Comscore Tracker

Kenapa Sih Toyota Memakai Corolla Sebagai Nama SUV Terbaru Mereka?

Corolla kan selama ini identik dengan mobil sedan

Jakarta, IDN Times - PT Toyota Astra Motor resmi merilis Corolla Cross secara virtual pada Kamis (6/8/2020). Tak ada yang mengejutkan karena mobil bergenre SUV ini pernah diperkenalkan di Thailand bulan lalu.

Hanya saja masih ada satu pertanyaan yang mengganjal, yakni kenapa Toyota menggunakan nama Corolla untuk mobil yang bukan sedan ini? Padahal nama Corolla itu identiknya sama sedan.

1. Toyota Cross mengambil basis dari sedan

Kenapa Sih Toyota Memakai Corolla Sebagai Nama SUV Terbaru Mereka?toyota.astra.co.id

Corolla Cross ini memang unik. Pabrikan lain biasanya menjadikan versi Cross dari mobil Multi-Purpose Vehicle (MPV). Seperti Suzuki XL7 yang dikembangkan dari Ertiga atau Xpander Cross yang diracik dari Xpander.

Sementara basis Corolla adalah sedan. Sangat mungkin basisnya adalah sedan Corolla, karena itu dinamai Corolla Cross. Hanya saja kami tidak tahu Corolla tipe apa yang jadikan basis Corolla Cross ini.

Karena basisnya dari sedan, seharusnya Corolla Cross ini bisa lebih nyaman dibandingkan mobil-mobil Cross lain yang dicarik dari MPV. Sebab sedan itu terkenal dengan kenyamanan dan kestabilannya.

2. Karena SUV sedang naik daun

Kenapa Sih Toyota Memakai Corolla Sebagai Nama SUV Terbaru Mereka?toyota.astra.co.id

Toyota sendiri tak menjelaskan kenapa nama Corolla dicomot untuk SUV terbaru mereka ini. Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, hanya mengatakan saat ini pasar paling gurih adalah pasar SUV.

"Pasar SUV di Indonesia terus mengalami peningkatan volume hingga 65 persen. Komposisinya juga naik dua kali lipat. Itu juga alasan kenapa kami menghadirkan Corolla Cross," kata Anton saat peluncuran Corolla Cross.

Mobil-mobil SUV memang sedang menjadi tulang punggung hampir semua pabrikan mobil. Mitsubishi punya Pajero Sport dan Outlander Sport, Suzuki punya XL7, Honda dengan CRV dan HRV, dan Toyota dengan Fortuner, Rush, C-HR, dan kini Corolla Cross.

3. Corolla Cross dibanderol mulai Rp457 jutaan

Kenapa Sih Toyota Memakai Corolla Sebagai Nama SUV Terbaru Mereka?Toyota

Di tanah air, Toyota menempatkan Corolla Cross di antara Rush dan Fortuner. Karena itu harga Corolla Cross diset Rp457-497 juta.

Corolla Cross hadir dengan dua varian, yakni hybrid dan non-hybrid. Fitur-fiturnya juga kekinian banget dan mesinnya khas mobil-mobil SUV yang tangguh dan bandel. Mobil ini sepertinya akan head to head dengan Honda CRV atau mungkin Mazda CX5.

Gak sabar ingin test drive, nih!

Baca Juga: Toyota Corolla Cross Resmi Meluncur, Dijual Mulai Rp457 Jutaan!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya