Comscore Tracker

Begini Canggihnya Fitur Radar dan Sensor di Toyota Raize

Fitur keamanannya berlimpah

Jakarta, IDN Times - Kehadiran Toyota Raize langsung menyita perhatian publik otomotif tanah air. Sebab mobil imut satu ini memang menggiurkan banget.

Desainnya keren, fiturnya melimpah, dan yang terpenting harganya lumayan murah, yakni Rp219,9-Rp 263,7 juta on the road Jakarta.

Ada dua varian Raize yang bisa kamu pilih, yakni turbo dan non-turbo. Namun saat ini baru varian turbo yang dijual. Menurut kabar, varian non-turbo baru akan dirilis pada pertengahan tahun ini.

Nah, pada varian turbo ini ada fitur yang sangat canggih, yakni Toyota Safety Sense (TSS). Fitur ini terdapat pada Raize 1.0T GR Sport TSS yang dibanderol Rp263 jutaan.

Kecanggihan fitur TSS ada pada sensor dan radar yang mampu membaca situasi di sekitar mobil lalu sistem akan mengintervensi laju mobil jika diperlukan.

Nah, berikut fitur-fitur keselamatan yang terdapat pada Toyota Safety Sense (TSS).

1. Pre-Collision System

Begini Canggihnya Fitur Radar dan Sensor di Toyota Raizetoyota.astra.co.id

Pre-Collision System (PCS) bisa mendeteksi keberadaan suatu objek di depan mobil melalui sensor radar dan kamera. Dengan sensor tersebut, mobil akan memperingatkan pengemudi untuk menghindar. Bahkan, jika berpeluang terjadi tabrakan, mobil akan secara otomatis berhenti.

Baca Juga: Pilihan Aksesori Toyota Raize, Bisa Bikin Pangling!   

2. Adaptive Cruise Control

Begini Canggihnya Fitur Radar dan Sensor di Toyota Raizetoyota.astra.co.id

Fitur cruise control akan membuat mobil melaju tanpa harus menginjak pedal gas. Fitur ini akan sangat membantu pengemudi saat melaju di tol yang panjang. Nah, fitur cruise control pada Raize ini sedikit lebih advance karena ada tambahan adaptive, sehingga mobil akan secara otomatis menjaga jarak dengan mobil di depannya.

Jadi, jika mobil di depan tiba-tiba menurunkan kecepatan, maka Toyota Raize secara otomatis akan mengurangi kecepatan. Keren banget, kan?

3. Lane Departure Alert with Steering Control

Begini Canggihnya Fitur Radar dan Sensor di Toyota Raizetoyota.astra.co.id

Sensor ini akan membaca marka jalan, baik yang berwarna putih maupun kuning, sehingga sistem akan memberikan peringatan saat pengemudi keluar dari jalur. Bahkan sistem ini juga memungkinkan laju mobil tetap mengikuti jalur meski pengemudi mengalami microsleep.

4. Rear Cross Traffic Allert & Blind Spot Monitor

Begini Canggihnya Fitur Radar dan Sensor di Toyota Raizetoyota.astra.co.id/

Rear Cross Traffic Allert (RCTA) dan Blind Spot Monitor (BSM) mendeteksi kendaraan atau obyek lain yang mendekat menggunakan sensor radar, untuk selanjutnya memperingatkan pengemudi dengan suara dan konfirmasi visual.

Fitur itu bekerja sebagai ‘mata’ tambahan bagi pengemudi di area blind spot atau tidak terlihat untuk menghindari kecelakaan. RCTA efektif bekerja ketika mobil berjalan mundur saat keluar area parkir sementara BSM punya andil saat mobil pindah jalur di jalan raya.

5. Pedal Missoperation Control

Begini Canggihnya Fitur Radar dan Sensor di Toyota Raizetoyota.astra.co.id

Fitur canggih ini bisa membuatmu terhindari dari kecelakaan karena salah menerapkan pedal akselerator atau pedal gas dengan mengendalikan kecepatan mobil walaupun tidak ada penghalang.

Sistem akan memberikan peringatan kepada pengemudi jika ada kesalahan dalam menekan pedal gas, terutama ketika pedal gas diinjak habis padahal dideteksi tidak ada kebutuhan untuk itu. Fitur ini efektif mencegah terjadinya kecelakaan serius.

Baca Juga: Tiga Lawan Toyota Raize-Daihatsu Rocky, Siapa Lebih Tangguh? 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya