Comscore Tracker

Pabrik Hyundai di Cikarang Selesai Akhir 2021, Apa Mobil Pertamanya?

Progres pembangunan pabrik sudah 80 persen

Jakarta, IDN Times - Kalau ada pabrikan mobil non-Jepang yang paling lincah geraknya di tanah air, pabrikan tersebut pastilah Hyundai.

Merek asal Korea Selatan ini bahkan telah membangun pabrik di kawasan Delta Mas, Cikarang, Jawa Barat. Saat ini pabrik tersebut sudah hampir berdiri.

"Progres pabrik sudah masuk 80 persen. Produksi perdana pada akhir tahun ini," kata General Manager Marketing PT Hyundai Motors Indonesia, Astrid A. Wijana, kepada IDN Times, Rabu (24/2/2021).

1. Hyundai investasikan Rp21 triliun untuk membangun pabrik

Pabrik Hyundai di Cikarang Selesai Akhir 2021, Apa Mobil Pertamanya?(Ilustrasi PT Hyundai Engineering & Construction) Yonhap

Seperti diberitakan sebelumnya, Hyundai mengucurkan dana tak kurang dari Rp21 triliun untuk berinvestasi di Indonesia, salah satunya dengan membangun pabrik mobil di Cikarang.

Astrid mengatakan nantinya pabrik tersebut tidak hanya memproduksi mobil untuk dipasarkan di tanah air, tapi juga untuk keperluan ekspor. Keren, ya!

Baca Juga: Hyundai Luncurkan IONIQ 5, Bisa Menarik Trailer 1600 Kilogram!

2. Mobil apa yang akan diproduksi di pabrik tersebut?

Pabrik Hyundai di Cikarang Selesai Akhir 2021, Apa Mobil Pertamanya?Ilustrasi. IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Namun Astrid belum bisa membocorkan apa mobil pertama yang pertama diproduksi pabrik di Cikarang. Ia hanya mengatakan pabrik tersebut baru akan mulai beroperasi pada akhir 2021.

"Saya belum bisa bicara mobil ap yang akan diproduksi pertama, tapi kami sudah melakukan studi," katanya. Apa hasil studi tersebut? Tunggu saja akhir tahun nanti, ya!

3. Hyundai targetkan 100 dealer di penghujung tahun

Pabrik Hyundai di Cikarang Selesai Akhir 2021, Apa Mobil Pertamanya?IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Sementara pembangunan pabrik masih terus digenjot, Hyundai juga terus menambah jumlah dan sebaran dealer mereka.

Astrid menargetkan setidaknya ada 100 dealer di seluruh Indonesia pada akhir 2021 mendatang. "Saat ini baru 27 dealer, target akhir tahun 100 dealer," katanya.

Baca Juga: Hyundai Luncurkan Ioniq EV dan Kona EV, Harganya Rp600 Jutaan!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya