Comscore Tracker

Kumpulan Fakta Unik Seputar Mobil Diesel Indonesia 

Kenapa Honda gak pernah menjual mobil diesel di tanah air?

Jakarta, IDN Times - Banyak alasan kenapa mobil diesel memiliki penggemarnya sendiri, salah satunya karena mesin diesel lebih tangguh dan lebih bertenaga.

Itu sebabnya harga mobil diesel lebih mahal dari mobil bensin. Lihat saja harga jual Toyota Innova diesel di bursa mobil bekas yang jauh di atas Innova bensin.

Selain itu banyak alasan lain kenapa mobil diesel begitu menggoda. Tapi anehnya ada satu pabrikan di tanah air yang ogah menjual mobil diesel, yaitu Honda.

Keengganan Honda menjual mobil diesel di Indonesia hanya satu dari beberapa fakta unik seputar mobil diesel di tanah air. Berikut fakta-fakta unik tersebut.

1. Honda tak pernah menjual mobil diesel di Indonesia

Kumpulan Fakta Unik Seputar Mobil Diesel Indonesia motor1.com

Honda memiliki hampir semua spesies mobil di tanah air, mulai dari hatchback, sedan, MPV, hingga SUV. Tapi dari semua spesies tersebut tak satu pun ada yang bermesin diesel!

Bukan karena Honda tak bisa memproduksi mesin diesel. Mereka antara lain punya CR-V bermesin diesel. Mobil ini dijual di Filipina pada 2019 tapi gak pernah masuk Indonesia.

Kenapa Honda gak memasukkan mobil diesel ke Indonesia, ya?

Mantan Marketing and Aftersales PT Honda Prospek Motor (HPM) Jonfis Fandy pernah mengatakan penjualan mobil diesel di Indonesia tidak terlalu menguntungkan.

Kalau alasan ini benar, kenapa Mitsubishi dan Toyota masih giat memproduksi mobil diesel, ya?

Baca Juga: Hyundai Staria Jadi MPV Premium, Kok Pakai Mesin Diesel?

2. Sedan pertama bermesin diesel di Indonesia

Kumpulan Fakta Unik Seputar Mobil Diesel Indonesia autoexpress

Mobil diesel biasanya identik dengan SUV atau MPV. Sebut saja Mitsubishi Pajero Sport atau Isuzu Panther. Jarang sekali ada sedan yang dibekali mesin diesel.

Karena itu sangat mengejutkan ketika BMW meluncurkan sedan 320D pada 2013 lalu. Sebab 320D menggunakan mesin diesel sebagai jantung pacunya! BMW 320 sekaligus menjadi sedan sport bermesin diesel pertama di Indonesia!

3. Toyota Kijang diesel pertama di tanah air

Kumpulan Fakta Unik Seputar Mobil Diesel Indonesia olx.co.id

Toyota punya banyak varian mobil bermesin diesel. Tapi tahu gak sih kalau salah satu tulang punggung penjualan Toyota di tanah air adalah adalah Kijang Kapsul.

Kijang Kapsul adalah Kijang pertama yang dibekali mesin diesel. Kijang ini pertama kali diperkenalkan pada 1997. Saat itu ia berhadapan langsung dengan Isuzu Panther.

Kijang Kapsul menggunakan mesin berkode 2L yang legendaris. Bahkan sampai saat ini mobil tersebut masih jadi hot item di bursa mobil bekas.

4. Mobil diesel pertama Suzuki

Kumpulan Fakta Unik Seputar Mobil Diesel Indonesia autocarindia.com

Suzuki juga punya mobil diesel, yakni Ertiga Diesel Hybrid. Mobil ini pertama kali meluncur di Indonesia pada 2017. Namun usianya tak panjang. Sebab PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), selaku distributor mobil Suzuki, sepertinya lebih senang menjual mobil bensin.

Padahal Ertiga Diesel Hybrid adalah mobil diesel pertama yang dijual PT SIS di Indonesia. Sayang banget, ya!

Baca Juga: Pilihan Mobil Keluarga Bermesin Diesel, Tangguh Tapi Hemat!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya