Comscore Tracker

Penjualan Seret, 7 Mobil Ini Tak Lagi Diproduksi Mulai 2020

Kehadiran SUV menjadi alasan mobil-mobil ini tutup usia

Jakarta, IDN Times - Lesunya penjualan mobil membuat banyak pabrikan mencari jalan untuk tetap survive. Salah satunya dengan berhenti memproduksi mobil yang kurang laku di pasaran.

Selain tak menguntungkan, beberapa mobil juga tak lagi diproduksi karena alasan lain, seperti transisi mobil listrik, serta perubahan tren otomotif yang semakin cepat. Selain itu selera pasar yang sulit ditebak juga menjadi faktor lain.

Nah, berikut beberapa mobil yang tak lagi diproduksi mulai 2020 seperti dilansir dari Antara.

1. Volkswagen Beetle

Penjualan Seret, 7 Mobil Ini Tak Lagi Diproduksi Mulai 2020motor1.com

Mobil yang dikenal sejak tahun 80an ini, akhirnya harus tutup usia di 2020 karena pamornya yang kian pudar digerus SUV dan Crossover.

Volkswagen Beetle dikenal di Indonesia dengan sebutan VW kodok. Selain itu, mobil ini juga kian terkenal berkat penampilannya di sejumlah film, seperti Herbie: Fully Loaded.

VW akan fokus untuk meluncurkan mobil listrik. Bagi kalian penggemar VW kodok, seri terkahir mobil ini masih akan dijual di Amazon lho!

2. Ford Flex

Penjualan Seret, 7 Mobil Ini Tak Lagi Diproduksi Mulai 2020ford.com

Setelah 11 tahun mengaspal, Ford akhirnya memutuskan untuk tak lagi memproduksi Ford Flex mulai tahun 2020. Ford tak menyebutkan kenapa mobil ini kurang greget di pasaran. Namun besar kemungkinan karen desainnya yang boxy banget dan terkesan tidak futuristik.

3. Infiniti QX30

Penjualan Seret, 7 Mobil Ini Tak Lagi Diproduksi Mulai 2020autotrader.com

Usia mobil Infiniti QX30 belum sampai 5 tahun, namun pabrikannya sudah akan berhenti memproduksi mobil tersebut pada 2020. Alasannya apalagi kalau bukan sepinya peminat.

Nissan, pemegang merek Infiniti, mencatat penjualan mobil ini menurun dalam 10 bulan pertama di tahun 2019. Bahkan penurunannya mencapai 17 persen.

Baca Juga: Layak Ditunggu, 5 Motor Ini Siap Meluncur di 2020!

4. Chevrolet Impala

Penjualan Seret, 7 Mobil Ini Tak Lagi Diproduksi Mulai 2020caranddriver.com

Pernah menjadi 'raja' sedan berukuran besar di Amerika tak menjamin usia Chevrolet Impala bertahan lama. Sama seperti VW Beetle, popularitas mobil ini juga tergeser dengan beralihnya konsumen ke mobil SUV.

Hal serupa nampaknya juga menimpa teman seperjuangan Impala, yakni Ford Taurus yang juga harus menghentikan produksinya.

5. Fiat 500

Penjualan Seret, 7 Mobil Ini Tak Lagi Diproduksi Mulai 2020fiat.co.uk

Mobil ikonik khas Italia, Fiat 500, juga harus disuntik mati pada 2020 ini. Dengan ukuran yang sangat kecil, mobil ini memang kurang peminat dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan Fiat 500 kini sudah tak dijual lagi di Amerika.

Lesunya penjualan mobil ini, menurut Analis otomotif dari Edmunds, Jeremy Acevedo, lantaran orang Amerika gak menyukai mobil berukuran kecil.

6. Jaguar XJ

Penjualan Seret, 7 Mobil Ini Tak Lagi Diproduksi Mulai 2020motor1.com

Tren mobil sport utility vehicle (SUV) juga berdampak pada lesunya penjualan Jaguar XJ. Bayangkan saja, saking sepinya peminat membuat Jaguar XJ mendapatkan satu kali mendapat penyegaran, yakni di tahun 2011. Tak mengejutkan jika mobil ini kemudian disuntik mati.

7. Cadillac CT6

Penjualan Seret, 7 Mobil Ini Tak Lagi Diproduksi Mulai 2020autotrader.com

Setipe dengan Impala yang megap-megap, Cadillac CT6 juga mengalami nasib sama karena sepi pembeli.

Bahkan, Impala dan CT6 tadinya akan dihentikan lebih cepat pada Juni 2019. Namun, General Motors memperpanjang usia hidupnya hingga akhir Januari 2020 untuk menyeimbangkan waktu produksi.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Masih Jadi Primadona, MPV dan SUV Ini Diluncurkan Sepanjang 2019

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You