitur di tahun 2013 

Akan Muncul Generasi Baru, Intip Perjalanan Toyota Avanza Selama IniToyota Avanza 2013 tipe Veloz (otomotifzone.com)

Pada tahun 2013, Toyota melakukan improvement pada sektor keselamatan, kenyamanan, dan penyegaran pada bagian interior. Untuk keselamatan, hal ini terlihat dari ditambahkannya fitur dual SRS airbag untuk semua varian dan pengingat penggunaan seatbelt. Untuk sektor kenyamanan, Toyota mengklaim kekedapan kabin jauh lebih baik dan pengguna akan semakin nyaman berkat kursi-kursi baru yang lebih tebal.

7. Facelift di tahun 2015 

Akan Muncul Generasi Baru, Intip Perjalanan Toyota Avanza Selama IniToyota Avanza 2015 tipe G (mobil88.astra.co.id)

Pada tahun 2015, Toyota menghadirkan Avanza facelift atau yang biasa disebut dengan “Grand New” sebab masih menggunakan basis generasi ke-2. Perbedaannya sangat kentara pada bagian depan yang kini sudah mengadopsi bahasa desain Toyota “keen look” dengan gril yang menyambung dan semakin besar.

Pada saat itu, tersedia pilihan tipe yang sangat banyak, yakni 1.3 E, 1.3 G, 1.5 G, 1.3 Veloz, dan 1.5 Veloz. Mesin 1.3 K3-VE dan 1.5 3SZ-VE pada facelift ini sudah diubah dengan mesin 1.3 1NR-VE dan 1.5 2NR-VE yang mengadopsi teknologi dual VVT-i dan throttle by wire.

Hadirnya teknologi immobilizer dan indikator seatbelt penumpang juga membuat keamanan Toyota Avanza semakin terjamin. Mulai tahun ini, varian Veloz sudah tidak lagi menggunakan nama Avanza.

8. Facelift di tahun 2019 

Akan Muncul Generasi Baru, Intip Perjalanan Toyota Avanza Selama IniToyota Avanza dan Toyota Veloz 2019 (carmudi.co.id)

Bisa dibilang, tahun 2019 merupakan facelift terbesar Toyota Avanza walaupun bukan pergantian generasi. Bagian depan nampak semakin sporty dengan penggunaan 2 bilah lampu yang sudah mengadopsi teknologi LED di semua tipe. Serupa pada bagian belakang yang juga terlihat semakin tegas dengan bilah krom memanjang khusus varian G dan Veloz.

Sama seperti Toyota Grand New Avanza, pilihan yang tersedia sangatlah banyak, yaitu 1.3 E, 1.3 G, 1.5 G, 1.3 Veloz, dan 1.5 Veloz. Untuk fiturnya sudah semakin lengkap, seperti penambahan AC digital, colokan USB charger, ISOFIX, velg dual-tone khusus varian Veloz, dan engine start-stop khusus varian Veloz.

 

Nah, itu dia perjalanan Toyota Avanza mulai dari lahirnya pada tahun 2003 hingga saat ini. Dari semua generasi, mana yang paling kamu sukai?

Baca Juga: Mobil Sejuta Umat, Ini 5 Alasan Toyota Avanza Layak Dipikat

Defender Artha Widiprasetyo Photo Verified Writer Defender Artha Widiprasetyo

Proud to be Young

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya