Comscore Tracker

All New KIA Seltos, Compact SUV Paling Bertenaga! 

Honda HR-V, Chevrolet Trax, atau Mitsubishi Outlander Sport

Jakarta, IDN Times - Dunia Sport Utility Vehicle (SUV) memang gak ada matinya. Setiap tahun selalu saja ada mobil baru. Awal tahun ini misalnya muncul All-New KIA Seltos.

Mobil yang dibanderol mulai Rp295-355 juta ini menawarkan fitur-fitur yang sangat menggiurkan, seperti sunroof, fast wireless charging, hingga cruise control.

Banyak yang memprediksi kehadiran All-New KIA Seltos bakal membuat pasar compact SUV semakin sengit. Sebab banyak pabrikan yang bertarung di ceruk ini, seperti Honda dengan HR-V dan Mitsubishi dengan Outlander Sport.

Karena itu penetrasi All-New KIA Seltos merebut pasar compact SUV tanah air dipastikan akan mendapatkan perlawanan sengit.

Namun KIA punya kartu truf yang agaknya bisa mereka mainkan, yakni mesin yang sangat powerful.

1. All-New KIA Seltos mengandalkan mesin bertenaga buas

All New KIA Seltos, Compact SUV Paling Bertenaga! IDN Times/Dwi Agustiar

Product Planning PT Kreta Indo Artha, Harry Yanto, optimistis All-New KIA Seltos bisa menggoyang pasar compact SUV tanah air. Sebab All-New KIA Seltos hadir dengan mesin yang sangat powerful.

"Mesin adalah salah satu keunggulan All-New KIA Seltos," kata Harry dalam peluncurkan All-New KIA Seltos di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta Selatan, Senin (20/1).

All-New KIA Seltos dibekali mesin Kappa 4 silinder, 1,4 liter yang telah dibekali turbocharger. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga hingga 140 PS di putaran mesin 6,000 rpm dengan torsi maksimum 242 Nm pada 1.500-3.200 rpm.

Semburan tenaga ini jauh lebih besar dari semua compact SUV yang ada di tanah air. Bahkan mesin All-New KIA Seltos ini lebih bertenaga dibandingkan mesin Honda HR-V Prestige yang bermesin 1.800cc!

2. Honda HR-V

All New KIA Seltos, Compact SUV Paling Bertenaga! honda-indonesia.com

Honda HR-V hadir dengan dua pilihan mesin, yakni 1,500cc dan 1,800cc. Mesin 1,500cc bisa memuntahkan tenaga maksimal sebesar 120 PS pada 6.600 rpm dengan torsi sebesar 145 Nm pada 4.600 rpm.

Sementara mesin 1,800cc mampu melontarkan tenaga maksimum 139 PS pada 6.500 rpm serta torsi 169 Nm pada 4.300 rpm.

Artinya semburan tenaga dan torsi yang dihasilkan mesin Honda HR-V masih
di bawah All-New KIA Seltos.

3. Mitsubishi Outlander Sport

All New KIA Seltos, Compact SUV Paling Bertenaga! mitsubishi-motors.co.id/

Rival lain All-New KIA Seltos adalah Mitsubishi Outlander Sport. Dibekali mesin 4B11 16 valce MIVEC DOHC, mobil ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 150PS pada 6000 rpm dan torsi maksimal 197 Nm pada 4,200 rpm.

Jika melihat angka di atas, maka Outlander menang 10 PS dari All-New KIA Seltos. Tapi torsi All-New KIA Seltos jauh lebih unggul, yakni 242 Nm berbanding 197Nm milik Outlander.

4. Chevrolet Trax

All New KIA Seltos, Compact SUV Paling Bertenaga! Dok. IDN Times/Agung Fatma

Bahkan Chevrolet Trax yang selama ini dikenal sebagai compact SUV paling bertenaga pun harus mengakui keunggulan mesin All-New KIA Seltos.

Sebab mesin 1.4L Chevrolet Trax hanya mampu menyemburkan tenaga maksimal maksimal 140 Ps pada putaran 4,900 – 6,000 rpm dengan torsi puncak 200 Nm pada putaran 1.850–4.900 rpm.

Bisa dibilang, Chevrolet Trax dan All-New KIA Seltos sama-sama memiliki power sebesar 140PS. Namun torsi All-New KIA Seltos jauh lebih unggul, yakni 242 Nm sementara Chevrolet Trax hanya 200Nm.

Tapi ingat ya guys, performa mesin bukan yang utama. Masih ada faktor-faktor lain yang juga dijadikan bahan pertimbangan sebelum membeli mobil, seperti kenyamanan, keamanan, hingga ketersediaan suku cadangnya.

Baca Juga: Jadi Ancaman Honda HR-V, Ini 7 Keunggulan All-New KIA Seltos

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya