Comscore Tracker

3 Cara Menghindari Microsleep Saat Nyetir

Jangan paksakan mengemudi kalau sudah mengantuk ya guys

Jakarta, IDN Times - Banyak alasan kenapa kecelakaan di jalan raya bisa terjadi, salah satunya microsleep. Namun belum banyak orang yang menyadarai fenomena ini. Padahal microsleep bisa memicu kecelakaan fatal, lho.

FYI, microsleep adalah kondisi di mana tubuh mengalami fase tidur namun dalam jangka pendek yaitu 30 detik. Microsleep bisa datang tiba-tiba ketika kita sedang menyetir. Penyebabnya biasanya karena tubuh sudah kelewat lelah. 

Nah, berikut tips menyiapkan tubuh agar terhindar dari microsleep.

1. Wajib tidur minimal 6 jam

3 Cara Menghindari Microsleep Saat NyetirUnsplash/Gabe Hyde

Sebelum nyetir untuk perjalanan jarak jauh, kamu wajib tidur minimal enam jam terlebih dahulu. Ini penting agar tubuhmu fit selama di perjalanan. Sebab tubuh yang kelelahan akan memicu terjadinya microsleep.

Selain tidur enam jam sebelumnya, kamu juga harus beristirahat setiap empat jam sekali. Ini penting untuk menjaga tubuh tetap fit sekaligus merenggangkan otot setelah duduk berjam-jam. Beristirahat setiap 4 jam juga ampuh mengusir jenuh saat menyetir.

Baca Juga: Daftar Lengkap Harga Mobil LCGC

2. Hindari makanan yang mengandung karbohidrat tinggi

3 Cara Menghindari Microsleep Saat NyetirUnsplash/Dimitar Belchev

Cara lain lain melawan microsleep adalah dengan menghindari makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti nasi putih, pasta, dan sereal selama berkendara.

Sebagai gantinya bisa mengonsumsi buah, sayuran, atau pun jus. Pengemudi juga disarankan mengkonsumsi makanan kaya serat macam kacang-kacangan, gandum, serta susu.

3. Perbanyak mengonsumsi air mineral

3 Cara Menghindari Microsleep Saat NyetirUnsplash/Simone Acquaroli

Selain itu pengemudi juga harus memperbanyak minum air putih atau air mineral. Ini penting agar terhindar dari dehidrasi yang bisa menurunkan konsentrasi mengemudi.

Selain itu sebisa mungkin hindari mengonsumsi minuman berkafein terlalu banyak. Sebab kafein akan membuat jantung berdegup lebih kencang.

Intinya jangan memaksakan diri jika tubuh sudah lelah, ya!

Baca Juga: Tiga Fakta Mengerikan Tentang Microsleep, Penyebab Kecelakaan di Jalan

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya