Comscore Tracker

Relaksasi Pajak: Pajero Sport, Toyota Fortuner Bisa Turun Puluhan Juta

Mobil bermesin 2500 bisa mendapat relaksasi PPnBM

Jakarta, IDN Times - Kebijakan pemerintah merelaksasi pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) kendaaraan disambut positif oleh publik otomotif. Sebab kebijakan tersebut membuat harga mobil bermesin di bawah 1500 cc turun lumayan signifikan.

Harga mobil-mobil berjenis multi purpose vehicle (MPV) misalnya turun rata-rata belasan juga. Sementara harga mobil sedan seperti Toyota Vios bahkan turun hingga Rp65 juta. Kabar baiknya lagi, pemerintah akan memperluas relaksasi PPnBM.

Mulai April nanti, relaksasi PPnBM gak hanya untuk mobil bermesin di bawah 1500 cc, tapi juga berlaku untuk mobil bermesin 1500-2500 cc. Jika kebijakan ini disahkan, maka harga mobil-mobil sport utility vehicle (SUV) bakalan banting harga.

1. Toyota Fortuner

Relaksasi Pajak: Pajero Sport, Toyota Fortuner Bisa Turun Puluhan JutaIDN Times/Dwi Agustiar

Salah satu SUV yang bakal mendapat relaksasi PPnBM adalah Toyota Fortuner. Mobil SUV paling populer di tanah air ini menggendong mesin 2393 cc, masih di bawah 2500 cc. Selain itu Fortuner juga sudah dirakit di Indonesia, jadi memenuhi syarat minimal mengandung 70 persen komponen lokal yang menjadi syarat mendapatkan relaksasi PPnBM.

Saat ini Toyota Fortuner dijual mulai Rp512-Rp 711,6 juta on the road Jakarta, harga tersebut sudah termasuk PPnBM sebesar 20 persen. Jika tanpa PPnBM, harga Toyota Fortuner bisa lebih murah hingga Rp80 jutaan. Lumayang banget, kan? 

Baca Juga: Toyota Luncurkan Fortuner Terbaru, Harganya Tembus Rp700 Juta

2. Mitsubishi Pajero Sport

Relaksasi Pajak: Pajero Sport, Toyota Fortuner Bisa Turun Puluhan Jutamitsubishi-motors.com

SUV lain yang akan menikmati relaksasi PPnBM kendaraan adalah Mitsubishi Pajero Sport. Sebab Pajero Sport menggendong mesin 2477 cc, masih di bawah 2500 cc. Selain itu Pajero Sport juga sudah mengandung 70 persen komponen lokal dan dirakit di Indonesia.

Saat ini Pajero Sport dibanderol Rp502,8 - Rp733,7 juta on the road Jakarta. PPnBM yang berlaku untuk mobil ini sebesar 20 persen. Jika PPnBM ini dihapus, maka harga Pajero Sport bisa turun hingga Rp70 jutaan. Sangat menggiurkan.

3. Syarat mendapatkan relaksasi PPnBM

Relaksasi Pajak: Pajero Sport, Toyota Fortuner Bisa Turun Puluhan JutaInstagram.com/@smindrawati

Relakasi PPnBM berlaku mulai 1 Maret- 30 November 2021. Relaksasi berlaku dalam tiga tahap, yakni Maret-Meisebesar 0 persen, Juni- Agustus sebesar 50 persen, dan September-November sebesar 25 persen. Relaksasi pajak ini hanya berlaku untuk mobil di bawah 1500 cc, mengandung minimal 70 persen kandungan lokal, dan berpenggerak roda 4x2.  

Namun pemerintah kemudian berencana memperluas cakupan relaksasi PPnBM dengan memasukkan mobil bermesin 1500-2500 dalam program ini. Dengan begitu Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport, dua SUV terlaris di negeri ini, bisa masuk program relaksasi PPnBM.

"Kita sedang dalam proses untuk memfinalisasi Peraturan Menteri Keuangannya yang nanti bisa berlaku mulai bulan April terutama untuk yang di atas 1.500 cc hingga 2.500 cc," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN Kita secara virtual, Selasa (23/3/2021).

Baca Juga: Relaksasi PPnBM Menyasar Mobil Bermesin 2500cc, SUV Bisa Turun Harga!

Topic:

  • Dwi Agustiar
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya