Comscore Tracker

Kendaraan Mitsubishi Lawas Bisa Support B30, Ini Kisaran Biayanya

Ternyata gak mahal

Jakarta, IDN Times - Pemerintah telah memberlakukan kebijakan penggunaan bahan bakar nabati biodiesel 30 persen mulai 1 Januari 2020.

Kebijakan baru ini tentu saja berdampak langsung pada pengguna mobil, terutama mobil bermesin diesel, termasuk truk dan bus.

Lalu bagaimana dengan mobil-mobil diesel yang mesinnya belum mendukung bahan bakar B30?

1. Mitsubishi siap membantu

Kendaraan Mitsubishi Lawas Bisa Support B30, Ini Kisaran BiayanyaIDN Times/Dwi Agustiar

After Sales Business Development Departemen Head PT Krama Yudha Tiga Berlian (KTB), Yogi Kristian, mengatakan pihaknya siap membantu pemilik kendaraan Mitsubishi yang belum support B30.

Mereka cukup datang membawa truk atau bus ke dealer terdekat. Oleh mekanik nantinya truk atau bus tersebut akan ditangani sehingga mendukung bahan bakar B30.

"Pada truk Fighter akan ditambah filternya menjadi tiga filter. Pengerjaannya sekitar 3 jam," katanya pada Selasa (11/2).

2. Perkiraan biaya agar mesin bisa support bahan bakar B30

Kendaraan Mitsubishi Lawas Bisa Support B30, Ini Kisaran Biayanyaktbfuso.co.id

Mengenai biaya, Yogi mengatakan sangat tergantung pada jenis kendaraannya. Namun ia memberikan kisaran biaya Rp1,5-2 juta.

Yogi menambahkan saat ini spare parts untuk membuat kendaraan menjadi support B30 sudah tersedia di dealer-dealer Mistubishi. Jadi konsumen tinggal datang saja tanpa harus menunggu spare parts.

3. Mitsubishi mengikuti kebijakan pemerintah

Kendaraan Mitsubishi Lawas Bisa Support B30, Ini Kisaran Biayanyaktbfuso.co.id

Sementara Marketing Director and Marketing Division PT Krama Yudha Tiga Berlian, Duljatmono, mengatakan pihaknya selalu mendukung program pemerintah.

Ia mencontohkan Mitsubishi telah melakukan penyesuaian BBM B20 untuk Colt Diesel sejak 2016. Sementara untuk beralih ke B30, Mitsubishi hanya membutuhkan waktu sekitar enam bulan untuk penyesuaian.

Baca Juga: Mitsubishi Tawarkan Pengecekan Kendaraan Gratis di Musim Hujan  

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya