Comscore Tracker

3 Mobil Listrik Garapan Wuling 

Desainnya imut dan sangat fungsional

Jakarta, IDN Times - Tak keliru jika China dianggap negara paling siap menyambut tren mobil listrik. Sebab banyak pabrikan lokal di sana sudah memproduksi mobil listrik, lengkap dengan instrumen pengisian baterainya.

Salah satu pabrikan omototif China yang patut diperhitungkan antara lain Wuling. Sebab mobil-mobil listrik garapan pabrikan satu ini cukup sukses di China. Nah, berikut beberapa mobil listrik garapan Wuling. 

1. Wuling Hong Guang Mini EV

3 Mobil Listrik Garapan Wuling planetcarsz.com

Hong Guang Mini EV hadir dengan desain berbentuk kotak tapi mini. Mobil ini berukuran panjang 2.920 mm, lebar 1.493 mm, dan tinggi 1.621 mm. Beratnya juga ringan, yakni hanya 665 kilogram. Jadi mobin memang benar-benar mini seperti namanya.

Meski mini, mobil ini bisa mengangkut empat penumpang sekaligus dengan formasi dua orang dewasa di depan dan dua anak di belakang. Jika kursi belakang dilipat, kapasitas bagasinya akan menjadi 741 liter. Sangat luas. 

Hong Guang Mini EV dibekali motor listrik yang bisa menghasilkan tenaga 17 hp dan torsi 85 nm dengan kecepatan maksimal mencapai 100 km per jam. Mobil ini juga dilengkapi berbagai fitur keamanan, seperti anti-lock braking system, electronic brake-force distribution (EBD), tire pressure monitoring system (TPMS), dan radar parkir.

Baca Juga: Mobil Listrik Wuling Hong Guang MINI EV, Imut Tapi Praktis!  

2. Wuling E200

3 Mobil Listrik Garapan Wuling wuling.id

Mobil listrik garapan Wuling berikutnya adalah E200. Mobil ini cukup kompak dengan panjang 2.497 mm, Iebar 1.526 mm dan tinggi 1.616 mm. Bahkan mobil ini lebih pendek dari Hong Guang Mini EV.

E200 dibekali motor listrik dan baterai lithium ion yang bisa menghasilkan tenaga sebesar 39 PS dengan torsi 110 Nm. Meski kecil, mobil ini bisa melesat hingga 100 km perjam jam. Dan bisa melaju hingga 250 kilometer jika baterai terisi penuh.

Berbagai fitur yang disematkan pada mobil ini antara lain keyless entry, start stop button dan electric parking brake (EPB). Juga ada tiga mode berkendara, yakni Eco, Normal, dan Sport. 

Wuling E200 juga dilengkapi fitur keselamatan seperti Electronic Stability Control (ESC), Rear Parking Sensor, Parking Camera, ISOFIX, SRS Airbag, Tire Pressure Monitoring System (TPMS), hingga sistem deselerasi ABS dan EBD.

3. Wuling E100

3 Mobil Listrik Garapan Wuling IDN Times/Yohanes Nugroho

 Wuling E100 pernah muncul di pameran otomotif GIIAS 2018. Mobil ini dibekali motor listrik yang bisa menyemburan tenaga sebesar 29 kW dengan torsi 110 Nm. Wuling mengklaim E100 bisa melesat 0,50 kilometer per jam dalam waktu 6,5 detik. Mobil ini juga bisa dipacu hingga 100 kilometer per jam.

Baterai yang disematkan pada mobil ini berkapasitas 220 volt. Jika baterai terisi penuh, E100 bisa menempuh jarak hingga 200 kilometer. Cukup lumayan untuk mobil berukuran panjang 2.488 mm, lebar 1.506, tinggi 1.670 mm.

Wuling E100 juga dibekali memiliki fitur kesemalatan, seperti Electronic Stability Control (ESC), Rear Parking Sensor, Parking Camera, ISOFIX, SRS Airbag, Tire Pressure Monitoring System (TPMS), hingga sistem deselerasi ABS dan EBD.

Baca Juga: 3 Mobil Wuling Dapat Subsidi PPnBM September 2021

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya