Comscore Tracker

Honda Jazz Resmi Dipensiunkan, Ternyata Ini Alasannya 

"Jazz itu kurang bisa diterima pasar Indonesia."

Jakarta, IDN Times - PT Honda Prospect Motor (HPM) menyetop produksi Honda Jazz pada bulan lalu. Padahal mobil berjenis hatchback ini pernah menjadi primadona di tanah air.

"Honda Jazz itu bulan lalu terakhir diproduksi," kata Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, seperti dikutip dari ANTARA, Rabu (3/3/2021).

1. Hanya tersisa 300 unit Honda Jazz baru

Honda Jazz Resmi Dipensiunkan, Ternyata Ini Alasannya honda-indonesia.com

Billy mengatakan saat ini hanya tersisa sekitar 300 unit Honda Jazz baru yang belum terjual. Itu adalah unit-unit terakhir Honda Jazz yang diproduksi di Indonesia.

"Hanya tinggal 300 unit saja (yang belum terjual)," kata Yusak Billy.

FIY, Honda Jazz telah mengaspal di Indonesia sejak 2003. Sampai saat ini, menurut Billy, ada sekitar 107.700 unit Honda Jazz yang telah diproduksi. Namun eksistensi Honda Jazz berhenti di awal 2021.

Baca Juga: Honda City Hatchback RS Meluncur, Selamat Tinggal Honda Jazz

2. Honda Jazz terbaru kurang diterima pasar Indonesia

Honda Jazz Resmi Dipensiunkan, Ternyata Ini Alasannya Honda Jazz/global.honda

Dihentikannya produksi Honda Jazz lantaran model terbaru mobil ini dinilai kurang memenuhi ekpektasi pasar Indonesia. Jika melihat Honda Jazz 2020, desainnya memang sangat soft, berbeda dengan varian sebelumnya yang sporty banget.

"Segmen hatchback itu kita mendominasi di Honda Jazz, walaupun komsumsinya tidak besar. Nah karena itu kita harus mengganti dan kita melakukan study bahwa Jazz itu kurang bisa diterima pasar Indonesia saat ini," katanya.

3. Honda Jazz digantikan Honda City Hatchback RS

Honda Jazz Resmi Dipensiunkan, Ternyata Ini Alasannya Honda Indonesia

Sebagai pengganti Jazz, Honda meluncurkan City Hatchback RS pada Rabu (3/3/2021). Dengan desain yang sporty, fitur berlimbah, dan mesin yang cukup bertenaga akan menjadikan City Hatchback pengganti yang tepat buat Jazz.

Hanya saja Honda belum mengumumkan berapa harga Honda City Hatchback RS. Banderol mobil ini kemungkinan baru akan dibuka pada April mendatang. Jika harganya tidak jauh berbeda dengan banderol Jazz, bukan tak mungkin mobil ini akan jadi primadona baru di dunia hatchback tanah air.

Baca Juga: Honda City Hatchback RS Meluncur, Ini Deretan Fitur Unggulannya! 

Topic:

  • Dwi Agustiar
  • Hidayat Taufik

Berita Terkini Lainnya