Comscore Tracker

Ajaibnya Fitur Bluelink Hyundai Creta, Bisa Nyalain Mobil dari Ponsel!

Aplikasi Bluelink menawarkan keamanan sekaligus kesenangan

Jakarta, IDN Times - Gesit dan Inovatif. Dua kata itu agaknya layak disematkan kepada PT Hyundai Motors Indonesia (HMID). Sebab distributor resmi merek Hyundai di Indonesia ini beberapa kali melakukan gebrakan yang cukup menggemparkan pasar otomotif tanah air.

Masih ingat ketika mereka meluncurkan dua mobil listrik, yakni IONIC Electric dan KONA Electric, pada November 2020? Saat itu banyak yang menilai Hyundai kelewat nekat. Sebab infrastruktur untuk mobil listrik di Indonesia belum siap.

Namun Hyundai Motor Indonesia jalan terus. Hasilnya, menurut catatan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pabrikan asal Korea Selatan ini sukses mencatatkan penjualan 605 dari 693 unit secara ritel sepanjang 2021. Artinya Hyundai menguasai 87,3 persen pasar mobil listrik di Indonesia.

Kejutan Hyundai kembali berlanjut saat mereka meluncurkan Hyundai Creta di ajang GIIAS yang digelar November 2021. Mobil ini hadir dengan fitur canggih bernama Bluelink. Dengan fitur ini, pengaturan mobil bisa dilakukan melalui ponsel.

Terobosan Hyundai dengan fitur Bluelink ini menjadikan Creta satu-satunya mobil di Indonesia yang bisa terhubung dengan ponsel dengan sejumlah fitur ajaib di dalamnya. Berbeda dengan mobil lain yang menghubungkan mobil dengan ponsel melalui jaringan bluetooth, konektivitas Hyundai Creta menggunakan jaringan internet sehingga tak dibatasi jarak.

Chief Operating Officer (COO) PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Makmur, mengatakan pihaknya telah memasang simcard khusus di headunit. Dengan simcard ini mobil dan ponsel pemiliki Hundyai Creta bisa saling terhubung. Tak mengejutkan jika Hyundai Creta laris manis. 

"Sampai saat ini sudah ada 1.700 pemesanan untuk Hyundai Creta," kata Chief Operating Officer (COO) PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Makmur, di sela test drive Hyundai Creta di Bali, Rabu (26/1/2022). 

IDN Times ikut merasakan langsung kecanggihan Bluelink saat menjajal Hyundai Creta selama dua hari di Bali. Seperti apa sih kecanggihan fitur satu ini? Yuk, kita kupas satu-satu!

1. Menyalakan mesin dan menghidupkan AC Hyundai Creta bisa melalui ponsel

Ajaibnya Fitur Bluelink Hyundai Creta, Bisa Nyalain Mobil dari Ponsel!PT Hyundai Motors Indonesia (HMID)

Head of Service Planning & Strategy PT Hyundai Motors Indonesia, Suprayetno, mengatakan banyak sekali pengaturan yang bisa dilakukan melalui fitur Bluelink di ponsel. Dalam salah satu sesi di sela test drive Hyundai Creta, Suprayetno mendemonstrasikan fitur-fitur tersebut.

Fitur pertama adalah Remote Engine Start/Stop. Fitur ini memungkinkanmu menyalakan dan mematikan mesin mobil melalui ponsel. Jadi kamu gak harus masuk ke dalam kabin untuk menyalakan mesin.

"Jadi kalau kamu lagi di Kalimantan dan mobilmu di Jakarta, kamu tetap bisa memanaskan mobil melalui ponsel. Selama ada sambungan internet, maka jarak tidak akan menjadi masalah," kata Suprayetno.

Fitur lain yang bisa kamu lakukan melalui ponsel adalah Remote Climate Control. Dengan fitur ini kamu bisa menghidupkan sekaligus mengatur temperatur AC di dalam kabin mobil melalui ponsel.

"Jadi misalnya kalian lagi belanja di mal. Setelah selesai belanja kalian bisa menyalakan AC mobil terlebih dulu melalui ponsel sambil berjalan ke parkiran. Jadi saat tiba di mobil, kabinnya sudah adem," kata Suprayetno.

Oya, kalau kamu bingung mencari lokasi parkir mobil, kamu bisa menggunakan fitur Find my Car di ponsel untuk mencari tahu posisi terakhir mobilmu. Posisi terakhir mobil akan terbaharui setiap 10 menit.

Fitur yang menyenangkan lainnya adalah Remote Door Lock/Unlock dan Remote Horn & Light Control. Dengan kedua fitur ini kamu bisa membuka dan menutup kunci pintu mobil dari layar ponsel. Selain itu kamu juga bisa menghidupkan klakson sekaligus menyalakan lampu hanya dengan menekan layar ponselmu.

Canggih, banget kan?

Baca Juga: [TEST DRIVE] Hyundai Creta SUV Senyaman Sedan yang Jago Nanjak

2. Bluelink juga menawarkan paket keamanan lengkap

Ajaibnya Fitur Bluelink Hyundai Creta, Bisa Nyalain Mobil dari Ponsel!Hyundai Creta. (IDN Times/Dwi Agustiar)

Suprayetno mengatakan fitur Bluelink juga memberikan fitur keamanan yang sangat lengkap, seperti ACN (Auto Collision Notification) yang akan memberikan sinyal secara otomatis ke Hyundai Bluelink call center jika terjadi kecelakaan.

Setelah menerima sinyal tersebut, operator Bluelink call center akan menghubungi pengendara melalui mic dan speaker yang berada di kabin Hyundai Creta untuk memastikan dan menanyakan kondisimu. Jika memerlukan bantuan, mereka akan segera menghubungi polisi atau ambulans.

Fitur lainnya adalah  SOS/Emergency Assistance. Fitur ini berupa tombol SOS di overhead console di dalam mobil. Kamu bisa menekan tombol tersebut dalam kondisi darurat dan operator Hyundai Bluelink Call center akan menghubungi dan mengirimkan bantuan yang dibutuhkan.

Dan jika mobilmu dicuri, kamu tidak perlu cemas. Sebab ada fitur Stolen Vehicle Notification. Fitur ini akan secara otomatis mengirimkan notifikasi ke ponselmu jika ada orang yang membuka paksa pintu mobilmu. Dengan begitu kamu bisa bereaksi lebih cepat.

Lalu bagaimana jika malingnya keburu membawa kabur mobilmu? Tak perlu panik. Sebab ada fitur Stolen Vehicle Tracking. Dengan fitur ini kamu bisa menghubungi Hyundai Bluelink call center untuk meminta melacak keberadaan mobilmu.

"Kamu bahkan bisa meminta operator untuk mematikan mesin mobil tersebut untuk menggagalkan pencurian. Tentu saja ada beberapa konfirmasi yang harus kamu berikan kepada operator sebelum mereka mematikan mesin mobilnya," kata Suprayetno.

3. Mobilitas Hyundai Creta bisa dibatasi dengan aplikasi Bluelink

Ajaibnya Fitur Bluelink Hyundai Creta, Bisa Nyalain Mobil dari Ponsel!Hyundai Creta. (IDN Times/Dwi Agustiar)

Fitur canggih lainnya yang bisa kamu nikmati dari aplikasi Hyundai Bluelink adalah pengaturan untuk membatasi mobilitas Hyundai Creta. Fitur satu ini sangat penting jika kamu ingin meminjamkan mobilmu kepada orang lain.

Pada bagian ini ada fitur bernama Geo-Fence Notification yang memungkinkanmu menentukan batas area di mana mobilmu boleh dan tidak boleh dikendarai. Kamu akan menerima notifikasi jika mobilmu melewati batas yang telah kamu tetapkan di aplikasi Bluelink.

Selain itu kamu juga bisa mengatur batas kecepatan maksimum di pengaturan Speed Notification. Jika pengemudi memacu mobilmu melewati batas maksimum yang telah kamu tetapkan, maka kamu akan mendapatkan notifikasi di ponsel. Asyiknya lagi kamu juga bisa mengatur kapan mobil bisa dihidupkan melalui fitur bernama Time Fencing Notification.  

Dan ada juga fitur Valet Mode yang dapat diaktivasi melalui Head Unit. Dengan menggunakan Valet Mode, kamu bisa memantau informasi jarak tempuh, waktu mengemudi, kecepatan tertinggi, dan lainnya selama mobil berada di tangan petugas valet.

4. Pantau kesehatan mobil melalui aplikasi

Ajaibnya Fitur Bluelink Hyundai Creta, Bisa Nyalain Mobil dari Ponsel!IDN Times/Dwi Agustiar

Kenggulan fitur Hyundai Bluelink belum berhenti sampai di situ. Sebab kamu juga bisa memantau kondisi mobilmu secara real time. Berapa fitur yang bisa kamu gunakan untuk mengecek status mobilmu yaitu Manual & Automatic Diagnostic Report.

Fitur tersebut akan mengirimkan indikator jika ada sesuatu yang tidak diinginkan terjadi pada mobilmu. Selain itu juga ada Driving Information and Vehicle Health Report yang akan memberikan report kebiasaan berkendaramu. Vehicle Health Report akan memberikan data berapa kali mesin nyala, jarak tempuh, kecepatan maksimal/rata-rata, kondisi sistem, dan banyak lagi.

Ada juga fitur Vehicle Status Check/Notification yang akan mengecek status mobilmu secara real time, seperti mesin menyala atau tidak, AC sedang on atau off, pintu terbuka atau terkunci, tekanan angin pada ban, dan indikator BBM melalui aplikasi Bluelink. Bahkan fitur ini bisa mengecek apakah kap mesin mobilmu sedang terbuka atau tertutup. Canggih banget, kan?

Suprayetno mengatakan saat ini baru Hyundai yang berani memberikan fitur Bluelink dengan semua kecanggihannya di Indonesia. "Bahkan mobil-mobil mewah belum ada yang memiliki fitur secanggih ini," katanya.

So, tertarik mencicipi fitur-fitur canggih Hyundai Bluelink?

Baca Juga: Daftar Varian dan Harga Lengkap Hyundai Creta

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya