Comscore Tracker

Honda City Hatchback RS Meluncur, Selamat Tinggal Honda Jazz

Populasi Honda Jazz saat ini mencapai 100 ribu unit lebih

Jakarta, IDN Times - PT Honda Prospect Motor meluncurkan Honda City Hatchback RS untuk pertama kalinya di Indonesia pada Rabu, 3 Maret 2021. Kehadiran Honda City Hatchback RS ini sekaligus menandai berakhirnya era Honda Jazz.

"Honda Jazz itu bulan lalu terakhir berproduksi dan hingga saat ini hanya tinggal 300 unit saja," kata Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy, di sela peluncuran Honda City Hatchback RS, Rabu (3/3/2021).

1. Honda Jazz pernah menjadi primadona

Honda City Hatchback RS Meluncur, Selamat Tinggal Honda JazzHonda Jazz/global.honda

Dihentikannya produksi Honda Jazz memang cukup menyedihkan. Sebab mobil satu ini sudah melegenda sejak diluncurkan pada 2004 silam. Penjualan Honda Jazz sebenarnya juga cukup menjanjikan.

Bersama Honda Civic Hatchback RS dan Brio RS, penjualan Honda Jazz RS mencapai 48 persen sepanjang 2020. Bahkan varian Honda Jazz RS berkontribusi lebih dari 90 persen dari total penjualan model ini pada 2020.  

"Sampai saat ini sejak dari pertama meluncur di Indonesia, Honda Jazz itu kalau tidak salah sudah ada di pasaran sebanyak 107.700 unit," kata Yusak.

Baca Juga: Relaksasi PPnBM 0 Persen, Ini Harga Terbaru Mitsubishi Xpander

2. Generasi Jazz terbaru kurang sesuai dengan selera pasar Indonesia

Honda City Hatchback RS Meluncur, Selamat Tinggal Honda JazzHonda Indonesia

Yusak mengatakan Honda Jazz tak lagi diproduksi karena generasi terbaru mobil ini kurang diterima pasar Indonesia. Sebab desainnya dianggap kurang sporty. Karena itu Honda kemudian merilis Honda City Hatchback RS yang diharapkan bisa menggantikan posisi Honda Jazz.

"Nah karena kita harus mengganti dan kita melakukan study bahwa Jazz itu kurang bisa diterima pasar Indonesia saat ini, makanya kita mengganti dengan Honda City Hatcback RS ini," katanya.

3. Honda City Hatcbback bertabur fitur canggih

Honda City Hatchback RS Meluncur, Selamat Tinggal Honda JazzHonda Indonesia

Secara desain, Honda City Hatchback RS memang menyerupai Honda Jazz RS. Keduanya sama-sama sporty. Hanya saja desain Honda City Hatchback RS terlihat lebih segar. Maklum saja, mobil baru.

Selain itu Honda City Hatchback RS juga dibekali sederet fitur canggih yang akan memanjakan pengemudi dan penumpang. Selain itu mesinnya juga cukup bertenaga, yakni  121 PS pada 6.600 rpm dengan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm.

Dengan spesifikasi tersebut, mengendarai Honda City Hatchback RS pasti bakalan fun to drive banget!  

Baca Juga: Honda City Hatchback RS Meluncur, Ini Deretan Fitur Unggulannya! 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya