Comscore Tracker

Menjelajah Ibu Kota Baru dengan All New Nissan Livina!

Bagaimana performa dan kenyamanannya?

Jakarta, IDN Times - Pulau Kalimantan terus bergeliat setelah Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara dipilih menjadi ibu kota baru. Pembangunan infrastruktur digenjot, jalan dibangun, dan gedung-gedung pemerintahan mulai digarap.

Seperti apa situasi di sana? PT. Nissan Motor Indonesia mengajak sejumlah awak media, termasuk IDN Times, menengok langsung ibu kota baru melalui program "Cerita Livina: Jalan-jalan Bersama Nissan ke Ibu Kota Baru" pada Kamis (5/12).

Perjalanan menggunakan mobil All New Nissan Livina dimulai dari Balikpapan menuju Samarinda dengan jarak 129 kilometer. Jalan yang kami tempuh tak hanya aspal mulus, tapi juga jalan tanah berkerikil.

1. Kenyamanan berkendara di calon ibu kota baru

Menjelajah Ibu Kota Baru dengan All New Nissan Livina!IDN Times/Muhammad Rahmat

Destinasi pertama kami adalah kawasan konservasi untuk orang utan bernama Balikpapan Orangutan Survival Foundation (BOSF) yang berlokasi di Samboja, Kutai Kertanegara.

Jalan menuju lokasi lumayan menantang karena beberapa ruas jalan cukup terjal dan licin. Namun semua itu bisa dilahap dengan nyaman karena adanya fitur Vehicle Dynamic Control dengan Traction Control di All New Livina. Fitur-fitur tersebut membuat mobil tetap stabil. 

Selain itu fitur Vehicle Dynamic Control dan Traction Control juga sangat membantu saat harus melawati jalan tanah berkerikil. Daya cengkram ban yang membalut New livina ini juga sangat bagus.

2. Menengok orang utan di habitat asli mereka

Menjelajah Ibu Kota Baru dengan All New Nissan Livina!IDN Times/Muhammad Rahmat

Sesampainya di (BOSF) kami berkesempatan melihat langsung orang utan yang hidup di alam mereka. Di kawasan ini, Nissan menyumbangkan bibit pohon dan menanamnya langsung.

PT NIM sengaja mengajak perwarta ke daerah wisata konservasi itu lantaran untuk memberikan alternatif wisata di ibu kota baru yang mudah diakses oleh keluarga dengan berkendaraan.

"Nissan dengan bangga menunjukkan bahwa wilayah ibu kota baru Indonesia memiliki begitu banyak hal yang dapat ditawarkan untuk liburan keluarga dan juga mudah diakses dengan mobil, terbukti dengan test drive All New Livina ini," kata Presiden Direktur PT NIM, Isao Sekiguchi.

3. Nissan Livina benar-benar fun to the drive

Menjelajah Ibu Kota Baru dengan All New Nissan Livina!IDN Times/Muhammad Rahmat

Perjalanan kemudian kami lanjutkan ke Desa Pampang, sebuah desa budaya tepat di luar kota Samarinda. Fitur Smartphone Connectivity pada All New Nissan Livina memungkinkan peserta terhubung ke gawai yang digunakan sehingga iring-iringan kendaraan tetap tak terpisah karena komunikasi antar mobil terjaga.

Sampai di Desa Pampang, kami disambut tarian tradisional setempat khas Suku Dayak. IDN Times juga diajak warga mengikuti tarian tersebut dengan mengenakan pakaian adat. Tak hanya itu, pengunjung bisa menikmati sajian khas lokal yang dihidangkan oleh warga.

4. Perjalanan menantang menjadi nyaman dengan All New Nissan Livina

Menjelajah Ibu Kota Baru dengan All New Nissan Livina!IDN Times/Muhammad Rahmat

Perjalanan berikutnya menuju Bukit Bangkirai. Kami menempuh tak kurang dari 100 kilometer dari Samarinda ke Kabupaten Kutai Kartanegara. Ternyata, medan menuju lokasi tersebut cukup membuat adrenalin meningkat karena jalanan menanjak yang menantang.

Walaupun kontur jalan yang dihadapi cukup bergelombang, dengan ground clearance yang 205 milimeter memudahkan All New Livina melewatinya. Kenyamanan pun dirasakan lantaran pengendara tak takut lagi kendaraannya mentok. Fitur Hill Start Assist juga mempermudah pengemudi, baik pemula maupun berpengalaman,
untuk mengendarai mobil dengan percaya diri.

Perjalanan di ibu kota baru pun jadi lebih menyenangkan dengan kabin yang luas dan fleksibel yang ditawarkan All New Livina. Apalagi, garis ketiga yang luas, tombol lipat kursi, variasi kursi fleksibel, 17 kompartemen penyimpanan, dan power outlets adalah beberapa fitur yang ditawarkan.

Ditambah lagi dengan kabin yang cukup senyap, kami pun bisa mengobrol dan bercanda dengan teman seperjalanan tanpa diganggu suara dari luar kabin.

*Laporan dari Muhammad Rahmat Arief

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: All New Nissan Livina Mirip Xpander, Ini Penjelasan Nissan

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya