Comscore Tracker

Nissan Magnite vs KIA Sonet, Ini Kelebihan Masing-masing!

Memilih satu di antara keduanya memang membingungkan

Jakarta, IDN Times - Mobil-mobil bergenre compact sport utility vehicle (SUV) diprediksi akan membanjiri pasar otomotif tanah air.

Sebab dimensinya yang mungil dinilai pas untuk berkelat-kelit di padatnya jalanan perkotaan. Sementara mesinnya yang tidak sebesar SUV pasti lebih efisien dan ramah di kantong.

"Segmen compact SUV sangat tumbuh dan digemari di Indonesia," kata Presiden Direktur PT Nissan Motor Distributor Indonesia, Evensius Go, saat perkenalan All New Nissan Magnite, Selasa (12/1/2021).

All New Nissan Magnite adalah sebuah compact SUV. Mobil ini secara resmi meluncur di Indonesia pada Desember 2020.

Dan Nissan Magnite tak bermain sendiri di segmen compact SUV. Sebab sebelumnya sudah ada KIA Sonet. Seperti apa perbandingan kedua mobil ini? 

1. All New Nissan Magnite

Nissan Magnite vs KIA Sonet, Ini Kelebihan Masing-masing!nissan.in

All New Nissan Magnite hadir dengan desain yang sangat sporty khas SUV. Kamu bisa melihat grile depannya yang sangat besar dengan headlamp sipit yang telah mengadopsi lampu LED dan day light running. Bisa dibilang, desainnya eksteriornya lumayan keren.

Mobil ini menggunakan mesin 1.0 Liter Turbo yang bisa menghasilkan tenaga puncak hingga 100 PS pada 5.000 rpm dan torsi maksimal 160 Nm pada 2.800 rpm hingga 3.600 rpm.

Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi Manual 5-speed atau X-TRONIC CVT. Hasilnya adalah pengalaman berkendara yang menyenangkan di berbagai kondisi jalan, mulai padatnya lalu lintas perkotaan hingga menjelajah di jalan bebas hambatan.

Selain performa mesin yang sangat powerful, All New Nissan Magnite juga dibekali berbagai fitur canggih yang akan memudahkanmu dalam berbagai situasi berkendara.

Fitur-fitur canggih tersebut yaitu smart keyless dan Start-Stop, panel instrumen 7 inci TFT dengan Drive Assist Display, cruise control, serta kehadiran fitur infotainment dengan layar sentuh 8 inci yang dapat terhubung ke ponsel pintar.

Fitur lain yang gak kalah kece adalah Around View Monitor (AVM) yang menyajikan pandangan 360 derajat. Fitur ini akan sangat berguna saat kamu harus parkir di tempat sempit.

Nissan Indonesia menawarkan All-new Nissan Magnite dalam 3 varian:

1 All-new Nissan Magnite – Upper MT Rp 208.800.000,-
2 All-new Nissan Magnite – Premium MT Rp 226.300.000,-
3 All-new Nissan Magnite – Premium CVT Rp 238.800.000,-

Baca Juga: Bedah All New Nissan Magnite, Banyak Fitur Premiumnya!

2. KIA Sonet

Nissan Magnite vs KIA Sonet, Ini Kelebihan Masing-masing!kia.com

Kia Sonet meluncur di Indonesia pada November 2020. Mobil ini langsung mencuri perhatian karena desainnya yang ciamik dan deretan fitur kekiniannya yang melimpah.

Fitur kekinian yang ditawarkan KIA Sonet antara lain smart key dan remote engine. Dengan fitur ini kamu bisa menyalakan mesin mobil hanya dengan menekan remotenya. Asyik banget, ya.

Selain itu ada USB charger, wireless smartphone charger, dan cruise control buat kamu yang suka road trip lewat jalan tol.

KIA memastikan mobil ini dapat memberikan kenyamanan lewat fitur hiburan hingga fitur keselamatan. Fitur hiburannya meliputi head unit 10,25 inci yang ditaruh di tengah dashboard. Terdapat pula UVO Connected Car Technology, dan audionya sudah diupgrade ke audio BOSE dengan 7 speaker dan subwoofer.

Untuk fitur keselamatan, KIA Sonet dilengkapi fitur 6 Airbags, Anti-lock Braking System (ABS), Hill start Assist Control (HAC), Vehicle Stability Management (VSM), ISOFIX, Front and rear parking sensors, dan masih banyak lagi.

Sektor mesin mobil ini pun gak gakal menggiurkannya. KIA Sonet dibekali mesin dengan teknologi smartstream powertrain dan intelligent variable transmission (IVT) dengan beberapa mode berkendara yang bisa kamu pilih.

KIA Sonet hadir dengan enam varian, yakni tiga varian bertransmisi otomotis dan tiga varian transmisi manual. Harga KIA Sonet mulai Rp193-Rp298 juta.

3. Pilih Nissan Magnite atau KIA Sonet?

Nissan Magnite vs KIA Sonet, Ini Kelebihan Masing-masing!nissan.in

Memang akan sangat membingungkan jika harus memilih di antara kedua mobil ini. Sebab keduanya sama-sama memiliki fitur yang sangat menggiurkan. Desain kedua mobil ini juga 11-12 alias tidak berbeda jauh. 

Saran kami, sebelum menentukan pilihan, sebaiknya kamu melakukan test drive terlebih dahulu. Dengan begitu kamu akan mengetahui kelebihan dan kekurangan langsung kedua mobil ini, terutama soal suspensi, akselerasi, serta rasa berkendaranya.  

Baca Juga: Tiga Mobil KIA Ini Pernah Dipromosikan Blackpink, Salah Satunya Seltos

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya